Fesyen Merek Lokal Banjir Berkah di Bulan Ramadan

Koleksi Nawasana. Foto: Sirclo Store

Tidak bisa dipungkiri bulan Ramadan membawa banyak berkah, terlebih bagi pelaku bisnis lokal. Tradisi dan hajatan yang kerap dilakukan masyarakat Indonesia jelang hari raya terefleksi pada meningkatnya daya beli konsumen.

Mengutip data Populix di laporan riset Embracing Ramadhan 2022, bulan Ramadan menjadikan masyarakat memiliki beberapa kebiasaan belanja yang berbeda seperti mempersiapkan stok makanan dan minuman, berbelanja pakaian, maupun berbagai perlengkapan ibadah.

Baca juga: MyFood Aplikasi Digital Mirip GoFood Hadir di Timor Leste

Tentu saja, pemilik bisnis pun tidak akan ketinggalan memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan penjualan mereka. Seperti Nawasana dan Les Celle misalnya, jenama lokal yang memasarkan produknya melalui e-commerce.

Dua pelaku bisnis lokal ini sudah mengantisipasi adanya peningkatan pesanan di bulan Ramadan. Mereka pun mengungkapkan beberapa trik dan persiapan mereka dalam berjualan online di bulan suci ini.

Mengawali bisnisnya di tahun 2016, Nawasana, sebuah produsen produk fesyen muslim merupakan salah satu jenama lokal yang tentunya turut kebanjiran pesanan di kala bulan Ramadan. Persiapan lebih awal merupakan salah satu kunci.

“Kita biasanya sudah mulai menyiapkan stok dari tiga bulan sebelum Ramadan untuk berjaga-jaga kalau peminatnya tinggi, kita jadi ada waktu untuk restock. Strategi pengaturan kapasitas produksi penting sekali di bulan Ramadan ini.” tukas owner Nawasana, Diasty Hardhikaputri.

Diasty juga menambahkan pentingnya pebisnis lokal untuk menggunakan platform pengelolaan stok yang bisa mengintegrasikan ketersediaan inventori di berbagai marketplace dan mampu memanfaatkan penggunaan Chat Commerce di mana seluruh kegiatan transaksi bisa dilakukan dan diselesaikan melalui percakapan lewat kanal chat.

Baca juga: Industri Kreatif dan Digital Jadi Motor Penggerak Ekonomi

“UMKM seperti kami biasanya adminnya tidak banyak, sehingga fitur otomatisasi yang terhubung dengan berbagai channel penjualan ini membantu sekali, apalagi di saat peak season.” jelas Diasty yang mengaku semenjak menggunakan SIRCLO Store, Nawasana mengalami peningkatan transaksi hingga dua kali lipat.

Hal ini senada dengan kisah Les Celle, jenama penyedia produk dan layanan pengemasan hampers atau bingkisan. Les Celle merupakan salah satu merchant e-commerce yang secara penuh melakukan aktivitas penjualan secara daring via Webstore dan Chat Commerce.

Kedua kanal ini merupakan kanal yang paling sesuai untuk Les Celle yang produknya customized dan personalized. Menurut Founder Les Celle, Karisma Indrajayanti, di webstore, pengguna bebas menuliskan ucapan di kolom notes yang karakternya tidak dibatasi.

“Hal yang sama terjadi jika pemesanan dilakukan via Chat Commerce di mana konsumen bisa lebih leluasa untuk melakukan tanya jawab terkait produk maupun menjelaskan secara detail seperti apa model hampers yang diinginkan.” sambung Karisma.

Menurut Karisma, Ramadan dan Idul Fitri merupakan salah satu musim dimana jumlah pesanan sangat tinggi. Mengantisipasi hal ini, media sosial pun menjadi andalan Karisma untuk menyampaikan berbagai informasi produk dan aktivitas pemasaran.

“Mulai dari melakukan riset pasar, meng-update informasi produk terbaru, hingga mengarahkan audiens ke webstore semuanya dilakukan melalui media sosial. Kami juga pastikan semua aktivitas ini punya tema khusus Ramadan yang saling terintegrasi,” tukas Karisma.

Baca juga: Ada Peningkatan 54% Konsumsi Konten selama Ramadan di TikTok

Melihat tantangan ini, SIRCLO Store, sebuah dasbor toko online untuk UMKM berjualan di berbagai platform, termasuk website, marketplace, dan chat commerce membuat beragam solusi dan inovasi untuk mendukung para merchant-nya di bulan Ramadan ini. Melalui kampanye #RamadanBisa, SIRCLO Store mencoba mendampingi para merchant dengan program-program yang mendukung mereka untuk meningkatkan penjualan di bulan penuh berkah ini.

“Oleh karena itu, di Ramadan tahun ini, SIRCLO Store ingin mendorong pengguna kami yang mayoritas merupakan pebisnis UMKM dengan menciptakan beragam inisiatif yang kami harap dapat membuat mereka bisa berjualan online dengan mudah dan praktis di berbagai kanal.” tutup CEO Entrepreneur Solutions SIRCLO Ferry Tenka.

Exit mobile version