Ini Dia Fitur Baru di iOS 14, iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil!

iPhone iOS 14

Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi terbarunya, yakni iOS 14.

Perhelatan Worldwide Developers Conference (WWDC) edisi 2020 yang digelar oleh Apple kembali diadakan. Seperti biasa, ajang ini menjadi panggung Apple untuk memperkenalkan inovasi terbarunya. Di antara berbagai macam keynote yang diumbar oleh Apple, salah satu yang menarik adalah hadirnya sistem operasi baru, yakni iOS 14.

iOS 14 sendiri menjadi penerus dari sistem operasi sebelumnya, yaitu iOS 13. Tidak semua model iPhone yang mendapat pembaruan menuju iOS 14. Apple telah merilis daftar perangkat iPhone dan iPod yang kebagian sistem operasi ini, antara lain:

Nah, lalu apa saja sih fitur baru di iOS 14? Yuk simak daftar fitur baru iOS 14 di bawah ini!

Baca Juga: Tips Mengatasi Memori Internal HP Android yang Penuh

Fitur Baru iOS 14

1. Home Screen Widget

Fitur baru iOS 14 yang pertama adalah hadirnya widget. Fitur ini memang untuk pertama kalinya bisa dirasakan pengguna iPhone. Untuk memunculkannya, pengguna cukup mengusap layar ke kiri. Ada dua opsi widget yang ditawarkan, yakni widget berukuran besar dan kecil.

2. App Library

App Library menjadi fitur baru di iOS 14 yang paling mencolok. Fungsinya sama seperti yang ada di Android, di mana pengguna bisa mengorganisir atau mengelompokkan aplikasi secara otomatis maupun manual, sehingga menjadi satu tampilan yang sederhana.

3. Picture-in-picture

Picture-in-picture adalah fitur yang memungkinkan pengguna iPhone tetap bisa memutar video sambil membuka aplikasi lain. Swipe ke kiri atau kanan, maka nanti ukuran video akan diperkecil. Sebenernya fitur ini sudah lama hadir di iPad, namun baru sekarang Apple membawanya ke iPhone.

4. Fitur baru Siri

Asisten virtual kebanggan Apple ini juga mendapat perombakan tampilan antarmukanya, di mana kini tampilannya tak lagi memenuhi layar. Pengguna iOS 14 akan disuguhkan animasi Siri yang digambarkan seperti bola ajaib. Untuk kemampuannya, Siri bisa dipakai untuk mengirimkan pesan suara lewat iMessage.

Baca Juga: Adaptasi Hingga Pilihan Jasa Kurir yang Tepat Penting dalam New Normal

5. Translate

Peluncuran iOS 14 ini juga memperkenalkan fitur baru berupa aplikasi penerjemah bahasa. Aplikasi yang diberi nama Translate ini diklaim mampu menerjemahkan percakapan secara real time. Ada 11 bahasa yang bisa diterjemahkan, termasuk bahasa Inggris, China, Korea, Jerman, Jepang, Arab, dan lainnya.

6. Carplay

Apple turut memperkenalkan fitur baru yang menarik pada Carplay. Dengan update di Carplay, nantinya kamu bisa menyalakan dan mematikan mobil menggunakan iPhone. Untuk sementara, baru BMW Seri 5 tahun 2021, yang akan diluncurkan bulan depan, yang memiliki fitur ini.

7. Apple Maps

Ada yang baru juga di di Apple Maps. Apple sepertinya ingin memanjakan pengguna sepeda. Terbukti dengan adanya pemberian panduan bersepeda dan jalur penambahan jalur sepeda. Hanya saja, rute bersepeda ini masih terbatas di beberapa kota, seperti New York, San Francisco Bay Area, Los Angeles, Beijing, dan Shanghai.

8. Messages

Tak ketinggalan juga ada fitur baru di layanan Messages. Apple menghadirkan memoji baru berdasarkan usia. Ada juga pin percakapan agar percakapan yang penting bisa diletakkan di urutan paling atas, serta fitur Group.

Baca Juga: Ini Beda Lenovo Baru Yoga Slim 7 dan IdeaPad Slim 3

Exit mobile version