Fitur Terbaru Telegram yang Bikin WhatsApp Jadi Biasa Saja

fitur telegram baru

Selain WhatsApp, Telegram juga menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang digemari atau cukup banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena ada sejumlah fitur Telegram yang dirasa menarik.

Bagi pecinta film atau Drakor, pastinya mereka lebih sering nonton Drakor di Telegram ketimbang di aplikasi video-on-demand lainnya. Tentu saja karena nonton Drakor di Telegram bisa dilakoni secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga: Tips Penting Sebelum Jual Smartphone Lamamu, Hapus Data HP

Telegram juga memiliki keunggulan dari sisi group, di mana kapasitas group bisa mencapai ribuan. Berbeda dari WhatsApp yang hanya di kisaran 256 orang dalam satu group. Selain itu, enkripsi atau keaman Telegram konon lebih ketat ketimbang WhatsApp.

Baru-baru ini pun Telgram merilis sejumlah fitur baru untuk penggunanya. Apa saja? Simak fitur Telegram terbaru berikut!

Fitur Terbaru Telegram yang Keren

1. Custom suara notifikasi

Buat kamu yang ingin meng-custom atau memodifikasi suara notifikasi, kini Telegram memungkinkan penggunanya untuk ubah suara notifikasi sesuai keinginan. Kamu bisa menggunakan suara dari musik yang kamu punya, suara meme, dan lainnya hanya dengan membuka menu Settings lalu ke Notifications and Sounds, dilanjut dengan memberi akses pada ruang penyimpanan audio dan pilih.

Semua custom suara ini bisa diaplikasikan untuk percakapan pribadai atau private chat hingga suara notifikasi untuk group. Syarat untuk bisa ubah suara notifikasi adalah sound tersebut harus punya ukuran file minimal maksimal 300 KB dengan durasi kurang dari 5 detik.

2. Custom durasi mute

Nggak mau terima chat dari orang yang kamu sebelin tapi malas block? Atau nggak mau keberisikan obrolan group yang selalu bunyi dari waktu ke waktu? Gampang, tinggal pasang aja mute. Nah, menariknya nih mute di Telegram kini bisa di-custom dengan keda notifikasi untuk jangka waktu tertentu lho. Kamu bisa mute misal pada malam hari atau bahkan hingga berminggu-minggu dan berbulan-bulan. Untuk urusan mute ini bisa diatur di dalam percakapan atau chat yah.

3. Bisa hapus chat otomatis

Fitur Telegram baru berikutnya yang menarik adalah kamu bisa menghapus pesan atau chat di setiap kontak secara otomatis. Semisal, kamu ingin agar chat yang kamu kirim ke orang tersebut akan terhapus dalam hitungan hari, minggu, atau bulan sekarang bisa! Caranya adalah dengan pergi ke menu di masing-masing kontak, lalu pilih fitur Enable Auto-Delete.

4. Meneruskan pesan balasan

Telegram turut memperbarui fitur balasan atau reply dalam platform-nya. Kali ini fitur terbaru memungkinkan penggunanya untuk melihat balasan yang dikirimkan seseorang dengan cara diteruskan. Selain bisa melihat siapa yang membalas, ada juga fitur anonym untuk menyembunyikan nama pengirim atau keterangan media.

5. Fitur lain

Baca Juga: Modus Penipuan Online yang Perlu Kamu Waspadai

Exit mobile version