Gara-gara Pandemi, Brand Mukena Giggles Sampai Tutup Toko

Mukena Giggles terdampak pandemi covid19

Sudah setahun lebih pandemi covid19 mewabah di Indonesia. Ketika awal-awal pandemi covid-19 menyerang Indonesia, tidak sedikit dari pelaku usaha, baik usaha besar maupun UMKM terkena dampaknya. Bahkan hampir sebagian besar mungkin dari mereka sampai ada yang menutup tempat berjualannya, seperti salah satunya yang dialami oleh merek fashion mukena Giggles.

Di segmen Cerita Joni yang disiarkan di channel YouTube JNE, Rina dan Maya selaku pemilik dari Giggles Indonesia menuturkan pengalamannya ketika pandemi menyerang Tanah Air. Keduanya mengakui dampak yang ditimbulkan oleh pandemi sangat terasa.

Baca Juga: Tips Bisnis Online ala Owner Alya Hijab

Imbasnya adalah usaha mereka yang dijalankan secara offline harus tutup. Akan tetapi, mereka pun tidak menyerah. Alih-alih menutup toko, bisnis yang sudah mereka jalani selama bertahun-tahun ini dialihkan ke online. Hal ini terpaksa mereka lakukan demi menjaga keselamatan para staff-nya.

Rina (kiri) dan Maya (kanan) owner Mukena Giggles

“Berasa banget dampaknya. Cuma kita coba sesuatu aja, terus bertahan melalui online. Untuk saat ini dari awal pandemi sampai sekarang memang toko offline-nya kita tutup. Jadi, bazar-bazar pun juga semua kita cancel. Jadi, semuanya sekarang hanya online saja,” terang Maya mewakili.

Selain beralih ke online, strategi lain yang coba dijalankan oleh Giggles di masa pandemi adalah mencoba untuk membuat produk senyaman mungkin. Hal ini memang sejalan dengan visi dan misi mereka ketika awal membuat Giggles adalah menciptakan produk mukena yang selain bergaya juga nyaman dipakai ketika sedang beribadah.

Baca Juga: Inspirasi di Balik Batik Iwatik Khas Kalimantan

Selain pemilihan bahan yang nyaman, strategi lain adalah dengan membuat penampilan produknya di online lebih terlihat menarik. Untuk urusan desain pun mereka mengaku melakukannya sendiri. Dengan tampilan yang kreatif, mereka yakin akan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Karena menjalankan bisnisnya secara online, sudah tentu Giggles membutuhkan dukungan dari perusahaan penyedia jasa layanan logistik. Dari sekian banyak perusahaan jasa logistik, Giggles mempercayakannya kepada JNE.

“Yang paling penting sebenarnya itu pengiriman sih. Karena untuk pengiriman, kita harus punya armada yang terpercaya juga kan. Karena kalau misalkan barang hilang di tengah jalan, terus kita enggak bisa kontak kan bingung ya. Kita cari-cari, nah itu JNE yang menurut kita paling bisa dipercaya,” terang Rina.

Selain mempercayakan pengiriman kepada JNE, belum lama ini mereka bergabung dengan program JNE Loyalty Card (JLC). “Kebetulan memang belum lama ini kita mulai ikut jadi member JLC. Selama ini sih kita masih lagi usaha kumpulin poin, yang nantinya katanya bisa ditukar hadiah-hadiah,” papar Maya.

Selain bisa mendapatkan hadiah, ada beberapa benefit yang dirasakan Giggles ketika bergabung di program JLC. Menurut mereka, JLC memiliki customer service sendiri, di mana member JLC lebih mendapat prioritas dibanding pelanggan JNE reguler.

Baca Juga: Ratu Kriuk Sukses Kirim Hingga 3 Kuintal per Hari

Exit mobile version