Gini Cara Rawat Motor Matik Buat Kurir Tanpa Perlu ke Bengkel

Rawat motor matik kurir

 

Tak bisa dipungkiri, semakin hari penjualan motor jenis matik alias skutik cukup tinggi dibandingkan jenis lainnya. Penggunaannya tak hanya sebatas untuk pribadi, tapi juga usaha.

Bahkan tak sedikit kurir ekspedisi atau logistik yang menggunakan motor matik untuk mengantarkan paket secara keliling. Hal tersebut lantaran matik lebih mudah dan bisa membawa barang lebih banyak.

Karena itu, penting bagi kurir untuk memastikan motor matik tunggangannya tetap terawat agar tak ada kendala ketika melakukan tugas. Nah, untuk itu tentu diperlukan perawatan.

BACA JUGA : 5 Barang yang Sebaiknya Jangan Ditaruh di Bagasi Motor

Bagi kurir pemilik motor matik, ada lima tips mudah merawat skutik dengan mudah tanpa harus ke bengkel dari Yamaha, berikut diskripsinya ;

1. Rutin Memanaskan Mesin Motor

Memanaskan mesin motor akan membuat sirkulasi oli tetap terjaga. Mesin pun akan tetap terlindungi karena terlumasi oli. Untuk memanaskan mesin motor matic, Anda bisa melakukannya sekira 5 – 10 menit jika tidak digunakan.

2. Rutin Cuci Motor

Hal yang Anda dapat dilakukan di rumah adalah mencuci motor. Selain membuatnya motor matic tampil kinclong, rajin cuci dan membersihkan juga dapat menghilangkan kemungkinan karat pada bagian motor yang terbuat dari besi.

3. Cek Aki Motor

Aki pada motor matic khususnya line up Maxi yang sudah sangat bergantung pada kelistrikan tentu sangat penting untuk diperhatikan.

Untuk mengecek kondisi aki, bisa dengan melihat indikator pada speedometer, menginstall voltmeter untuk memantau tegangan aki, atau bahkan menggunakan Y-Connect untuk motor All New Nmax, All New Aerox dan Fazzio Connected Hybrid.

4. Cek Bahan Bakar

Tangki sepeda motor matic khususnya yang injeksi sangat pantang kehabisan bahan bakar sampai benar2 kering. Jika kehabisan, maka akan dapat mengganggu kinerja mesin injectornya. Jika memungkinkan, pastikan tangki selalu terisi.

BACA JUGA : Suka Tantangan, Srikandi Ini Komandani Kurir Delivery JNE Kupang

5. Cek Oli Mesin

Langkah perawatan mesin yang simple lainnya adalah memeriksa kondisi oli. Caranya adalah dengan mencelupkan dipstik, batang besi berbentuk pipih ke dalam penyimpanan oli untuk melihat apakah jumlah oli sudah cukup atau justru kurang

“Untuk kondisi oli, pastikan rutin mengganti agar performa mesin tetap terjaga. Apabila kondisi oli sudah berkurang sekitar 30%, maka lebih baik untuk membuka aplikasi My Yamaha dan hubungi dealer terdekat untuk service rutin dan penggantian oli,” kata Hasan Ardiansyah selaku Senior Service Advisor Yamaha FSS Jakarta.

Exit mobile version