Google Hadirkan 6 Update di Aplikasi Android

Google beri Update Android

Google senantiasa memberikan update atau penyegaran pada sistem operasi miliknya. Kabar terbaru mengatakan bahwa raksasa teknologi yang bermukim di Silicon Valley, Amerika Serikat itu baru saja merilis update untuk enam aplikasi Android.

Update ini rencananya akan tersedia dalam waktu dekat. Hanya saja, proses perilisan update ini tidak akan dilakukan secara bersamaan, dengan kata lain digulirkan secara bertahap. Adapun aplikasi yang akan mendapatkan update atau penambahan fitur terbaru ini cukup beragam, mulai dari aplikasi perpesanan, aplikasi untuk otomotif, hingga peta.

Nah, lalu apa saja sih update atau penambahan fitur terbaru yang dimaksud? Langsung saja simak informasinya berikut ini seperti mengutip dari halaman Cnet. Oh iya, seperti yang dikatakan di awal, mungkin kamu harus sabar menunggu update. Karena Google tidak menyebut secara rinci kapan jadwal perilisan tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Google Form Tanpa Ribet Terbaru

Password Checkup di Semua Aplikasi Android

Kalau kamu menggunakan Google Password Manager untuk mengisi otomatis username dan password di Google Chrome atau aplikasi Android, maka update yang satu ini cocok. Dengan adanya pembaruan ini, Google akan mengecek semua kredensial login untuk melihat kemungkinan adanya kebocoran data atau diretas.

Jika Google menemukan adanya riwayat kebocoran data, maka nantinya Google akan memberikan rekomendasi kepada pengguna untuk mengganti password. Update Password Checkup ini berlaku untuk semua perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 9 ke atas.

Untuk memeriksa apakah kamu menggunakan layanan autofill, caranya adalah dengan pergi ke Settings, lalu klik System > Languages & Input > Advanced lalu tap Autofill Service.

Fitur Dark Mode di Google Maps

Fitur dark mode kini menjadi fitur favorit bagi pengguna smartphone. Hal ini karena fitur dark mode membuat pengoperasian aplikasi, terutama di malam hari menjadi lebih nyaman di mata alias tidak bikin silau. Nah, setelah sekian lama akhirnya aplikasi Google Maps kebagian juga deh fitur dark mode.

Dengan adanya fitur dark mode, para pengguna Google Maps, terutama yang menggunakannya pada saat malam hari atau berada di dalam kendaraan dapat mengoperasikannya dengan nyaman. Jika nanti update dark mode sudah hadir, cara mengaktifkannya adalah dengan pergi ke Settings > Theme dan pilih Always in Dark Theme.

Menjadwalkan Pengiriman Pesan

Fitur terbaru ini hadir untuk aplikasi Google Messages. Sekadar informasi, aplikasi Google Messages biasanya sudah menjadi aplikasi bawaan dan default untuk SMS. Google memberikan update berupa pengiriman pesan yang terjadwal. Dengan demikian, kamu bisa mengirim pesan kepada seseorang di waktu tertentu.

Hal ini berguna apabila kamu ingin mengirimkan pesan di kemudian waktu tanpa perlu khawatir mengganggu si penerima pesan yang berada di zona waktu berbeda. Semisal, kamu berada di Jakarta dan temanmu berada di Amerika tapi masih waktunya istirahat. Cara mengirim pesannya adalah ketika sudah akan mengirim pesan, kamu cukup tekan dan tahan tombol Send. Nantinya akan ada pesan pop-up untuk menentukan kapan pesan akan dikirim.

Baca Juga: Jangan Gaptek Soal NFC dan Apa Kegunaannya

TalkBack Jadi Lebih Mudah Dipakai

Google memberi perhatian kepada pengguna tuna netra atau mereka yang mengalami gangguan penglihatan. Update pada fitur aksesibilitas Talkback menghadirkan gestur, opsi navigasi, feedback lisan dan menu baru.

Google mengatakan mereka telah menambahkan gestur multi-jari baru untuk perangkat Pixel dan Samsung Galaxy yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi. Ada juga perintah suara baru, dukungan untuk dua bahasa di keyboard braille Talkback, dan lain-lain.

Buka Google Asisstant Jadi Lebih Mudah

Pembaruan berikutnya ada di sektor Google Assistant. Kini, pengguna Android dapat memanggil Google Assitant dengan suara bahkan dalam keadaan layar ponsel mati atau perangkat terkunci. Menurut penjelasan Google, mereka memperbesar ukuran informasi yang ditampilkan agar lebih mudah dibaca dari jarak jauh. Untuk memastikan fitur ini berfungsi, aktifkan ‘Lock Screen Personal Results’ di pengaturan Google Assistant.

Modifikasi Android Auto

Google turut memperbarui sistem Android Auto. Pengguna Android Auto kini dapat mengkustomisasi wallpaper yang ditampilkan pada layar head unit kendaraannya. Google juga menambahkan fungsi suara yang bisa dipakai bermain game pada saat perjalanan jarak jauh. Tak hanya itu, ada juga penambahan jalan pintas di halaman utama Android Auto yang memudahkan pengguna untuk melihat update cuaca atau akses cepat ke kontak untuk mengirimkan pesan dan panggilan telepon.

Baca Juga: Ini Cara Menghapus History Google di HP Android

Exit mobile version