Grab Gelar Pelatihan Gratis UMKM Selama 2,5 Bulan

Grab Pelatihan Gratis UMKM

Inisiasi #TerusUsaha yang dilakukan oleh Grab untuk UMKM di Indonesia kembali dibuktikan. Bekerjasama dengan Sahabat UMKM, perusahaan transportasi online asal Malaysia ini memberikan pelatihan gratis UMKM selama 2,5 bulan.

Program pelatihan ini sendiri diciptakan tak lain untuk mendorong potensi bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Dengan mengikuti pelatihan, setidaknya para pelaku UMKM ini bisa mengembangkan kapasitas diri dan usaha sekaligus memperluas jaringan bisnis.

Selain pelatihan gratis UMKM, program bertajuk ‘#TerusUsaha Akselerator’ ini juga memberikan pendampingan dan juga konsultasi bisnis secara gratis. Bagi mereka yang tertarik, bisa mendaftarkan diri dengan membuka situs yang beralamatkan di www.grabforgood.id.

Faisal Hasan Basri, Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat Sahabat UMKM menuturkan bahwa kebutuhan pelatihan bagi pengusaha kecil di Indonesia sangat penting. Di sinilah peran Sahabat UMKM sebagai komunitas yang mempertemukan pelaku UKM dan Profesional Kewirausahaan.

Baca Juga: Kiat Mengelola Grup Facebook untuk Berbagi Ilmu Antar Sesama UKM

“Kami ingin menjadi sarana penyampaian ilmu dan wadah interaksi bagi para pelaku usaha untuk saling berkontribusi, menyampaikan pemikiran, dan berbagi pengalaman dalam membangun serta mengembangkan jaringan usaha,” ujarnya, dalam keterangan pers.

Sementara itu, menurut Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, program akselerator ini dirancang khusus untuk memberikan pendampingan mendalam bagi usaha kecil terpilih. Dengan pelatihan gratis UMKM ini diharapkan pelaku bisa belajar, meninjau kembali rencana bisnis mereka, dan pada akhirnya tumbuh serta memberi manfaat bagi banyak orang disekitar mereka.

“Program intensif selama 2,5 bulan ini, menghadirkan berbagai sesi agar peserta terpilih dapat memperoleh ilmu untuk menumbuhkan potensi bisnisnya dengan meningkatkan penggunaan platform digital dan kemampuan bisnis mereka. Pendaftaran akan dibuka selama 6 hari, hingga 26 Juli 2020,” ujar Neneng.

Baca Juga: Gandeng UKM Indonesia WhatsApp Latih Ribuan UMKM

Fase Pelatihan

Pelatihan gratis UMKM ini akan menyeleksi puluhan pelaku usaha kecil terpilih untuk mengikuti berbagai pelatihan intensif mulai 5 Agustus 2020, termasuk:

Fase 1 – Business Assessment

Sesi pelatihan dan pembelajaran intensif selama beberapa minggu yang fokus pada topik seperti legalitas, pemasaran, literasi keuangan, hingga daya saing produk. Namun, ada juga pelatihan tentang kesiapan mental, untuk memastikan UKM memiliki mental yang kuat agar bisa mengelola bisnisnya dengan maksimal.

Fase 2 – Product Review

Sesi selama beberapa minggu, dimana bagi para ahli akan menilai dan meninjau produk dan rencana bisnis dari para peserta. Hal ini diharapkan dapat membantu bisnis peserta dapat lebih kompetitif dan memiliki daya saing.

Fase 3 – Konsultasi

Kesempatan untuk mendiskusikan berbagai topik seputar ekspansi pasar, pengelolaan sumber daya, modal, dan bantuan bisnis, juga hal lain yang ingin dibahas atau ditanyakan oleh peserta.

“Program ini terbuka bagi seluruh pemilik usaha kecil yang merupakan warga negara Indonesia, memiliki perizinan PIRT, dan sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun,” imbuh Neneng.

Pelatihan gratis UMKM dari Grab ini akan dilakukan secara virtual dan setiap kelas akan menghadirkan pengajar kenamaan dan profesional di bidangnya masing-masing, termasuk Aidil Wicaksono (Google Gapura Digital), Irvan Helmi (pemilik Anomali Coffee), Hendy Setiono (pemilik Kebab Baba Rafi), Garniasih (Branding Expert dari CEO LAB.id), Gufron Syarif (pemilik HAUS!), dan juga pengajar dari DJKI Kemenkumham, Kementerian Keuangan hingga dosen akademis.

Baca Juga: Simak 5 Tips Membuka Usaha Laundry Ini

 

Exit mobile version