5 Resep Makanan Lezat untuk Merayakan Hari Kemerdekaan Ramai-Ramai

Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus hanya tinggal menghitung hari. Untuk meramaikan hari kemerdekaan ke-78 Indonesia ini, tak lengkap rasanya jika tidak menghidangkan makanan lezat khas hari besar Tanah Air. 

Makanan dan camilan yang sering kali muncul saat hari kemerdekaan selama ini yaitu nasi tumpeng ataupun kerupuk yang biasanya dilombakan, mulai dari menghias tumpeng hingga lomba makan kerupuk. Namun, di luar itu ada juga loh, berbagai macam makanan yang dapat disajikan untuk dinikmati beramai-ramai.

Selain untuk merayakan kemerdekaan, kebersamaan di HUT RI dapat menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dengan kerabat lingkungan sekitar tempat tinggal. Agar semakin asyik, makanan lezat khas kemerdekaan dapat dihidangkan untuk memeriahkan suasana.

Lantas, apa saja masakan yang dapat disajikan untuk ramai-ramai di hari kemerdekaan? Berikut ini sejumlah resep masakan rumahan yang dapat menjadi referensi dan rekomendasi terbaik. 

5 Resep Makanan Khas Hari Kemerdekaan

Berikut adalah 7 resep makanan yang dapat disajikan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Hari Kemerdekaan - Nasi Goreng

1. Nasi Goreng Merah Putih

Nasi goreng merah putih disajikan dengan menambahkan saus tomat merah dan telur dadar. Bisa juga ditambah dengan potongan daging ayam atau ikan. Berikut adalah resep sederhana untuk membuatnya.

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Panaskan 1 sendok makan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan besar di atas api sedang.
  2. Kocok telur dalam mangkuk terpisah. Tambahkan sedikit garam dan merica ke dalam telur kocok.
  3. Tuang telur kocok ke dalam wajan yang sudah dipanaskan, lalu buat telur orak-arik. Sisihkan.
  4. Dalam wajan yang sama, tambahkan 1 sendok makan minyak goreng lagi jika diperlukan. Tumis bawang putih cincang hingga harum.
  5. Tambahkan nasi putih ke dalam wajan. Aduk rata dengan bawang putih dan minyak. Biarkan nasi hangat dan terpisah.
  6. Tambahkan saus tomat ke dalam nasi. Aduk rata hingga nasi merata tercampur dengan saus tomat. Jika ingin memberikan warna merah yang lebih intens, tambahkan sedikit pewarna makanan merah dan aduk hingga merata.
  7. Tambahkan telur orak-arik ke dalam nasi. Aduk perlahan hingga tercampur merata.
  8. Beri garam dan merica secukupnya sesuai selera. Aduk rata, cek rasa.
  9. Jika ingin memberikan warna putih yang lebih jelas, tambahkan sedikit pewarna makanan putih ke bagian nasi yang belum tercampur dengan saus tomat. Aduk hingga merata.
  10. Angkat nasi goreng dari wajan dan sajikan di piring saji. Hias dengan irisan daun bawang dan daun seledri atau parsley.

Baca juga: Tak Cuma Nasi, 7 Masakan Ini Juga Bisa Dimasak dengan Rice Cooker

2. Sate Merah Putih

Hidangan lainnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan yang bisa disajikan di lingkungan rumah atau kantor adalah sate merah putih. Bahannya bisa daging ayam ataupun sapi, sesuai selera.

Bahan-Bahan:

Untuk Saus Merah (Bumbu Kacang):

Cara membuat:

  1. Marinasi daging ayam atau daging sapi dengan campuran bawang putih, kecap manis, garam, dan merica. Diamkan dalam lemari es selama minimal 1 jam.
  2. Tusuk daging yang sudah dimarinasi ke dalam skewer.
  3. Panggang sate di atas pemanggang atau grill dengan api sedang hingga matang dan berwarna kecokelatan. Bolak-balik sate agar matang merata.
  4. Sementara itu, siapkan saus merah dengan mencampurkan kacang tanah halus, bawang putih, cabai merah, gula, garam, dan air. Masak hingga mendidih dan bumbu tercampur rata. Tambahkan air sesuai selera kekentalan saus.
  5. Setelah sate matang, tata tomat ceri dan potongan keju cheddar di antara tusukan sate. Sajikan sate merah putih dengan saus merah di sampingnya.

3. Salad Merah Putih

Salad merah putih terdiri atas campuran buah dan sayuran berwarna merah (semangka, tomat) dan putih (mentimun, bawang). Sajikan dengan saus yogurt atau vinaigrette. Berikut adalah resep salad merah putih yang segar dan enak.

Bahan-Bahan Merah:

Bahan-Bahan Putih:

Dressing:

Cara Membuat:

  1. Campurkan tomat ceri, paprika merah, dan bawang merah dalam mangkuk besar untuk bagian merah.
  2. Campurkan kubis putih, kentang potong dadu, dan telur rebus dalam mangkuk lain untuk bagian putih.
  3. Siapkan dressing dengan mencampur yoghurt plain, jus lemon, madu atau gula, garam, dan merica. Aduk hingga merata.
  4. Tuangkan dressing di atas campuran bahan merah dan putih, lalu aduk perlahan hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Tata campuran bahan merah di atas piring, lalu letakkan campuran bahan putih di tengahnya.

4. Panna Cotta Merah Putih

Camilan manis ini juga cocok untuk disajikan di hari kemerdekaan untuk merayakan secara ramai-ramai. Berikut adalah resep panna cotta merah putih yang lezat dan mudah.

Bahan-Bahan Lapis Merah:

Bahan-Bahan Lapis Putih:

Cara Membuat Lapis Merah:

  1. Campurkan susu, krim kental, dan gula pasir dalam panci. Panaskan campuran dengan api sedang sambil diaduk hingga gula larut dan campuran masak, tetapi jaga supaya jangan sampai mendidih.
  2. Matikan api, tambahkan gelatin yang sudah direndam dan aduk hingga larut.
  3. Jika ingin memberikan warna merah yang lebih intens, tambahkan pewarna makanan merah sesuai selera. Juga bisa menambahkan ekstrak vanila untuk aroma.
  4. Tuangkan adonan ke dalam cangkir atau cetakan puding setengah jalan. Biarkan setengah mengeras, tapi masih lengket saat disentuh.

Cara Membuat Lapis Putih:

  1. 1. Campurkan susu, krim kental, dan gula pasir dalam panci. Panaskan campuran dengan api sedang sambil diaduk hingga gula larut dan campuran hampir mendidih (jangan sampai mendidih).
  2. Matikan api, tambahkan gelatin yang sudah direndam dan aduk hingga larut. Juga bisa menambahkan ekstrak vanila untuk aroma.
  3. Tuangkan adonan panna cotta putih di atas lapisan merah yang sudah setengah mengeras.
  4. Biarkan hingga mengeras dan dingin.

5. Puding Lapis Merah Putih

Hidangan lain yang bisa disiapkan untuk rayakan hari kemerdekaan adalah puding lapis dengan dua lapisan berwarna merah dan putih. Berikut adalah resep puding lapis merah putih yang lezat dan cantik.

Bahan-Bahan Lapis Merah:

Bahan-Bahan Lapis Putih:

Cara Membuat Lapis Merah:

  1. Campurkan bungkus agar-agar merah dengan gula pasir dan 500 ml air dalam panci. Aduk rata.
  2. Panaskan campuran sambil terus diaduk hingga mendidih.
  3. Jika ingin memberikan warna merah yang lebih intens, tambahkan pewarna makanan merah sesuai selera.
  4. Setelah mendidih, tuangkan adonan ke dalam cetakan atau wadah. Biarkan setengah mengeras, tapi masih lengket saat disentuh.

Cara Membuat Lapis Putih:

  1. Campurkan bungkus agar-agar putih dengan santan, air, dan gula pasir dalam panci. Aduk rata.
  2. Panaskan campuran sambil terus diaduk hingga mendidih.
  3. Tuangkan adonan agar-agar putih di atas lapisan merah yang sudah setengah mengeras.
  4. Biarkan hingga mengeras dan dingin. Kamu bisa membentuk dan menambahkan topping buah-buahan sesuai selera.

Baca juga: Kreasi Menarik dengan Lunch Box: Ide-ide Kreatif untuk Bekal Lezat dan Bervariasi Setiap Hari

So, itulah 5 rekomendasi makanan lezat untuk merayakan hari kemerdekaan secara meriah beramai-ramai. Hidangan yang memikat dapat menjadi langkah untuk mempersatukan berbagai perbedaan yang ada di tengah masyarakat di hari besar Tanah Air. Selamat mencoba!

Exit mobile version