Heboh Makan Nasi Padang Pakai Tangan atau Sendok, Kamu yang Mana?

Arief Muhammad Makan Nasi Padang Pakai Tangan

Belakangan ini ramai perdebatan mengenai kebiasaan atau teknik makan nasi Padang, apakah menggunakan tangan atau dengan sendok yang diawali oleh YouTuber Arief Muhammad. Perdebatan ini pun sempat menjadi trending topi di Twitter dengan hashtag #pakaitangan.

Menurut Arief Muhammad, makan nasi Padang paling nikmat atau benar harus menggunakan tangan. Dirinya merasa miris melihat masih banyak dari orang Indonesia yang makan nasi Padang pakai sendok. Pria yang dikenal sebagai sosok ‘Poconggg’ ini pun mengutarakan kekesalannya kepada masyarakat yang lebih menyukai makan nasi Padang pakai sendok.

Baca Juga: Bukan Cuma YouTube, Intip 7 Bisnis Arief Muhammad

Saking kesalnya, Arief Muhammad pun menggelar survei melalui akun Instagram miliknya. Lewat Instagram Stories, Ia melakukan survei untuk mengetahui seberapa banyak masyarakat Indonesia yang memakan nasi Padang pakai tangan atau sendok.

Hasilnya, poling ‘Pakai Tangan’ lebih dominan dengan persentase 76%. Sementara ‘Pakai Sendok’ hanya mencapai 24%. Tak puas dengan hasil yang didapat, baru-baru ini Arief Muhammad pun memasang banner berukuran besar yang berlokasi di salah satu titik keramaian di Jakarta.

Dalam banner berukuran besar tersebut terdapat foto Arief Muhammad yang mengenakan pakaian putih beserta peci hitam, mirip-mirip foto Caleg. Di atasnya terdapat tulisan yang berbunyi ‘Makan Nasi Padang Harus Pakai Tangan!’.

Banner tersebut menimbulkan perbincangan di kalangan netizen di media sosial. Ada yang mendukung dan adapula yang mempermasalahkan hal tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi Warung Soto di Jakarta yang Populer

“Saya sebagai orang Padang, sakit hati lihat orang makan nasi Padang pakai sendok,” ujar salah seorang netizen.

“Arief Muhammad ingin menyelesaikan perdebatan secara konkret,” timpal netizen lain.

Namun, di luar perdebatan tersebut, ada yang beranggapan bahwa ini hanya lah sebuah strategi marketing dari Arief Muhammad. Ada yang beranggapan bahwa Arief Muhammad ingin meluncurkan sebuah restoran Padang. Makanya dirinya membuat sebuah kehebohan dengan mempermasalahkan makan pakai tangan atau sendok.

Namanya juga orang Indonesia, perdebatan tersebut malah dibuat ramai dengan bercandaan. Ada yang makan  dengan cara nyeleneh, yakni menggunakan sumpit, sedotan, hingga menggunakan sarung tangan plastik.

Bahkan perdebatan ini turut menarik perhatian pakar kuliner Minang, yakni Reno Andam Suri. Wanita yang akrab disapa Uni ini menjelaskan bagaimana masyarakat Minang dalam menyantap kulinernya itu.

“Biasanya kami (orang Minang) memang makan pakai tangan. Karena jari-jari kita bisa sekaligus merasakan tekstur nasi, kuah, juga memilah tulang (ikan dan ayam). Kalau makan gulai cancang yang masih ada tulang2 kecilnya, tentu akan lebih mudah dengan tangan. Juga makan gulai kepala ikan, wah daging-daging ikan yang nyelip nggak terjangkau sama sendok,” ujar Reno Andam Suri.

Pun tidak ada larangan untuk makan menggunakan alat makan lainnya, namun Uni Reno mengatakan bahwa menyantap seporsi kuliner Minang akan lebih nikmat dan afdol jika menggunakan tangan. Nah, kamu sendiri gimana? Apakah tim makan nasi Padang pakai tangan atau tim makan nasi Padang pakai sendok?

Baca Juga: Kiat Bisnis Sukses Ala Selebgram Rachel Vennya

Exit mobile version