5 Hotel Bintang 5 Terbaik di Indonesia: Kemewahan dan Kenyamanan dalam Satu Paket

JNEWS – Hotel menjadi akomodasi favorit bagi masyarakat dalam melakukan perjalanan liburan maupun untuk keperluan bisnis. Salah satu kategori hotel yang cukup diminati adalah hotel bintang 5.

Hotel bintang 5 ini identik dengan tarif menginap yang mahal. Namun, tentu saja diiringi oleh fasilitas dan layanan kelas bintang 5 juga. Beberapa fasilitas yang ditawarkan seperti ukuran kamar standar yang cukup luas, ada hotel yang menyediakan tirai kedap suara, playground luas hingga kamar dengan pemandangan objek wisata.

Bagaimana sebuah hotel mendapatkan rating bintang 5?

Ternyata hal tersebut diatur pada Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel. Di lampiran II Permen tersebut menyebutkan ada 50 unsur dan 208 sub unsur yang akan dinilai dari sebuah hotel.

Unsur-unsur itu meliputi berbagai fasilitas  yang disediakan hotel, mulai dari lobi, area parkir, front desk, fasilitas olahraga, bar, kamar mandi, dapur dan lain-lain. Masing-masing sub unsur akan diberi nilai. Lalu, nilai tersebut akan dijumlahkan dan dibagi.

Jadi, penentuan sebuah hotel masuk kategori bintang 5 itu tidak sembarang karena telah melalui seleksi dan tempat menginap tersebut memenuhi semua unsur yang disyaratkan.

5 Hotel Bintang 5 Terbaik di Indonesia

Merencanakan liburan bersama keluarga tentunya harus menyiapkan akomodasi terbaik agar perjalanan terasa seru dan menyenangkan. Beberapa hotel bintang 5 di bawah ini, bisa dijadikan referensi tempat menginap karena menawarkan fasilitas terbaik dan pelayanan yang ramah dari para staf.

1. Hotel Meliá Nusa Dua Bali

Hotel Meliá letaknya berdekatan dengan Pantai Nusa Dua Bali yang terkenal. Selain pantai, wisata menarik yang ada di dekat hotel adalah Pasifika Museum dengan jarak 141 meter.

Hotel ini memiliki konsep resort, jadi sebagian besar kamar memiliki pemandangan taman yang indah dan hijau. Setiap kamar memiliki ukuran cukup luas dengan furnitur terbaik. Untuk makanan, Hotel Meliá menyediakan aneka hidangan yang bisa disantap gratis saat makan pagi. Fasilitas kolam renang di hotel ini termasuk besar dan bisa menyesuaikan dengan umur.

Menariknya, hotel ini memiliki kids club untuk anak berusia 4-12 tahun. Letak kids club ini di sebuah area outdoor khusus. Tak sekadar playground berisi mainan saja, tetapi ada sejumlah aktivitas menarik yang bisa dipilih oleh anak-anak.

Contohnya untuk anak usia 4-7 tahun ada pilihan pelajaran menari, mengenakan pakaian Bali, kunjungan ke pura, membuat manik-manik, mini chef, dan lain-lain. Sedangkan anak usia 8-12 tahun ada pilihan melukis, mewarnai, main tenis meja, hingga junior chef. Di malam hari bisa nonton bareng di area tersebut.

Hotel Meliá menjadi salah satu hotel dengan review terbanyak di Tripadvisor yakni 10.808 ulasan. Rata-rata menyukai pengalaman menginap di hotel ini karena fasilitas mewah dan layanan terbaik dari para staf. Selain itu, hotel ini juga mendapat penghargaan Tripadvisor Choice Travellers Awards 2024.

Harga per malam saat weekdays mulai dari Rp3.625.981.

Alamat: Kawasan Pariwisata ITDC Lot N1, Nusa Dua – Bali.

Baca juga: Mengenal 5 Hotel Terbesar di Dunia dan Apa yang Ditawarkan

2. Hotel Tentrem Yogyakarta

Bergeser ke Pulau Jawa tepatnya di Daerah Istimewa Yogyakarta, Hotel Tentrem masuk ke kategori hotel bintang 5 terbaik di Indonesia. Hotel ini letaknya cukup strategis di pusat Kota Yogyakarta. Hotel yang berdiri di tahun 2012 merupakan anak perusahaan dari grup Sidomuncul.

Dikutip dari website resmi Hotel Tentrem Yogyakarta, kata “tentrem” diambil dari bahasa Jawa yang berarti perasaan damai dan tenang. Makna yang lebih luas dari “tentrem” mencakup konsep harmoni antara alam semesta dan manusia, menciptakan ketenangan yang paling sempurna.

Arsitektur bangunan hotel begitu megah dan ditambah perpaduan budaya Jawa yang bisa dilihat di berbagai ornamen seperti karpet motif batik. Pengunjung yang check in akan disambut dengan keramahan frontliner dan welcome drink yang unik, seperti jamu temulawak.

Hotel Tentrem Yogyakarta memiliki kamar standar dengan ukuran 40.0 m². Di tiap kamar memiliki TV layar datar, minibar, penyejuk udara, Wi-Fi gratis. Fasilitas penunjang menarik lainnya seperti gym, kolam renang hingga Sidomuncul Gallery and Shop.

Sarapan di hotel ini termasuk lengkap. Tersedia aneka hidangan nusantara, Asia hingga western. Menunya lezat dan variasi hidangan termasuk lengkap. Bagi pencinta sushi, ada area khusus sushi bar dengan aneka pilihan sushi roll.

Para staf di Hotel Tentrem Yogyakarta sangat ramah, sopan, dan hangat. Mulai dari penjaga pintu, frontliner, staf restoran selalu tersenyum pada tamu. Mereka akan menyapa para tamu hotel dalam bahasa Jawa halus.

Harga per malam di hotel ini mulai dari Rp1.305.000.

Alamat: Jl. P. Mangkubumi 72A, Yogyakarta.

3. The Gaia Hotel Bandung

The Gaia Hotel Bandung berada di lereng gunung. Tamu hotel bisa menikmati keindahan alam yang memesona dan udara sejuk khas pegunungan di Bandung. Hotel bintang 5 ini sangat cocok untuk istirahat dan rekreasi karena ada berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan dalam menciptakan pengalaman pribadi yang unik.

Menariknya di hotel ini menyediakan 14 tipe kamar. Tentu saja ini akan sangat menyenangkan bagi tamu hotel karena bisa merasakan pengalaman menginap yang seru. Salah satu tipe kamar yang menarik adalah Deluxe Mountain.

Kamar Deluxe Mountain memiliki balkon dengan pemandangan alam pegunungan dan infinity pool. Ukuran kamar ini cukup luas yakni 35m² dan memiliki fasilitas seperti perlengkapan mandi premium yang berasal dari bahan daur ulang, IPTV, smart TV, Wi-Fi kecepatan tinggi dan brankas.

Fasilitas penunjang di hotel ini begitu memanjakan tamu. Mulai dari Sepik Massage Therapy & Spa, infinity pool, kids CADS, taman, green house, studio musik, gym, The Club, amphitheater, rooftop garden, altitude hingga coworking space. Dengan beragam fasilitas tersebut, tamu hotel bisa melakukan aktivitas menarik sesuai kebutuhan.

Apabila ingin makan, tidak perlu repot keluar hotel. Tersedia Semeja Asian Kitchen, Monomono, Inspira Roaster, dan Food Truck yang bisa dijadikan pilihan bersantap.

Harga per malam mulai dari Rp2.008.264.

Alamat: Jl. Dr. Setiabudi No. 430 Ledeng, Cidadap, Bandung.

Sumber: Accor.com

4. Pullman Lombok Merujan Mandalika Beach Resort

Pullman Lombok Merujani Mandalika Beach Resort menjadi pilihan terbaik saat berkunjung ke Pulau Lombok. Hotel ini terletak di Kuta Mandalika, teluk terpencil yang ada di pantai selatan Lombok. Lokasi resor ini tepatnya ada di tepi pantai dan dikelilingi oleh perbukitan hijau serta pemandangan memesona Samudra Hindia.

Pullman Lombok Mandalika ini memiliki 257 kamar dengan ukuran standar 40.0 m². Ada 9 tipe kamar yang terbagi dengan tiga kategori yakni deluxe room, suite, dan villa. Semua kamar, suite, dan vila didesain dengan sentuhan warisan lokal, dengan teras luar-ruang, taman, atau balkon dengan peralatan modern.

Sebagai contoh kamar tipe Garden Villa memiliki kolam renang pribadi. Luas kamar tipe ini 185 meter persegi, memiliki teras pribadi, pemandangan taman, ruang tamu terpisah. Sangat cocok dijadikan pilihan untuk beristirahat maupun honeymoon.

Restorannya pun terbagi menjadi beberapa area seperti bites on wheels, lobby lounge, aer restaurant, lalo swim-up bar, dan Sgra seafood restaurant. Fasilitas penunjang lainnya yakni spa, gym, tempat ibadah, meeting room, ballroom hingga semi private dining rooms.

Resor ini juga dekat dari Pertamina Mandalika International Street Circuit yang ikonik dan berjarak 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Lombok. Harga per malam mulai dari Rp2.708.000.

Alamat: ITDC Mandalika Tourism Complex Lot BS-2, 83573 Kuta, Lombok Tengah.

Sumber: tripadvisor

5. Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta merupakan hotel milik Djarum melalui kontrak bangun-guna-serah dengan pemerintah Indonesia. Di tahun 2019, Kempinski membuka cabang kedua di Indonesia yaitu The Apurva Kempinski Bali.

Hotel dengan 57 lantai ini terletak di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, kawasan yang terkenal dengan perumahan elit di Jakarta. Selain itu, hotel mewah ini memiliki akses strategis ke berbagai fasilitas publik seperti Grand Indonesia Shopping Mall dan Plaza Indonesia yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Konsep dan layanan mewah ala Eropa yang unik akan memberikan pengalaman menginap terbaik bagi para tamu Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Tersedia 289 kamar dan suite di hotel ini. Untuk kamar ada tiga tipe yakni deluxe, grand deluxe, dan executive grand deluxe.

Kamar deluxe misalnya, memiliki luas kamar 44 m². Kamar elegan ini dilengkapi dengan fasilitas terbaik, Wi-Fi kecepatan tinggi, Smart LED TV, meja kerja, kamar mandi dengan fasilitas bathtub yang terpisah, serta dilengkapi dengan kloset berteknologi Jepang.

Fasilitas lain yang tersedia di hotel bintang 5 ini adalah kolam renang di rooftop hotel, pusat kebugaran, restoran dan bar, ruang pertemuan kecil dan besar yang mewah hingga spa tradisional.

Harga per malam mulai dari Rp2.720.000

Alamat: Jl. MH Thamrin No. 1, Menteng, Jakarta Pusat.

Baca juga: 4 Hotel Bintang 5 di Jogja dengan Pemandangan Terbaik

Deretan hotel bintang 5 terbaik di Indonesia bisa menjadi pilihan akomodasi dengan fasilitas mewah dan layanan terbaik. Tamu hotel pun akan mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan tentunya menyenangkan karena dijamu oleh keramahan para staf yang sigap membantu kapan saja.

Exit mobile version