Menginap di Hotel Kapsul: Apa yang Dapat Diharapkan?

Hotel kapsul kini semakin eksis dan familier karena marak bermunculan di kota-kota besar dan destinasi wisata populer. Kehadiran jenis hotel ini menjadi opsi menarik bagi backpacker karena menawarkan layanan akomodasi hemat dengan kualitas terbaik.

Tentu, jangan mengharapkan kamar luas dengan tempat tidur king size. Yang akan ditemukan di sini adalah tempat istirahat yang dirancang untuk 1-2 orang dalam satu kapsul atau pods. Namun, fasilitasnya tidak kalah lengkap dan menarik dari hotel mewah. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan hotel-hotel pada umumnya.

Lalu, apa saja yang bisa didapatkan ketika menginap di hotel minimalis ini?

Apa Itu Hotel Kapsul?

Menginap di Hotel Kapsul

Sebagaimana sebutannya, hotel ini menawarkan tempat berukuran kecil yang serupa dengan kapsul. Bentuknya kotak, fit seukuran manusia, dengan kasur, bantal, selimut, setop kontak, dan fasilitas tambahan lainnya.

Hotel dengan pods ini dapat ditempati 1-2 orang tergantung ukuran. Umumnya, pods memiliki lebar 1,2 meter dengan panjang 2 meter dan tinggi 1 meter. Ukurannya yang mini membuat setiap “kamar”-nya dapat disusun dengan sejajar dan bertumpuk 2 atas bawah. Setiap kapsul memiliki tirai atau pintu untuk privasi, yang kadang dilengkapi juga dengan locker atau laci berkunci.

Sejarah Hotel Kapsul

Hotel kapsul pertama kali muncul di Jepang pada awal tahun 1980-an. Konsep ini diciptakan sebagai solusi untuk menyediakan akomodasi yang terjangkau di kota-kota besar yang padat penduduk dan memiliki lahan yang terbatas. Desainnya bertujuan untuk memberikan tempat tidur dan privasi minimal dalam ruang yang efisien, sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan hotel konvensional.

Sejarahnya dapat ditelusuri ke Capsule Inn Osaka, yang dibuka oleh arsitek Kisho Kurokawa pada tahun 1979. Desainnya terinspirasi oleh konsep kabin ruang angkasa, yang menyediakan penginapan fungsional dan efisien untuk pekerja yang membutuhkan tempat singgah sementara di kota-kota sibuk. Selain efisiensi ruang, biasanya tarif sewa kamarnya juga terjangkau.

Seiring waktu, konsep ini menyebar ke negara-negara lain di Asia dan kemudian ke bagian-bagian lain di dunia. Di Indonesia sendiri, hotel kapsul hadir pada 2017 di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Bali. Kini bisa jadi di setiap kota besar, kamu akan dengan mudah menemukannya.

Meskipun pada awalnya dianggap “aneh”, konsep hotel ini sekarang telah menjadi pilihan yang lebih populer di kalangan pelancong yang mencari penginapan yang efisien dan ekonomis. Beberapa di antaranya juga telah berevolusi untuk menyertakan fasilitas yang lebih lengkap, meningkatkan kenyamanan tamu, dan mengakomodasi berbagai preferensi serta kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Menemukan Hidden Gems, Hotel Kecil, Unik, dan Nyaman dekat Malioboro

Fasilitas di Hotel Kapsul

Di kalangan backpacker, hotel kapsul sangat populer karena cocok dengan kebutuhan mereka yakni untuk tempat tidur dan beristirahat. Ada pula yang juga dilengkapi berbagai fasilitas umum seperti meja, kamar mandi, televisi, dan lainnya, di ruang bersama untuk digunakan bersama tamu lain. Fasilitas yang berada di ruang bersama inilah yang menjadikan tarifnya lebih ekonomis.

Secara umum, berikut beberapa fasilitas yang umumnya dapat ditemukan di hotel kapsul.

1. Kasur Kapsul

Tempat tidur berbentuk kapsul yang menyediakan privasi terbatas untuk tamu. Untuk kapsul reguler biasanya hanya cukup untuk 1 orang, tetapi ada juga yang menyediakan kamar untuk 2 orang.

2. AC dan Pencahayaan

Umumnya juga tersedia AC dan pencahayaan di dalam kapsul untuk kenyamanan tamu. Kamu tak perlu khawatir dengan sirkulasi udara dan pencahayaan, karena semua hal tersebut tersedia.

3. Stasiun Pengisian Daya dan Sambungan Listrik

Biasanya terdapat colokan listrik dan stasiun pengisian daya di dalam kapsul yang langsung menggunakan USB. Namun, tak jarang hotel juga menyediakan colokan. Jika tidak menemukannya, kamu dapat mencari colokan di ruang bersama.

4. Ruang Bersama

Hotel kapsul menyediakan tempat umum dengan fasilitas seperti meja, tempat duduk, dan area bersantai. Tak lupa, terpasang Wi-Fi atau akses internet nirkabel untuk para tamu. Beberapa di antaranya juga menyediakan televisi atau fasilitas hiburan lain di ruang bersama ini. Misalnya seperti meja biliar, alat-alat olahraga, dan sebagainya.

5. Toilet dan Kamar Mandi Bersama

Fasilitas kamar mandi dan toilet umum yang dapat digunakan bersama oleh para tamu. Meski merupakan kamar mandi bersama, tetapi umumnya—terutama di Indonesia—tetap terpisah untuk pria dan wanita.

6. Loker Keamanan

Loker atau fasilitas keamanan untuk menyimpan barang berharga. Loker ini juga menjadi tempat untuk menyimpan barang bawaan tamu.

Perlu diingat bahwa fasilitas ini dapat bervariasi antara satu hotel dengan yang lainnya. Sebaiknya periksa dulu fasilitas yang ditawarkan oleh hotel sebelum melakukan pemesanan.

Tip Menginap Nyaman di Hotel Kapsul

Menginap di hotel kapsul bisa menjadi pengalaman yang unik dan menyenangkan jika kamu tahu cara menikmatinya dengan nyaman. Berikut adalah 6 tips untuk menginap dengan nyaman di hotel minimalis ini.

1. Pilih Hotel dan Jenis Kamar Sesuai Kebutuhan

Pastikan untuk memilih hotel dan jenis yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Jika kamu berdua maka pilih kapsul untuk 2 orang.

Periksa ulasan online dari tamu sebelumnya untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang kebersihan, kenyamanan, dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel.

2. Bawa Perlengkapan Pribadi

Ruang di dalam kapsul biasanya terbatas, maka bawalah perlengkapan yang diperlukan seperti earplug, masker mata, dan barang-barang kebersihan pribadi. Ini dapat membantu kamu tidur lebih nyaman dan mengurangi gangguan dari lingkungan sekitar.

3. Gunakan Fasilitas Bersama dengan Bijak

Hotel kapsul umumnya memiliki fasilitas bersama seperti kamar mandi, toilet, dan ruang bersantai. Gunakan fasilitas ini dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Perhatikan penggunaan kamar mandi, atur waktu mandi agar tidak terlalu lama. Pastikan juga untuk membersihkannya setelah digunakan, agar tetap bersih dan nyaman untuk tamu lain.

4. Simpan Barang Berharga dengan Baik

Sebagian besar hotel menyediakan loker keamanan untuk menyimpan barang berharga. Gunakan fasilitas ini untuk memastikan keamanan barang-barang berharga kamu selama menginap.

5. Berbaur dengan Sesama Tamu

Meskipun ruang kapsul memberikan privasi yang terbatas, jangan ragu untuk berbaur dengan sesama tamu di ruang bersama. Ini bisa menjadi kesempatan untuk bertukar pengalaman perjalanan, mendapatkan rekomendasi lokal, atau bahkan membuat teman baru.

Namun, jangan memaksa untuk berkenalan ketika tamu lain tidak begitu nyaman saat disapa. Hargai privasi setiap tamu lainnya.

Baca juga: 7 Etika Menjadi Tamu Hotel yang Sopan dan Elegan

Nah, itulah ulasan dan penjelasan lengkap tentang hotel kapsul, fasilitas yang ditawarkan, dan tip untuk menginap nyaman dan aman. Selamat mencoba!

Exit mobile version