HP Terjun Bebas Masuk Air, Segera Lakukan Hal Ini

Ilustrasi HP masuk air

 

Meski kebanyakan handphone (HP) sudah canggih, namun tak semua merek menawarkan kelebihan tahan air. Padahal, namuan selalu dalam gengaman kita tak pernah tahu kapan sedang apes di jalan.

Bisa saja HP tersebut jatuh dan terendam air atau di kolam renang, atau ketika sedang naik motor tanpa disadari HP yang ada di saku ikut basah. Kondisi tersebut tentu sangat membuat pemilik panik dan merepotkan.

Namun sebenarnya saat HP kita terkena atau masuk air masih bisa diatasi dengan beberapa cara, jadi baiknya coba diakali dulu sebelum pasrah dan memutuskan untuk beli HP baru.

BACA JUGA : Tips Cerdas Beli HP Baru Pakai THR

Melansir dari beberapa sumber, cukup banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang terkena air, berikut langkah-langkahnya ;

1. Matikan HP

Jangan tunda untuk mematikan HP setelah diangkat dari air atau ketika dalam kondisi basah. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari hubungan arus pendek alias korsleting yang bisa menimbulkan kerusakan lebih parah, bahkan banyak kasus justru matot alias mati total.

2. Buka HP

Bagi HP yang memiliki akses untuk melepas baterai, baiknya segera di buka case atau cover belakangnya. Termasuk tempat SIM atau memory card yang berguna agar sisa air yang mungkin masuk bisa keluar.

3. Keringkan

Palin utama sudah tentu mengeringkan bagian luar HP, mulai dari layar LCD, sampai bagian belakang. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan lap atau tisu kering yang memiliki daya serap air cukup baik.

4. Beras

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengeringkan adalah merendamnya dalam beras, tapi jangan pakai air ya. Sediakan beras secukupnya atau sesuai dimensi HP, pastikan HP sudah dalam kondisi mati.

Bila bertanya kenapa beras, jawabannya karena beras memiliki daya serap air yang cukup baik. Untuk proses rendamnya kira-kira semalaman agar air bisa benar-benar terserap.

5. Silica Gel

Selain beras, yang lebih modern juga bisa menggunakan silica gel untuk mengeringkan HP. Cara mengeringkan HP cukup mudah, kamu cukup menyimpan ditempat yang tertutup bersama dengan silica gel. Lalu biarkan silica gel membantu menyerap air dan kelembaban di dalam hp. Bahan ini diklaim mampu menyerap air lebih cepat atau 10 kali lipat dari beras.

6. Hidupkan

Setelah didiamkan dan dirasa cukup kering, silakan untuk mencoba menghidupkan kembali. Bila masih bisa menyala dan terlihat tidak ada kerukan, aritnya HP berhasil diselamatkan, namun bila sebaliknya artinya memang ada komponen yang rusak akibat kemasukan air tadi.

Tapi tenang, rusaknya komponen pada HP bukan berari harus beli gawai baru, karena masih bisa diperbaiki menggunakan jasa servis. Bahkan bila masih ada garansi, cukup dibetulkan di service center sesuai merek HP saja.

Exit mobile version