Hunting 10 Tempat Kemeriahan Perayaan Imlek di Indonesia

Hargamya pun bervariasi mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 150 ribu.

Tanpa terasa, perayaan imlek bakal dilalui sesaat lagi, tepatnya pada 25 Januari 2022. Pesta tahun baru etnis Tionghoa ini juga terkenal dengan pesta kemeriahannya.

Menariknya, pesta tersebut tak hanya ramai di Tiongkok, tapi juga beberapa daerah di Indonesia yang tentunya bisa menjadi hiburan bagi masyarakat.

Lantas di mana saja lokasinya, berikut daftarnya :

1. Pawai Tatung di Singkawang

Pawai Tatung di Singkawang menjadi salah satu tujuan wisata di saat Imlek. Pawai Tatung dilakukan 15 hari setelah Tahun Baru Imlek, tepatnya saat Cap Go Meh. Dua hari sebelum Pawai Tatung juga terdapat pawai lampion, pawai nagai, dan arak-arakan barongsai.

Atraksi Tatung merupakan asimilasi dari tradisi Tionghoa dengan budaya Dayak. Dalam bahasa Hakka, Tatung berarti orang yang dirasuki oleh roh, leluhur, dewa, atau kekuatan supranatural.

Sebelumnya, para Tatung harus berpuasa selama tiga hari sebelum acara. Hal ini bertujuan agar Tatung berada dalam keadaan bersih dan suci. Para pendeta akan memanggil roh untuk memasuki tubuh para Tatung agar menjadi kebal. Kemudian Tatung diarak dari vihara keliling kota. Tatung berdandan mewakili kelompok Tionghoa dan Dayak.

BACA JUGA : Laris Manis! Kereta Panoramic Layani Ribuan Pelanggan

Para Tatung sendiri akan beratraksi untuk menunjukkan kekebalan seperti menusukkan kawat dari pipi kiri ke pipi kanan, berjalan di atas pecahan kaca, dan meminum arak. Hal menarik dari Pawai Tatung ini adalah para Tatung tidak terluka sama sekali.

2. Perang Air Meranti di Riau

Perang air ini berada di Selat Panjang, Riau, merupakan perayaan yang sudah dilakukan puluhan tahun lalu. Perang air ini juga dikenal dengan nama Cian Ciu. festival Perang Air Miranti pada tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 25 Januari 2020 bertepatan dengan Tahun Baru Imlek.

dekorasi rumah saat Tahun Baru Imlek

Enggak hanya perang air, acara juga diramaikan dengan food fesival, live music, penyerahan penghargaan, dan pesta kembang api. Perang Air Meranti ini menjadi salah satu tujuan wisata baik lokal maupun mancanegara. Kalau kamu ke sini, siap-siap bawa baju ganti.

3. Tujuh Lubang Sumur di Depok

Pada hari menjelang Imlek, para etnis Tionghoa akan berbondong-bondong untuk datang ke Vihara. Terdapat keunikan di Vihara Gayatri, Depok, karena ada tujuh buah sumur di dalamnya.

Selain bersembahyang, mereka akan mandi dengan air di tujuh sumur tersebut. Setiap sumur memiliki nama dan dan dipercaya memiliki khasiat yang berbeda.

Sri Ningsih berkhasiat untuk menerangkan lahir dan batin, Sri Waras berkhasiat untuk sehat dan sentosa, Sri Lungguh berkhasiat untuk kedudukan derajat, Sri Kumaratih Kumajaya berkhasiat untuk mencari jodoh, Sri Rezeki berkhasiat untuk usaha mencari rezeki, Dewi Sri Mulyasari berkhasiat untuk pengobatan, dan Sri Ponco Warno berkhasiat untuk tolak malapetaka.

4. Pasar Imlek Semawis di Semarang

Setiap Imlek, di Semarang terdapat Pasar Malam Imlek yang akan memeriahkan suasana perayaan Tahun Baru Imlek. Di sini kamu akan disuguhkan berbagai pentas seni asal Tionghoa, Toppers.

Selain itu, kamu juga akan disuguhkan jajanan dan kerajinan tangan khas Imlek. Kamu juga bisa melihat pertunjukkan atraksi barongsai, Wayang Potehi, dan pentas kebudayaan Tionghoa.

Ada makanan akulturasi dari budaya Semarang dan Tionghoa yang patut kamu coba di Pasar Imlek Semawis, nih, seperti lumpia Cap Go Meh, brokoli siram jamur, nasi Hainan, dan kue basahan.

5. Grebeg Sudiro di Solo

Perayaan Imlek meriah di Solo adalah Grebeg Sudiro. Grebeg Sudiro merupakan akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. Kamu akan menyaksikan tokoh wayang, Liong, dan barongsai beriringan untuk kirab budaya. Di acara Grebeg Sudiro juga ada bagi-bagi ribuan kue keranjang di akhir acara.

Selain itu kamu juga bisa menikmati Bazar Potensi, Wisata Perahu Kali Pepe, Karnival Budaya, dan Penutupan Grebeg Sudiro pada tanggal 24 Januari 2020.

6. Bogor Street Festival

Di kota hujan ini juga memiliki kemeriahan tersendiri, loh, saat perayaan Imlek, tepatnya saat Cap Go Meh. Di Bogor diadakan parade dan pertunjukkan seni dari Tionghoa dan Sunda.

Bogor Street Festival di tahun 2020 akan diselenggarakan pada tanggal 8 Februari 2020. Kamu akan melihat parade budaya seperti barongsai, bazar, talkshow dan masih banyak lagi.

7. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

Perayaan imlek di Yogyakarta ini akan digelar pada tanggal 2 – 8 Februari 2020. Pekan Budaya Tionghoa tahun ini akan menyajikan acara kesenian, festival kuliner, dan pertunjukkan rumah budaya Tionghoa Ketandan dengan akulturasi budaya Jawa. Acara ini sudah berlangsung sejak lama, loh!

8. Klenteng Hong Tiek Hian di Surabaya

Klenteng Hong Tiek Hian adalah klenteng yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu di Surabaya. Klenteng ini terletak di Jl. Dukuh, tidak jauh dari tempat yang sangat populer di Surabaya, yaitu Jembatan Merah. Klenteng Hong Tiek Hian diyakini dibuat oleh Pasukan Tar-Tar saat awal Kerajaan Majapahit berdiri.

9. Imlek di Tengah Sungai Musi

Di Palembang, perayaan Imlek hingga Cap Go Meh biasanya digelar di Pulau Kemaro. Pulau yang terletak di tengah Sungai Musi ini akan menyelenggarakan berbagai acara kesenian khas Imlek seperti barongsai, wayang orang khas Cina, dan kesenian tradisional lainnya.

Kamu akan disuguhkan banyak lampion saat sampai Pulau Kemaro. For your information, Toppers, Cap Go Meh di Palembang dilakukan pada hari ke-13, berbeda dengan kota lainnya yang melaksanakan Cap Go Meh pada hari ke-15.

10. Imlek di Medan

Banyak warga Tionghoa yang tinggal di Medan. Tentu saat Imlek, kota Medan menjadi salah satu dengan perayaan yang meriah. Imlek Fair dilakukan setiap tahunnya dengan beragam atraksi dari barongsai hingga pesta kembang api. Enggak usah khawatir soal makanan, di Imlek Fair ini akan ada banyak yang jual makanan, aksesoris, pameran, dan masih banyak lagi.

Exit mobile version