Destinasi Wisata Hutan Pinus Terbaik di Indonesia

Indonesia memiliki sederet hutan pinus yang kini telah bertransformasi menjadi destinasi wisata populer di kalangan wisatawan. Sejuknya udara, pemandangan hutan yang hijau dan masih alami merupakan daya tarik utama dari wisata yang satu ini.

Apalagi sekarang ini, akses menuju hutan pinus di berbagai kota sudah memadai, membuat banyak orang tertarik untuk mengunjunginya. Selain itu, hadir juga beragam fasilitas penunjang yang di area sekitar hutan mulai dari outbond seperti flying fox, restoran, tempat bersantai, taman bermain dan masih banyak lainnya.

Pohon pinus adalah salah satu jenis pohon yang mudah ditemui di hutan-hutan Indonesia. Ciri khas dari pohon ini adalah batangnya yang ramping dan menjulang tinggi. Pokoknya pemandangan di hutan ini sangat estetis, apalagi jika menjelang malam, kabut tipis mulai muncul dan ini menambah keindahannya.

Tertarik untuk berlibur di kawasan hutan pinus? Berikut ini beberapa lokasi yang bisa dijadikan referensi.

Destinasi Wisata Hutan Pinus di Indonesia

1.  Gunung Pancar-Bogor

Di hutan pinus Gunung Pancar, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara dan suasana yang tenang. Hutan ini letaknya tidak jauh dari taman budaya Sentul dan berada di ketinggian 800 mdpl. Walaupun mengunjunginya di siang hari, wisatawan tidak perlu takut kepanasan karena ada banyak pohon-pohon pinus sebagai pelindung. Jatuhnya sinar matahari di sela ranting dan dedaunan, menjadi spot foto instagramable yang tidak boleh dilewatkan.

Di hutan ini, wisatawan juga bisa menikmati pemandian air panas, bersantai di hammock sambil menikmati sejuknya udara dan apabila ingin melakukan aktivitas fisik ada area outbond. Di area outbond, wisatawan bisa memilih beberapa kegiatan seru seperti flying fox dan paintball.

Lokasi: Gunung Pancar, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang.

Destinasi Wisata Hutan Pinus Terbaik di Indonesia - Hutan Pinus Mangunan

2. Hutan Pinus Mangunan-Yogyakarta

Yogyakarta terkenal sebagai surga wisata alam. Salah satu hutan yang hits dan viral di kalangan wisatawan adalah Mangunan. Hutan ini adalah bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan dan memiliki luas sekitar 500 hektare. Karena lokasinya yang tidak jauh dari Imogiri, Bantul, banyak yang menyebutnya dengan nama hutan pinus Imogiri.

Daya tarik dari hutan ini adalah kursi dari kayu pohon pinus yang disusun mirip seperti amfiteater dan hammock warna-warni untuk bersantai. Ingin mengunjungi kawasan ini, setiap pengunjung cukup membayar Rp5.000/orang.

Lokasi: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

3. Orchid Forest Cikole-Lembang

Dari semua rekomendasi, bisa dikatakan Orchid Forest Cikole memiliki fasilitas yang lengkap. Dalam hutan ini ada sebuah taman anggrek dengan luas sekitar 12 hektare dan disebut sebagai taman anggrek terbesar di Indonesia. Ada sekitar 157 jenis bunga anggrek dari seluruh penjuru dunia yang bisa dilihat langsung oleh para wisatawan.

Beberapa fasilitas yang bisa dinikmati di Orchid Forest Cikole antara lain

Lokasi: Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Harga tiket masuk: Rp45.000/orang.

Baca juga: Pesona Orchid Forest Cikole: Menjelajahi Taman Anggrek yang Memukau di Lembang

4. Hutan Pinus Malino-Gowa

Beralih ke pulau seberang yakni Sulawesi, ada hutan pinus Malino yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan, yang disebut juga hutan pinus Tinggimoncong. Terletak di atas ketinggian 1500 mdpl, wisatawan yang akan masuk ke kawasan ini cukup membayar Rp10.000/orang.

Selain menyajikan panorama alam yang indah dan udara yang sejuk, hutan ini menyediakan beberapa fasilitas wahana permainan seperti flying fox, outbond dan lapangan tembak. Jika ingin naik kuda, akan dikenakan Rp10.000 untuk satu kali putaran. Jika sudah puas mengambil foto dan menikmati fasilitas, wisatawan bisa melanjutkan ke air terjun Takapala yang masih satu area di hutan ini.

Lokasi: Malino, Tinggimoncong, Gowa, Sulawesi Selatan.

5. Hutan Pinus Kragilan-Magelang

Selain Candi Borobudur, Kota Magelang ternyata memiliki destinasi wisata Kragilan yang indah. Selain menawarkan panorama alam yang memukau, dKragilan menyediakan berbagai wahana yang sangat seru seperti jembatan gantung, sepeda gantung, area piknik hingga camping area.

Jarak lokasi hutan ini dari Magelang sekitar 25 km. Daya tarik utamanya adalah ukurannya yang luas dan sangat asri. Ini tidak lepas dari pemanfaatan kawasan ini sebagai lokasi konservasi, sehingga kelestariannya dijaga dengan baik. Bagi pencinta swafoto, ada segudang spot foto instagramable yang tidak boleh dilewatkan. Mulai dari ayunan sangkar, balon udara, becak terbang, burung elang, dan ayunan

Lokasi: Jl. Top Selfie Pinusan, Area Kebun/Hutan, Pogalan, Pakis, Magelang

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang. Untuk akses spot foto Rp12.500/orang.

6. Hutan Pinus Kayon-Semarang

Kawasan hutan pinus Kayon masih asri dengan udara yang sejuk dan belum banyak perubahan. Kelestariannya masih terjaga karena masuk ke dalam kawasan konservasi Gunung Merbabu. Kendati demikian, ada banyak spot foto instagramable di hutan ini. Salah satu yang terkenal adalah sebuah pohon pinus yang memiliki bengkokan yang hampir mirip huruf U.

Tak hanya itu saja, ada sumber air jernih yang berada di sekitar hutan ini. Wisatawan bebas membawa tikar dan makanan dari luar. Namun, perlu diingat tidak boleh buang sampah sembarangan ya. Bawalah kantong khusus sampah agar tidak mengotori kawasan hutan.

Lokasi: Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Harga tiket masuk: Rp5.000/orang

Baca juga: Ketika Pemandangan Alam dan Pelestarian Menjadi Satu dalam 6 Kawasan Konservasi Indonesia

Menikmati keindahan alam di deretan hutan pinus di atas akan menjadi pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Apabila ingin berlibur ke salah satu hutan tersebut, pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena jalan menuju ke sana umumnya menanjak. Jadi, mau pilih yang mana untuk liburan keluarga nanti?

Exit mobile version