7 Destinasi Wisata yang Dekat dengan Ibu Kota Nusantara

Indonesia akan segera memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kabupaten Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Tahukah kamu? Ada banyak destinasi wisata yang dapat ditemui di sekitar IKN ini, mulai dari wisata pantai, air terjun, hingga gunung. Pemandangannya pun tak kalah cantik dan menarik untuk dikunjungi saat liburan ke Kalimantan.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo mengatakan proses pemindahan akan segera dilakukan pada 2024 mendatang. Adapun, proses pembangunan infrastruktur dasar di ibu kota nusantara telah dimulai sejak tahun 2022 lalu. 

Pemerintah mendesain IKN sebagai kota masa depan yang mengusung konsep smart forest city. Artinya ibu kota baru ini akan dibangun dengan teknologi yang tinggi, tetapi tetap menjunjung tinggi prinsip sustainability atau keberlanjutan lingkungan. 

Baca juga: 8 Destinasi Wisata di Jakarta yang Dilalui Jalur Busway, Murah Meriah

Dengan demikian, tempat wisata yang menunjukkan kekayaan alam di Kalimantan Timur pun akan semakin dilestarikan. Lantas, apa saja tujuan wisata di ibu kota nusantara yang wajib dikunjungi?

6 Destinasi Wisata di Ibu Kota Nusantara

7 Destinasi Wisata yang Dekat dengan Ibu Kota Nusantara

1. Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN) 

Kawasan titik nol IKN memiliki daya tarik tersendiri sebagai pusat dari ibu kota baru Indonesia. Lokasinya menjadi simbol IKN yang kini dijadikan sebagai objek wisata bagi masyarakat lokal maupun luar pulau. Titik Nol IKN mulai disoroti sejak 14 Maret 2022 lalu ketika pertama kali dibuka untuk umum. 

Sejak saat itu, lokasi titik nol IKN tidak pernah sepi dan selalu didatangi wisatawan nyaris setiap hari. Untuk dapat menjangkau lokasi ini, kamu perlu menuruni puluhan anak tangga yang berbentuk setengah lingkaran. 

Di kawasan tersebut terdapat teras luas dengan ornamen yang menggambarkan khas Kalimantan. Pengunjung dapat berfoto sambil menikmati pemandangan pohon pinus yang disertai angin sejuk. 

Baca juga: Indahnya Nanga Lok yang Ditetapkan sebagai Surga Tersembunyi Anugerah Pesona Indonesia 2022

2. Desa Wisata Mentawir

Ada berbagai wisata alam yang menarik di Desa Wisata Mentawir yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara. Berdasarkan situs Jejaring Desa Wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Desa Wisata Mentawir merupakan kawasan teluk Balikpapan. 

Di sana tersedia objek wisata alam seperti hutan mangrove, arung jeram Sungai Mentawir, hutan bambu, hingga hutan tropis. Tak hanya wisata alam, kamu dapat menyaksikan secara langsung budaya Suku Paser, seperti Tari Ronggeng. Di samping itu, pengunjung juga dapat menikmati hidangan laut dan sirup mangrove khas Desa Wisata Mentawir.

Jika berangkat dari Titik Nol IKN, kamu dapat berkunjung ke Desa Wisata Mentawir dengan jarak 40 kilometer dan estimasi durasi perjalanan sekitar 1 jam 17 menit.  

3. Pantai Tanah Merah

Pantai indah bernama Tanah Merah ini berlokasi di Tanjung Harapan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Tepatnya, 14 km dari persimpangan Jalan Raya Balikpapan – Samarinda (km 50) dan berjarak 127 km dari Tenggarong. 

Tak sejalan dengan nama, pantai ini diselimuti pasir putih dengan pohon cemara yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai. Tanah Pantai terbilang landai dengan panjang menuju bibir pantai sekitar 800 meter. Jika kamu suka berkemah, Pantai Tanah Merah adalah pilihan yang tepat karena area yang sangat luas.

Selain itu, pengunjung dapat memancing ikan, udang, kepiting dan lainnya. Wisata kuliner akan menjadi sangat berkesan ditemani pemandangan pantai yang asri. Kedalaman pantai pun terbilang masih dangkal sekitar 300 meter dari bibir pantai. 

4. Desa Wisata Pasir Mayang

Desa Wisata Pasir Mayang berlokasi di Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Pemandangan alam di desa wisata ini menjadi daya tarik paling memikat di lokasi sekitar ibu kota nusantara. 

Destinasi wisata ini menawarkan wisata mangrove pasir mayang hingga wisata kuliner yang menghidangkan olahan mangrove khas pulau Kalimantan. 

5. Air Terjun Doyam Turu Liang Batulis Lempesu

Kabupaten Paser Utara merupakan lokasi yang tenang, aman dan nyaman. Salah satu objek wisata yang diminati adalah air terjun Doyam Turu Liang Batulis Lempesu di Kecamatan Pasir Belengkong. 

Wisata air ini terletak di Desa Lempesu, Kecamatan Paser Belengkong, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Lokasinya berjarak 27 km dari ibu kota Kabupaten Tanah Grogot dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Di Lokasi ini sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti tempat parkir yang luas, MCK, kantin dan beberapa tempat peristirahatan.

6. Gunung Boga

Gunung Boga atau Gunung Embun merupakan salah satu wisata alam di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Paser. Gunung ini berada di ketinggian 263 meter di atas permukaan laut.

Kamu perlu menempuh jarak 40 km dari kota Tanah Grogot ke Gunung Boga dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Pengunjung dapat menikmati suasana negeri  di atas awan. 

Gunung Boga sedang dalam tahap pengembangan pemerintah daerah setempat untuk menjadi tujuan wisata kelas dunia dengan gelaran olahraga paralayang bertaraf internasional. Pada tahap awal, tahun 2021 telah dibangun jalan akses, area parkir, area take up paralayang dan fasilitas lainnya. 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dieng dengan Pemandangan Memukau

7. Kebun Raya Balikpapan 

Jika berkunjung ke wilayah ibu kota nusantara, pastikan untuk mampir ke kebun raya Balikpapan yang membentang seluas 309 hektare. Adapun, kebun raya ini merupakan cagar alam yang berlokasi di Kelurahan Karang Joang, Kecamatan Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. 

Lebih tepatnya, kebun raya ini terletak di Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW). Tak hanya itu, Kebun Raya Balikpapan juga disebut merupakan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KDTK). Disini, pengelola mengembangkan tanaman koleksi sekaligus pembangunan infrastruktur.

Pembangunan destinasi wisata ini bertujuan sebagai tempat konservasi, pendidikan, penelitian, wisata alam, dan jasa lingkungan. Jaraknya cukup jauh dari Titik Nol Nusantara yakni sekitar 77 km dengan estimasi 1 jam 48 menit. 

So, sudah siap berkunjung dan melihat langsung ibu kota nusantara yang baru? Jangan lupa untuk bersinggah di salah satu tempat wisata di atas ya!

Exit mobile version