Ide Bisnis Modal Kecil Minim Risiko, Nggak Perlu Takut

ide usaha modal kecil

Salah satu alasan banyak orang ragu untuk berbisnis adalah karena alasan modal. Padahal, memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar. Ada banyak ide bisnis modal kecil yang bisa kamu coba jalankan.

Banyak orang yang takut jika tidak balik modal apabila bisnis yang dijalankannya tidak sesuai dengan ekspektasi. Maka dari itu, apabila kamu tidak ingin memulai bisnis dengan modal yang besar, bisa mencoba dari kecil.

Baca Juga: Tips Bisnis Kuliner ala Ibnu Jamil, Jangan Gengsi!

Semakin kecil modal yang dikeluarkan, tentu risiko yang didapat akan semakin kecil. Malahan, ide bisnis risiko kecil ini belakangan tengah marak dilakoni oleh masyarakat. Lalu apa saja sih tren bisnis modal kecil yang bisa kamu coba? Simak rekapnya di bawah ini!

Ide Bisnis Modal Kecil yang Bisa Kamu Coba

1. Skincare

Skincare telah menjadi kebutuhan utama bagi kaum hawa. Ada banyak sekali jenis skincare yang beredar di pasaran, mulai dari harga yang mahal, sampai yang murah sekalipun. Semakin mahal, tentu kualitasnya semakin bagus.

Namun, tidak sebagian besar masyarakat yang mampu utuk membeli skincare. Maka dari itu, kamu bisa mencoba bisnis share in jar skincare. Tujuan dari bisnis ini adalah membantu konsumen yang ingin mencoba skincare tanpa perlu membeli satu botol kemasan penuh. Kalau membeli dengan kemasan yang kecil, mereka pun tidak perlu khawatir skincare tersebut cocok atau tidak. Kamu tinggal menyiapkan kemasan jar ukuran 10-30 ml.

2. Jasa Fotografi dan Videografi

Di era media sosial seperti saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi maupun videografi. Tujuannya jelas untuk mempercantik konten di dalam media sosial maupun channel sharing video, seperti YouTube.

Nah, kalau kamu punya keahlian di bidang tersebut, tidak ada salahnya untuk menawarkan skill tersebut ke orang yang membutuhkan. Kalau kamu tidak memiliki cukup modal untuk membeli kamera, kamu bisa menyewa kamera dan perlengkapan lainnya. Nanti, kalau sudah terkumpul uangnya, kamu bisa mulai membeli satu per satu.

3. Bisnis Frozen Food

Makanan beku atau frozen food juga menjadi ide bisnis modal kecil yang menarik untuk dijalankan. Frozen food banyak digemari masyarakat, terlebih bagi mereka yang tidak mau repot untuk memasak makanan. Hal ini karena frozen food punya daya tahan penyimpanan yang lebih lama dibanding makanan fresh.

Modalnya cukup memiliki lemari penyimpanan beku atau freezer. Sekali lagi, kalau tidak punya modal yang cukup di awal, kamu bisa memanfaatkan jasa penyewaan freezer. Ada banyak contoh makanan beku yang bisa kamu manfaatkan, seperti nugget, sosis, bakso, ayam, dan lainnya.

Baca Juga: Jadi Andalan Brand, Ini 3 Cara Maksimalkan Influencer Marketing

4. Bisnis Paket Travel

Punya hobi traveling atau jalan-jalan? Kenapa nggak dimanfaatkan untuk bisnis? Ide bisnis paket travel misalnya. Ide bisnis seperti ini cukup banyak diminati oleh masyarakat, terutama buat mereka yang ingin jalan-jalan, tapi nggak mau repot.

Caranya cukup menjalin kerja sama dengan agen travel besar. Tentukan destinasi wisata yang sedang hits dan kamu urus semua kebutuhan para pelancong tersebut. Harganya bisa disesuaikan dengan segmen pasar.

5. Franchise

Kopi Janji Jiwa

Bisnis franchise juga menjadi salah satu ide bisnis modal kecil yang digemari masyarakat. Kebanyakan memang bisnis franchise biasanya adalah bisnis makanan. Salah satu keunggulan dari bisnis franchise adalah kamu tidak perlu repot-repot memikirkan promosi.

Hal ini karena urusan promosi dan tetek bengek sudah ditangani oleh pemilik brand. Franchise ini nggak hanya dibanderol dengan harga yang mahal lho. Ada banyak jenis franchise, terutama F&B yang bisa dijangkau dengan merogoh kocek bahkan di bawah Rp5 juta.

Baca Juga: Deretan Franchise Kuliner Murah di Bawah Rp15 Juta, Sikat!

Exit mobile version