Rekomendasi 7 Ide Diskon Menarik untuk Dongkrak Penjualan di E-Commerce

Siapa sih yang nggak ingin produknya laris manis dan diminati konsumen? Nah, untuk mendongkrak minat pembeli, kamu perlu memaksimalkan ide diskon menarik yang out of the box. Ide diskon menarik sering kali dicari untuk menarik minat konsumen agar membeli produk.

Salah satu ide diskon menarik yang sering kali digunakan penjual adalah sales promotion. Sales promotion sendiri diartikan sebagai strategi pemasaran dengan berbagai media dalam kurun waktu tertentu untuk mendongkrak penjualan.

Sales promotion sering kali memanfaatkan FOMO atau Fear of Missing Out konsumen terhadap produk yang dijual. Hal ini selaras dengan fakta bahwa manusia akan bertindak impulsif dalam situasi tertentu. Nah, adanya sales promotion ini diharapkan dapat mencuri perhatian publik, sehingga konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu jual untuk jangka waktu yang pendek.

Ide diskon menarik hingga saat ini masih menjadi strategi pemasaran favorit pengusaha dan konsumen. Pemberian diskon pada produk yang kamu jual tidak boleh asal-asalan, lho. Jika tidak direncanakan dengan baik, alih-alih mendongkrak penjualan, diskon yang kamu berikan cuma-cuma bisa menjadi bumerang untuk usahamu.

Baca juga: Tips Jadi Seller Online Shop yang Sabar Menghadapi Komplain Pelanggan

Lantas, bagaimana cara memberi diskon yang tepat? Yuk, simak beberapa rekomendasi ide diskon menarik yang bisa mendongkrang penjualan produkmu.

Ide Diskon Menarik untuk Dongkrak Penjualan

1. Perhatikan Waktu Diskon

Dalam memberi diskon, kamu perlu memperhatikan waktu-waktu tertentu, ya. Misalnya, kamu bisa memberi diskon di waktu tengah malam dengan batasan waktu tertentu. Seperti “Diskon 80% untuk pembelian di atas jam 23.00 hingga 24.00.

Ide diskon menarik dengan memperhatikan waktu ini sering kali disebut flash sale. Secara psikologis konsumen kerap kali bertindak impulsif jika dihadapkan dengan durasi diskon yang singkat. Nah, inilah yang membuat flash sale atau diskon singkat dianggap efektif untuk mendongkrak penjualan atau sekadar menghabiskan stok yang berlebihan.

Sebelum memulai flash sale, pastikan kamu juga membuat promosi dengan visual yang menarik, tanggal dan waktu flash sale yang jelas, serta menggunakan media sosial sebagai promotion platform.

Cerdas Belanja Online agar Aman Terkendali Saat Pesta Diskon dan Promo

 

2. Berikan Diskon Awal Bulan

Memberikan diskon di awal bulan bisa menjadi ide diskon menarik yang dapat mendongkrak penjualan produkmu, lho. Biasanya, konsumen akan tertarik dengan tawaran diskon awal bulan karena baru saja gajian. Misalnya, diskon 45% untuk minggu pertama di awal bulan.

3. Diskon Ulang Tahun

Ide diskon untuk ulang tahun ini sering kali diterapkan di kafé and resto, tempat nongkrong, hingga penyedia jasa, dan layanan klinik kecantikan. Namun, tak menutup kemungkinan untuk dimanfaatkan untuk mendongkrak penjualan di ecommerce.

Umumnya, mereka yang memberikan diskon untuk ulang tahun memiliki syarat tertentu seperti menunjukkan KTP saat pembelian untuk mengecek kebenaran data pembeli.

Baca juga: 6 Cara Lindungi Data Pribadi Saat Melakukan Transaksi Digital

4. Buy 1 Get 1

Ide diskon menarik beli satu gratis satu tak kalah efektif untuk mendongkrak penjualan, lho. Diskon ini sering kali dijumpai di mall maupun supermarket. Namun, dalam menggunakan ide diskon menarik ini kamu perlu cermat dalam mengelola ketersediaan produknya. Jangan sampai, sudah laris ternyata stok habis mendadak.

5. Post and Discount

Kamu bisa mencoba ide diskon menarik yang satu ini juga. Berikan diskon di setiap konsumen yang memposting produkmu di media sosial mereka, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan disertai caption menarik dengan menandai tiga orang temannya.

Dengan ide post and discount ini, maka secara ampuh menarik konsumen dan promosi gratis bisnis kamu, lho. Ide diskon menarik yang satu ini dipercaya dapat menambah awareness konsumen terhadap produkmu. Mau coba?

6. Cashback

Diskon cashback adalah diskon yang diberikan kepada konsumen dalam bentuk uang kembalian, bukan lagi potongan harga. Diskon cashback ini juga tidak kalah menarik dari ide diskon sebelum-sebelumnya. Apalagi, cashback tersebut kamu berikan dalam bentuk uang tunai. Siapa yang nggak tertarik?

7. Diskon untuk pembelian jumlah banyak

Last but not least, kamu bisa mencoba diskon untuk pembelian dalam jumlah banyak.

Strategi diskon yang satu ini bisa mendongkrak omzet penjualanmu juga. Pasalnya, pembelian produk bisa jadi lebih meningkat juga. Misalnya, kamu bisa menerapkan strategi harga grosir. Atau, kamu bisa menerapkan besaran grosir sesuai banyak barang yang dibeli. Misalnya, beli 5 barang, diskon 5%. Beli 10 barang, diskon 10%. Namun, perlu juga untuk memberi batasan maksimal diskon. Misalnya, maksimal 20%. Jadi, kalau ada yang memborong sampai 100 barang, bukan berarti diskon 100%, ya kan?

Baca juga: Cerdas Belanja Online agar Aman Terkendali Saat Pesta Diskon dan Promo

So, strategi ide diskon mana yang tertarik untuk kamu coba? Pastikan kamu sudah menghitung dengan cermat saat memberikan diskon, ya. Alih-alih mendapatkan keuntungan dari diskon, kamu malah buntung karna salah berhitung. Semoga bermanfaat!

Exit mobile version