5 Jenis Ikan Mas Hias Paling Diminati, Harga, dan Cara Perawatannya

Memelihara ikan di rumah menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki hewan peliharaan. Bahkan memiliki hobi ini bisa mengusir rasa jenuh karena aktivitas harian yang padat dan juga menjadi sarana menjaga kesehatan mental. Ada banyak jenis ikan yang populer dijadikan sebagai peliharaan, salah satunya ikan mas hias.

Kurang lebih 80% ikan hias berasal dari perairan air tawar dan sisanya dari perairan laut dan payau. Ikan mas sendiri masuk ke dalam kategori air tawar. Memang selama ini ikan mas dikenal sebagai jenis ikan yang dikonsumsi masyarakat, tetapi ada juga jenis ikan mas hias yang dipelihara sebagai koleksi.

Ikan mas sendiri sudah ada dan dipelihara sejak 2000 tahun lalu oleh masyarakat Tionghoa. Ikan ini dipandang sebagai simbol keberuntungan dan juga kemakmuran yang di masa itu hanya dimiliki oleh bangsawan.

Kini, ikan mas hias banyak dipelihara oleh pecinta akuarium. Jenis ikan mas yang terkenal adalah ikan mas koki. Ikan ini banyak dipelihara sebagai ikan hias karena bentuknya unik, kombinasi warna cantik dan harganya juga relatif terjangkau. Selain itu, cara perawatan jenis ikan ini pun tidaklah sulit.

Bagi yang ingin memelihara ikan mas hias, berikut ini jenis-jenisnya beserta harga yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membelinya.

Jenis Ikan Mas Hias dan Harganya

5 Jenis Ikan Mas Hias Paling Diminati

1. Ikan Mas Koki Lionhead

Bisa dikatakan ini adalah jenis ikan mas koki yang populer dipelihara oleh pencinta akuarium. Ikan mas koki lionhead berasal dari Asia, tampilannya unik dan harganya relatif terjangkau, sekitar Rp50 ribu untuk ukuran 5-7 cm.

Selain bentuknya yang unik, ikan ini memiliki gerakan yang tenang, anggun sehingga membuatnya nampak begitu elegan berada di akuarium. Ikan ini akan mencapai panjang kurang lebih 13 cm, dengan rata-rata masa hidup sekitar 10-15 tahun.

2. Ikan Mas Ryukin

Ikan mas ryukin berasal dari Jepang. Jenis ikan mas koki ini cukup populer karena bentuknya yang unik. Ciri khas dari ikan mas ryukin adalah tubuhnya pendek, memiliki punuk, serta mempunyai sirip yang lebar dan besar.

Waktu hidup ikan ini sekitar 10-15 tahun apabila dirawat dengan baik. Di pasaran, ikan mas ryukin dijual mulai dari Rp200.000 sampai Rp300.000. Tingkat harga tergantung dari ukuran, variasi warna, dan sirip. Apabila ikan mas ryukin memiliki warna cantik dan langka, akan dijual dengan harga lebih mahal.

3. Ikan Mas Koki Black Moor

Seperti namanya, ikan mas koki black moor memiliki ciri utama yakni warna tubuhnya hitam pekat dan memiliki bagian mata yang menonjol. Warnanya yang berbeda dari jenis ikan mas hias lainnya membuat ikan ini cocok untuk dipelihara di akuarium.

Ikan mas koki black moor termasuk kategori hewan omnivora yaitu bisa mengonsumsi daging dan tumbuhan. Beberapa pakan yang bisa diberikan seperti pelet, cacing darah, dan potongan sayur.

Karena keunikannya dari segi warna dan bentuk, ikan ini dijual agak mahal di pasaran. Mulai dari Rp200.000-Rp300.000 yang standar. Namun, apabila warna dan bentuknya lebih unik lagi maka harga bisa lebih mahal.

4. Ikan Mas Koki Komet

Bentuk dan warna dari ikan mas koki komet sama dengan ikan mas koki yang standar. Tapi, jenis ini harganya jauh lebih murah. Di pasaran menjual ikan ini mulai dari Rp5.000. Selain itu, perawatan ikan ini cukup mudah dan bisa diberikan berbagai jenis pakan.

Memelihara ikan ini sebaiknya di akuarium atau kolam yang luas. Panjang ikan ini pun bisa mencapai 12 inci. Apabila dipelihara dengan baik, umur ikan ini bisa mencapai 10-15 tahun.

Bagi pemula yang memulai hobi akuarium, jenis ikan ini bisa dijadikan pilihan.

5. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan ini tampilannya mirip balon. Dengan bentuknya yang unik, ikan mas hias ini populer di kalangan pecinta akuarium. Ikan mas koki bubble eye memiliki gumpalan seperti balon air di bagian bawah mata. Tampilan inilah yang membuatnya unik dibandingkan jenis lainnya.

Tapi, keunikan ini justru membuat ikan mas koki bubble eye sensitif terhadap benturan dan bisa menyebabkan infeksi. Warna ikan ini bervariasi mulai dari putih, kuning dan oranye dengan panjang 4-8 cm. Harga di pasaran mulai dari Rp135.000.

Baca juga: Panduan Awal Memulai Hobi Akuarium Ikan Laut Hias: Tips, Jenis Rekomendasi, dan Perawatan

Cara Merawat Ikan Mas Hias

Cara merawat ikan mas hias perlu diketahui dengan detail agar ikannya bisa tetap sehat, tidak mudah stres dan umurnya bisa panjang. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Menyiapkan Kolam atau Akuarium

Gunakan kolam atau akuarium dalam memelihara ikan mas hias. Ukuran yang besar akan memberikan ruang lapang bagi ikan untuk berenang dan juga bisa membantu menjaga kualitas air. Hindari memelihara ikan mas dalam tangki kecil karena bisa menyebabkan ikan menjadi stres dan pertumbuhan terbatas.

Periksa juga sistem yang efisien dan berfungsi baik dalam menjaga kebersihan di air kolam atau akuarium. Ada baiknya menyediakan penyaring sinar matahari agar ikan tidak terpapar secara langsung.

2. Perhatikan Kualitas Air

Ikan mas koki hias lebih menyukai air yang suhunya stabil yaitu antara 18-28 derajat celcius. Perhatikan juga keseimbangan pH, nitrit juga amonia dengan menggunakan alat ukur yang tepat. Kualitas air baik bisa menunjang kualitas hidup ikan agar tetap sehat dalam beraktivitas.

Selain itu, pastikan juga ikan mas memiliki rasio yang sebanding dengan jumlah air. Adapun volume air yang ideal antara 38-55 liter air setiap ekor. Artinya jika ingin menambahkan seekor akuarium, kamu harus menambahkan 38-55 liter air apabila volume air belum terpenuhi. Dengan rasio seimbang ini bertujuan agar air tidak mudah keruh yang bisa memengaruhi kesehatan dan mood ikan.

3. Rutin Mengganti Air Akuarium

Sangat penting mengganti air akuarium secara rutin. Seminggu sekali untuk setengah jumlah air akuarium dan sebulan sekali untuk mengganti seluruh air akuarium. Ketika penggantian seminggu, pastikan menuangkan air baru secara perlahan agar tidak merusak habitat ikan yang sudah ada.

4. Memberikan Makanan Seimbang

Cara agar nutrisi untuk ikan tetap terjaga dalah dengan memberikan makanan yang seimbang. Berikan makanan seperti pelet atau potongan makanan alami. Misalnya, cacing darah, sayuran segar seperti selada atau wortel parut dan larva nyamuk.

5. Menyediakan Ruang Persembunyian

Ikan mas hias adalah salah satu jenis ikan hias yang membutuhkan ruang persembunyian. Ruang ini digunakan sebagai tempat berlindung dan agar mereka merasa aman saat berada di akuarium. Walaupun aktivitas ikan mas tidak terlalu aktif seperti ikan jenis lainnya, tapi hadirnya ruang ini bisa mengurangi stres.

Baca juga: Mengenal Ikan Marlin, “Harta Karun” bagi Pehobi Mancing di Laut

Memelihara ikan mas hias butuh ketelatenan, terapkan lima cara di atas agar ikannya bisa terawat dengan baik dan sehat. Bagi pemula, tidak perlu buru-buru membeli yang banyak, tingkatkan secara bertahap ketika sudah bisa merawatnya dengan baik.

Exit mobile version