Infused Water: Minuman Sehat yang Populer untuk Detoksifikasi

JNEWS – Sempat populer beberapa tahun lalu, infused water masih terus dikonsumsi oleh sebagian orang karena dianggap sebagai minuman menyehatkan dan kaya akan manfaat. Cara pembuatan minuman sehat ini tergolong mudah. Bahan-bahannya pun tidak sulit untuk didapatkan.

Umumnya pembuatan minuman ini menggunakan irisan buah atau sayuran segar yang disukai. Irisan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam botol air minum atau tumblr. Agar lebih menyegarkan infused water kerap didinginkan di kulkas kurang lebih 1-12 jam. Hal tersebut dilakukan agar sari buah atau sayuran lebih menyatu dengan air.

Lantas bagaimana dengan irisan buah atau sayur tersebut?

Biasanya setelah didinginkan semalaman, buah atau sayur akan menjadi lembek. Banyak yang memilih untuk membuang dan lebih menikmati airnya saja.

Kapan waktu terbaik untuk minum infused water?

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya. Namun, untuk yang memiliki gangguan lambung, sebaiknya tidak minum di pagi hari karena minuman tersebut umumnya terbuat dari buah-buahan dengan rasa asam. Buah dengan rasa asam bisa memicu naiknya asam lambung dan membuat kondisi tubuh tidak nyaman.

Manfaat Utama Infused Water

Infused Water: Minuman Sehat yang Populer untuk Detoksifikasi

Dibuat dari campuran buah-buahan atau sayur, minuman ini mengandung beragam mineral, vitamin, antioksidan hingga elektrolit. Kandungan tersebut diklaim bisa mendatangkan berbagai manfaat terbaik bagi kesehatan. Berikut ini ulasan manfaat utama yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi infused water.

1. Detoksifikasi

Tubuh memiliki organ ginjal dan hati yang berperan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Racun dikeluarkan melalui keringat, urine dan feses. Dalam membantu merangsang mekanisme tersebut, disarankan untuk memperbanyak minum air putih serta mengonsumsi sayur dan buah.

Mengonsumsi infused water bisa membantu kinerja tersebut. Air tersebut bisa membuang racun berbahaya sekaligus menyeimbangkan kadar pH di dalam tubuh. Kendati demikian, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa air campuran buah atau sayur ini lebih baik untuk detoksifikasi tubuh dibandingkan air putih biasa.

2. Kesehatan Pencernaan

Infused water bisa meningkatkan kesehatan dari saluran pencernaan, menjaga pergerakan dari usus agar tetap teratur dan mencegah terjadinya dehidrasi. Minum air ini bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh harian akan air. Makanan pun akan mudah diproses dan diserap nutrisinya oleh tubuh. Kurang minum air akan mengakibatkan dehidrasi yang kemudian memicu terjadinya sembelit.

3. Menurunkan Berat Badan

Minum infused water bisa meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa lebih banyak kalori yang terbakar. Mengonsumsi 0,5 liter minuman ini sebelum makan bisa menurunkan berat badan sekitar 40%.

Tak hanya itu saja, minum infused water sebelum makan bisa mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis maupun minuman mengandung soda. Hal ini tentu saja akan sangat membantu mengurangi asupan kalori harian dan bisa memberikan efek penurunan berat badan.

4. Untuk Kesehatan Kulit

Banyak yang memilih buah seperti stroberi, lemon, jeruk, apel dan kiwi untuk campuran infused water. Alasannya buah-buah tersebut menyegarkan ketika diminum. Selain menyegarkan, kandungan dari buah tersebut kaya akan vitamin C dan antioksidan yang baik untuk tubuh termasuk kulit.

Vitamin C dan antioksidan sudah terbukti bisa membantu tubuh dalam memproduksi lebih banyak lagi kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit. Tak hanya itu saja, vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker, radang sendi dan jantung.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain menjaga kesehatan kulit, campuran berbagai buah dan sayuran di dalam minuman tersebut bisa memberikan asupan nutrisi baik dan membantu menjaga imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imunitas tubuh, aktivitas harian pun bisa berjalan lancar.

Baca juga: Teh Talua: Minuman Khas Sumatra Barat yang Unik dan Lezat

5 Resep Infused Water Mudah dan Menyegarkan

Infused water sangat mudah untuk dibuat. Tidak ada panduan khusus untuk campuran airnya. Jadi, bisa menyesuaikan dengan bahan yang ada di rumah. Umumnya air yang digunakan pun berkisar 0,5-1 liter.

Dikutip dari laman resmi Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk membuat infused water, bisa menggunakan botol minuman biasa atau botol khusus yang disebut dengan botol infuser (infuser bottle).

Berikut ini sejumlah resep infused water yang bisa dicoba di rumah. Selain menyegarkan, minuman ini bisa bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh.

1.    Resep Pir-Jeruk-Jahe

Bahan-Bahan:

Cara membuat:

  1. Campurkan buah dan rempah ke dalam air mineral.
  2. Diamkan maksimal 12 jam di dalam kulkas.
  3. Aduk dan saring. Buang pir dan jahe.
  4. Infused water siap untuk dinikmati.

2. Resep Timun dan Daun Mint

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Masukkan potongan buah timun ke dalam tumblr atau botol berisi air mineral,
  2. Masukkan daun mint.
  3. Diamkan 5-12 jam.
  4. Aduk dan saring. Buang timun dan daun mintnya.
  5. Siap untuk diminum

3. Resep Stroberi Mint

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Cuci stroberi dengan air mengalir sampai bersih lalu potong menjadi dua bagian.
  2. Siapkan gelas dan isi air, lalu masukkan stroberi dan tekan-tekan dengan sendok supaya sarinya keluar.
  3. Pindahkan air dari gelas ke dalam botol, tutup rapat.
  4. Simpan di lemari es 6-8 jam.
  5. Saring dan buang stroberi.
  6. Sajikan

4. Resep Infused Water Kurma

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Masukkan kurma ke dalam botol atau tumblr.
  2. Tambahkan air.
  3. Simpan di dalam kulkas 8-12 jam.
  4. Saring dan keluarkan kurma.
  5. Sajikan.

5. Resep Jeruk Santang dan Bunga Telang

Bahan-Bahan:

Cara Membuat:

  1. Potong kecil-kecil jeruk santang.
  2. Masukkan ke dalam botol jeruk dan bunga telang.
  3. Tambahkan air.
  4. Simpan di dalam kulkas 8-12 jam.
  5. Saring dan buang jeruk serta bunga telang.
  6. Sajikan.

Baca juga: Manfaat Kesehatan dari Teh Rosella: Lebih dari Sekadar Minuman

Mengonsumsi infused water memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, perlu diingat bahwa harus diimbangi juga dengan mengonsumsi protein, sayur, kacang-kacangan untuk kebutuhan harian tubuh. Apabila dalam mengonsumsi minuman tersebut mengalami gejala seperti pusing dan mual, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Exit mobile version