Ini 5 Keunggulan Program #TerusUsaha Milik Grab

Grab dukung UMKM Indonesia

Grab dukung UMKM Indonesia

Dukungan terhadap UMKM di Indonesia tak henti-hentinya mengalir. Selain dari pemerintah Indonesia sendiri, dukungan juga kerap mengalir dari pihak swasta, salah satunya adalah Grab. Perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online ini baru saja meluncurkan program #TerusUsaha.

Peluncuran program ini dilakukan melalui teleconference secara online beberapa waktu lalu. Dalam peluncuran tersebut turut hadir Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM) Victoria Simanungkalit, dan Staf Ahli Pengawasan Pajak Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti.

Adapun inisiasi ini sendiri diciptakan untuk bisa sejalan dengan program pemerintah, yakni Bangga Buatan Indonesia. “Grab memiliki teknologi dan jangkauan UMKM dalam kondisi new normal. Untuk itu, kami meluncurkan #TerusUsaha untuk digitalisasi UMKM Indonesia dan mendukung program #BanggaBuatanIndonesia,” jelas Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Lebih lanjut Neneng menyebutkan beberapa keunggulan yang bisa didapat oleh pelaku UMKN melalui #TerusUsaha ini, yang di antaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Ini Empat Dampak Positif Jika UKM Terhubung Ke Dunia Digital Menurut Facebook

Keunggulan Program #TerusUsaha Grab

1. Iklan Gratis dan Bazaar Online

Keunggulan yang pertama adalah para pelaku bisa mendapatkan layanan iklan gratis & bazzar online, di mana para pelaku UMKM dapat meningkatkan penjualannya. Layanan ini akan sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM yang baru bergabung dan ingin memperkenalkan produknya.

Hal ini karena layanan iklan itu berada di halaman awal atau depan di aplikasi Grab. Selain itu, fasilitas tersebut bukan hanya tersedia di aplikasi saja. Neneng mengatakan, pihaknya akan memberikan ruang beriklan kepada pelaku UMKM di media sosial dan saluran digital yang dimiliki oleh Grab.

2. Website khusus untuk UMKM

Keunggulan berikutnya adalah para pelaku UMKM ini mendapatkan fasilitas berupa website yang dirancang secara khusus untuk para pelaku UMKM yang bergabung. Para pelaku UMKM juga bisa memanfaatkan website tersebut untuk belajar tentang bagaimana caranya memanfaatkan dan mengembangkan usaha di dunia digital.

Menurut Neneng, ada tiga keunggulan dari website tersebut, antara lain pelaku UMKM bisa mendapatkan tips dan trik mengembangkan bisis, menampilkan inspirasi kisah sukses para pemiliki bisnis, serta kemudahan untuk bergabung dengan ekosistem Grab.

Baca Juga: Gurih dan Lezatnya Pempek Api Bu Aris, Bisa Pesan di PESONA JNE

3. Grab Akselerator UMKM

Keunggulan yang ketiga adalah kemampuan pelaku UMKM yang terpilih untuk mengikuti program pelatihan selama 2,5 bulan. Dalam pelatihan tersebut, pelaku UMKM akan mendapatkan tiga keunggulan, seperti competitive review, product review, dan konsultasi.

“Para pelaku UMKM bisa mengobrol secara langsung dengan para ahlinya. Dan para ahli dapat menilai produk dan memberikan solusi bagi para pelaku UMKM. Dan menurut kami, hal ini menjadi suatu yang penting dan sangat dibutuhkan oleh para pelaku UMKM,” ungkap Neneng.

4. Aplikasi GrabMerchant

Berikutnya adalah hadirnya aplikasi GrabMerchant. Aplikasi ini merupakan solusi satu pintu, mandiri, dan terintergrasi. Aplikasi ini dapat membantu pemilik UMKM untuk mengelola dan mengembangkan bisnis online.

Melalui aplikasi ini, pelaku UMKM bisa dengan mudah melakukan digitalisasi terhadap bisnis yang dimilikinya.

5. Kesempatan pendapatan anyar

Melalui program ini, Grab menilai bahwa ini dapat menjadi jawaban bagi kebutuhan masyarakat yang mengalami penurunan atau bahkan kehilangan penghasilan akibat pandemi Covid-19.

“Program terakhir adalah untuk menjawab permasalahan yang dialami oleh masyarakat Indonesia. Sebab selama pandemi, banyak sekali yang kehilangan perkerjaan. Kami membantu kepada rekan-rekan yang kehilangan pekerjaan dengan mendapatkan income dengan menjadi agen individu GrabKios,” pungkasnya.

Baca Juga: 4 Pilar Inisiatif Grab dalam Mendukung UMKM di Indonesia

Exit mobile version