Ini Caranya UMKM Naik Kelas, Jangan Standar Aja

 

Masa pendemi Covid-19 membuat banyak UMKM baru menjamur, karena itu kompetisi dibidang usaha mandiri ini juga berkembangan dengan pesat.

Dengan demikian, dituntut agar UMKM bisa berbenah diri agar bisa mengembangkan usahanya agar tidak terjebak dalam kondisi yang biasa atau standar saja.

Artinya, agar bisa sukses memasarkan produk, sebelum melangkah lebih jauh lagi para UMKM juga harus mempersiapkan internalnya. Ini juga menjad modal atau pondasi utama agar bisa naik kelas dan memperbaiki sektor ekonominya.

Nah, salah satu modal dasar UMKM agar bisa naik kelas adalah masalah legalitas usaha. Hal ini pun ternyata kerap diabaikan, padahal menurut Direktur Utama SMESCO Indonesia Leonard Theosabrata legalistas sangatlah penting dilakukan.

BACA JUGA : Masuk Jalur Digital, UMKM Olahan Kelapa Ini Makin Viral

Ilustrasi Izin Usaha
Ilustrasi Izin Usaha/ Dok.klik24.id

“Penghambat UMKM sulit naik kelas adalah kurangnya kesadaran atau keinginan untuk melegalkan usaha. Melagalkan itu sangat penting, makanya harus punya kesadaran dan keinginan, kalau tidak memiliki legal maka tidak akan naik kelas,” ujarnya secara virtual.

Menurut dia, selain legalitas, para pelaku UMKM yang tak berizin atau punya catatan data transaksi akan lebih sulit untuk maju. Hal tersebut sangat penting karena menjadi langkah awal untuk kejenjang berikutnya.

Pendampindan dan pelatihan juga dibutuhkan bagi pelaku usaha yang ingin naik kelas dan tidak dalam posisi standar-stadar saja. Untuk hal ini, SMESCO memiliki banyak program yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, mulai dari sharing, pelatihan, sampai pembinaan.

Semua acara tersebut digelar dan dikemas mengikuti materi-materi yang memang sekiranya dibutuhkan oleh pelaku usaha, baik yang baru merintis atau pun yang ingin melangkah lebih jauh lagi. Dengan mengukuti pelatihan tersebut, UKM juga akan mendapat banyak ilmu baru, bahkan tak menutup kemungkinan mendapatkan koneksi untuk meningkatkan usaha.

BACA JUGA : Buat UMKM Baru, Gini Caranya Bikin Izin

“Ada banyak webinar yang bisa diikuti. Webinarnya juga kami kemas dalam berbagai materi yang mengajarkan cara mengembangkan usaha ataupun banyak lainnya, pelatihannya juga bisa diikuti,” ucap dia.

Exit mobile version