Ini Jadwal dan Daftar Wilayah Migrasi TV Analog ke TV Digital Tahap 1

jadwal migrasi tv analog ke tv digital

Pemerintah tampak serius dan gencar dalam program migrasi siaran TV analog ke TV digital. Hal ini akan terwujud melalui rencana migrasi yang akan terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan mendatang. Buat kamu yang penasaran, kamu bisa cek jadwal migrasi TV analog.

Seperti diketahui, program Analog Sitch Off (ASO) Tahap 1 akan dimulai pada tanggal 30 April 2022 serentak di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh sampai Papua. Kemudian pada ASO Tahap 2 rencananya akan dilakukan pada 25 Agustus 2022, lalu dilanjutkan pada ASO Tahap 3 pada 2 November 2022.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Siaran TV Digital dan Keunggulannya

Namun, antara ASO 1 dengan ASO 2 dan 3 terdapat perbedaan dari segi jumlah wilayan. Pada ASO 1 jumlah wilayah yang akan dilakukan migrasi akan lebih banyak, dengan rata-rata daerah terdampak meliputi sebagian Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, sampai Papua.

Nantinya penghentian siaran analog dan peralihan ke TV digital pada ASO 1 mencakup 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran. Terkait pembangunan infrastruktur sendiri, beberapa waktu lalu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyebut pembangunan yang diselenggarakan secara multipleksing di wilayah ASO Tahap 1 sudah selesai.

“Analog Switch Off Tahap1 persentase kesiapan infrastruktur multipleksing sudah 100% dan siap dilaksanakan,” ujar Menkominfo.

Namun, infrastruktur di wilayah ASO Tahap 2 dan Tahap 3 terus dikerjakan seiring berjalannya waktu. Pemerintah menargetkan pekerjaan rumah tersebut dapat terselesaikan dua bulan sebelum suntik mati TV analog dilaksanakan di masing-masing tahapan.

Baca Juga: Ini Daftar Perangkat Set Top Box Tersertifikasi Kominfo

Pemerintah pun turut memberi bantuan berupa set top box TV digital gratis dengan total 3.203.854 perangkat yang sudah dibagikan kepada rumah tangga miskin. Adapun syarat untuk bisa mendapat bantuan set top box gratis ini hanya mereka yang memiliki KTP WNI, berada di wilayah terdampak ASO, dan punya TV analog di rumahnya.

Berikut ini dafta wilayah migrasi TV analog atau dihentikannya TV analog dan migrasi ke TV digital selambatnya 30 April 2022:

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Mendapatkan Set Top Box Gratis

Exit mobile version