Ini Rincian Kuota Gratis Kemendikbud yang Baru

bantuan kuota gratis kemendikbud atau kuota internet

Program pemberian kuota internet gratis untuk proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) mendapat apreasiasi dan tanggapan positif dari masyarakat. Karena itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun melanjutkan program tersebut, terhitung pada Maret 2021. Namun, ada sedikit perbedaan dibanding program sebelumnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, berbeda dari bantuan sebelumnya, subsidi kuota internet selama tiga bulan ke depan ini telah dilakukan perubahan. Adapun Nadiem menjelaskan bahwa modifikasi subsidi kuota internet dilakukan guna memaksimalkan penggunaan dari bantuan kuota internet Kemendikbud.

Baca Juga: Kemendikbud Lanjutkan Pemberian Kuota Internet Gratis, Cek Syaratnya

Karena itulah kami akan melanjutkan bantuan kuota internet ini selama tiga bulan ke depan. Tapi, ada sedikit perbedaan, kami mendengar dan masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas daripada penggunaan kuota internet tersebut,” kata Nadiem dalam keterangan resminya.

Nah, untuk mengetahui perubahan apa saja yang diberikan oleh Kemendikbud pada program kuota internet gratis kali ini, simak perbedaannya di bawah.

Rincian Kuota Gratis Kemendikbud 2021

Secara garis besar, perbedaan yang paling kentara dengan program sebelumnya adalah pada bantuan kali ini hanya ada Kuota Umum. Jadi tidak ada lagi Kuota Belajar seperti sebelumnya.

Nadiem menyebut bahwa Kupta Umum ini dapat dipakai untuk mengakses beberapa halaman dan aplikasi, kecuali:

“Artinya, bantuan kuota internet 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran,” kata Nadiem.

Berikut perbedaan bantuan kuota internet Kemendikbud sebelumnya dan yang bulan ini akan disalurkan:

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Bantuan kuota untuk Siswa PAUD mengalami oerubahan, di mana sebelumnya 20 GB yang terdiri dari 5 GB Kuota Umum dan 15 GB Kuota Belajar, sekarang menjadi 7 GB per bulannya.

Baca Juga: Dear Ibu, Bayar Sekolah Anak Kini Bisa Via OVO Lho!

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), pemerintah menyalurkan kuota internet 10 GB per bulan, dari yang sebelumnya 35 GB dengan rincian 5GB Kuota Umum dan Kuota Belajar 30GB.

3. Pendidik PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Guru dari mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA kesemuanya mengantongi total bantuan kuota internet Kemendikbud sebesar 42 GB, yang mana rinciannya Kuota Umum 5 GB dan Kuota Belajar 37 GB. Sekarang berubah menjadi 12 GB per bulannya

4. Mahasiswa dan Dosen

Sementara itu untuk mahasiswa dan dosen yang sebelumnya sama-sama menerima 50 GB di bantuan kuota internet dengan rincian Kuota Umum 5GB dan Kuota Belajar 45GB, sekarang hanya mendapatkan 15 GB per bulan.

Baca Juga: 3 Pilihan Paket Kuota Belajar Telkomsel

Exit mobile version