Ini Strategi Jadi Ortu Sigap untuk Anak Cerdas

Ini Strategi Jadi Ortu Sigap untuk Anak Cerdas

Educational pastime develop creativity skill in kid concept. Asian mother her small daughter lying on warm wooden floor in sunny cozy living room, mom teach girl paint use album and colourful pencils

Sejatinya setiap orang tua pastinya berkeinginan memberikan yang terbaik dalam membesarkan buah hati, sehingga bisa menjadi anak cerdas. Namun, masing-masing orang tua memiliki cara didik yang berbeda-beda.

Teladan atau contoh baik yang diajarkan orang tua dapat menjadi bekal dan panutan ideal dalam membangun karakter anak. Terlebih membesarkan anak di zaman modern seperti saat ini. Di mana orang tua dituntut dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman dan kedekatan dengan anak makin terbangun.

Setiap orang tua tentu menginginkan anak nya dapat tumbuh menjadi pribadi yang cerdas, sopan, bertanggung jawab, dan lainnya. Melalui siaran persnya, Shopee membagikan tips mendidik buah hati agar tumbuh berkembang sebagai anak yang mandiri.

Baca juga: Edukasi Orang Tua Soal Tumbuh Kembang Anak, Wahid Foundation Luncurkan Aplikasi Cilukbalita

Membiasakan anak untuk bertanggung jawab melalui hal-hal kecil

Tidak selamanya kebutuhan Si Kecil akan dipenuhi oleh orang tua. Sebelum beranjak dewasa, anak harus dibiasakan dapat memenuhi kebutuhan dan memastikan kelancaran kegiatan mereka sehari-hari dengan memberikan tanggung jawab terhadap hal-hal yang kecil.

Ayah dan Bunda dapat memberikan tugas-tugas sederhana yang bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari yang sering mereka lakukan, seperti merapikan mainan setelah bermain, memilih pakaian yang ingin dipakai, maupun membersihkan kamar sendiri.

Memberi penghargaan atau konsekuensi dengan kasih sayang

Sedari kecil berikan pemahaman kepada anak bahwa setiap perbuatan yang ia lakukan memiliki konsekuensi. Berikan arahan kepada Si Kecil dan jangan takut untuk menegur atau memberikan sanksi kepada anak bila ia melakukan tindakan yang menyimpang.

Arahkanlah dengan bahasa yang sopan, tutur kata yang lembut, dan hindari pemilihan kata yang terkesan seperti ancaman, ya!

Baca juga: Ajak si Kecil Berakivitas dengan 5 Rekomendasi Koleksi Mainan Terbaru dari ELC

Dengan memberikan kasih sayang termasuk pujian atau penghargaan jika anak melakukan perbuatan yang baik, tentu dapat menanamkan memori yang indah pada anak.

Sesekali memberikan hadiah ketika mendapat nilai bagus di sekolah juga bisa menjadi salah satu momen spesial yang bisa menambah kedekatan dengan anak.

Mencoba hal baru agar percaya diri

Tentu wajar untuk orang tua memiliki kekhawatiran kepada buah hati, namun jangan sampai ini justru mengekangnya dan menjadi penakut, ya! Biasakan Si Kecil untuk berani mencoba dan melakukan kegiatan sendiri yang bisa dimulai dari hal-hal kecil agar anak lebih percaya diri.

Misalnya, sikat gigi dan memakai baju sendiri, mengambil mainan nya sendiri, hingga tidur sendiri. Jika Si Kecil sudah dibiasakan untuk mandiri sejak kecil, ini pun akan membantu Ayah dan Bunda untuk bisa memiliki me-time maupun bepergian ke luar dengan lebih tenang.

Bermain sambil belajar

Salah satu kegiatan yang bisa menambah kedekatan dan keakraban dengan sang buah hati tentunya dengan menghabiskan waktu bersama. Ayah dan Bunda juga bisa semakin memahami anak dan mengetahui tahap perkembangannya.

Baca juga: 5 Tips Maksimalkan Potensi Buah Hati ala Dokter Anak
Agar aktivitas bermain dapat ikut membantu mengoptimalkan dan merangsang perkembangan sang buah hati, carilah kegiatan dan permainan yang dapat membantu anak belajar dan mengasah otaknya, seperti menyusun balok, flash card, role play dengan boneka, buku mewarnai, dan puzzle.

Exit mobile version