Inilah Tiga Tren Belanja Online Selama Pandemi Covid-19

Konsumen 50 Tahun Keatas Mulai Terbuka Bayar Lewat Digital

Shopee melihat adanya peningkatan pembayaran digital, salah satunya peningkatan di kalangan usia lebih dari 50 tahun. Social distancing dan work from home sedikit banyak mengubah gaya hidup konsumen di Indonesia. Karena tidak bisa kemana-mana, mereka “terpaksa” nyebur ke pembayaran digital untuk belanja. Baik belanja kebutuhan harian, hingga tersier.

BACA JUGA: Kenali 5 Jenis E-Commerce Ini.

Menurut platform e-commerce Shopee, semakin banyak masyarakat Indonesia memilih opsi pembayaran digital dalam memenuhi kebutuhan harian secara ​online, ​khususnya di tengah situasi pandemi.

Buktinya, lebih banyak orang menggunakan pilihan pembayaran seperti kartu kredit, transfer bank, dan ShopeePay untuk transaksi pembayaran. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Ini juga sesuai laporan Boston Consulting Group, yang menyebut bahwa wabah Covid-19 dan dampaknya yang diperkirakan akan mendorong lebih banyak rumah tangga di Asia Tenggara untuk menerapkan pembayaran digital.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menilai, 2020 membawa perubahan yang signifikan dalam cara hidup, bekerja, dan berbelanja ​online di tengah masyarakat.

”Sejalan upaya ​physical distancing,​ kami melihat kecenderungan masyarakat dalam menerapkan pembayaran digital,” bebernya.

BACA JUGA: Pilih Jasa Kurir Saat Banting Setir ke Toko Online

Adapun Shopee mencatat 3 hasil perubahan pada tren pembayaran digital di Indonesia:

50 Tahun Keatas Mulai Belanja Online

Ternyata ada peningkatan pembayaran digital di antara pengguna berusia lanjut.

​80% jumlah total pembelian menggunakan pembayaran digital, dilakukan oleh pengguna antara usia 18 hingga 34 tahun. Namun, pengguna yang lebih tua juga mulai mengadopsi metode pembayaran digital saat berbelanja ​online​.

Sebanyak 45% jumlah transaksi menggunakan ShopeePay yang digunakan oleh pengguna Shopee di atas usia 50 tahun.

Ini penting karena pengguna yang lebih tua cenderung lebih sulit untuk beradaptasi dengan pembayaran digital. Tren ini sekaligus menunjukkan kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan ShopeePay dan kepercayaan yang telah dibangun oleh pengguna.

Pria Lebih Suka Bayar Digital

Penerapan pembayaran digital oleh pria lebih tinggi daripada wanita. Rupanya pria semakin menghargai kenyamanan dan keamanan dari metode pembayaran digital.

Selama setahun terakhir, tercatat pertumbuhan pembayaran digital sebanyak 35% lebih tinggi untuk pria dibandingkan wanita.

Transaksi Warga Urban Lebih Tinggi

Kota-kota seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Timur memiliki penerapan pembayaran digital tertinggi.

Kota-kota besar yang merupakan pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia memiliki konektivitas yang lebih baik dan infrastruktur TIK yang lebih maju.

Individu di kota-kota ini juga memiliki penetrasi ​smartphone ​yang lebih tinggi, yang berkontribusi pada adopsi pembayaran digital.

BACA JUGA: 5 Wisata Gunung di Pulau Jawa untuk Keluarga

Exit mobile version