Instagram Hadirkan Opsi Akun Privat bagi Pengguna Remaja

fitur Instagram Reels

Pada, Rabu (28/7) kemarin, Instagram mengumumkan beberapa pembaruan yang lebih aman dan privat bagi pengguna remaja. Pembaruan ini dilakukan Instagram keseimbangan ideal dalam fitur dan layanan yang disukai anak-anak muda.

Beberapa pembaruan tersebut antara lain menerapkan pengaturan bawaan (default setting) menjadi akun privat bagi pengguna remaja. Lainnya berupa mempersulit akun-akun yang mencurigakan dalam menemukan pengguna remaja. Juga membatasi pilihan bagi pengiklan dalam menjangkau pengguna remaja dengan iklan mereka.

Akun privat dianggap menjadi solusi terbaik untuk mencegah pengguna remaja berinteraksi dengan orang dewasa. Karena itu mulai minggu ini, pengguna Instagram di bawa 16 tahun akan mendapat pengaturan bawaan. Sehingga akun mereka menjadi privat saat bergabung. Akun privat

BACA JUGA : Tips Membuat Instagram Bisnis Bagi UKM

Sebagai catatan, pengguna remaja mendapat pilihan untuk memiliki akun publik atau privat saat mendaftar ke Instagram. Sebelum itu, Instagram melakukan penelitian terlebih dulu untuk mengetahui respons pengguna remaja. Dan hasilnya pengguna remaja lebih memilih akun privat.

Menurut Senior Vice President, Tren Global | Dubit David Kleeman, menjelaskan dalam rilis tertulis, sebagian besar platform saat ini membatasi usia minimum pengguna adalah 13 tahun. Tapi pembatasan tersebut tidak dibarengi dengan fitur khusus yang memungkinan remaja siap melek media. Dengan pengaturan bawaan yang menjadikan akun privat bagi pengguna di bawah 16 tahun, menghadirkan kenyamanan bagi pengguna remaja. Selain itu juga bisa mengembangkan hal-hal positif yang berkaitan dengan dunia digital di kemudian hari.

Pembaruan lain yaitu pembatasan akun remaja ditemukan orang dewasa juga menjadi langkah besar mencegah interaksi yang tidak diinginkan. Instagram mengembangkan teknologi baru yang memungkinkan mencegah akkun berpotensi mencurigakan berinteraksi dengan pengguna remaja. Berpotensi mencurigakan di sini adalah akun orang dewasa yang baru dibloki atau dilaporkan oleh penngguna remaja lainnya.

Dengan teknologi ini, akun pengguna remaja tidak lagi ditampilkan di Jelajah (Explore), Reels, atau Account Suggested For You. Selain itu pembaruan ini juga memungkinan orang dewasa untuk melihat atau berkomentar di akun remaja. Instagram pun berkomitmen untuk terus berinovasi dalam menerapkan teknologi ini di fitur lainnya.

BACA JUGA : Travel: Menguak Sisi Lain Misteri Kehidupan Suku Baduy Dalam

“Saya menghargai kebijakan baru Instagram untuk menerapkan pengaturan bawaan akun privat bagi pengguna yang menyatakan mereka berusia di bawah 16 tahun. Kami secara rutin menyarankan para remaja untuk mengatur semua profil media sosial mereka ke akun privat, sehingga mereka memiliki kontrol yang lebih baik atas siapa yang dapat melihat konten postingan mereka. Menerapkan akun privat pada pengaturan bawaan merupakan langkah yang tepat bagi anak remaja sehingga mereka dapat menjelajahi batasan-batasan konten yang ingin mereka bagikan dan kepada siapa mereka membagikan konten tersebut,” kata Co-director Cyberbullying Research Center Justin Patchin.

Instagram juga membuat perubahan pada cara pengiklan menjangkau anak muda. Dalam beberapa minggu ke depan, Instagram hanya akan mengizinkan pengiklan untuk menargetkan iklan kepada anak-anak berusia di bawah 18 tahun.

Ini menandakan bahwa opsi penargetan yang sebelumnya tersedia, seperti target berdasarkan minat atau aktivitas di aplikasi dan situs web lain, tidak akan tersedia lagi bagi pengiklan. Perubahan ini akan tersedia secara global dan berlaku untuk Instagram, Facebook, dan Messenger. Instagram percaya dengan menampilkan iklan yang relevan kepada pengguna, mereka dapat menemukan dan membeli produk yang menarik bagi mereka.

Ketika pengguna berusia 18 tahun, Instagram akan mengirimkan notifikasi kepada mereka mengenai opsi penargetan iklan yang dapat digunakan para pengiklan untuk menjangkau mereka, serta fitur-fitur Instagram yang tersedia untuk mengontrol pengalaman iklan mereka. Jika Anda seorang pemilik bisnis dan ingin mempelajari informasi lebih lanjut mengenai hal ini, kunjungi Pusat Bantuan Instagram.

BACA JUGA : Travel: Menguak Sisi Lain Misteri Kehidupan Suku Baduy Dalam

Instagram ingin anak remaja merasa nyaman dalam menggunakan Instagram dengan terus memastikan privasi dan keamanan mereka. Instagram akan terus mendengarkan mereka, orang tua, pembuat kebijakan, serta para pakar untuk membangun layanan yang sesuai bagi anak remaja dan dipercaya oleh para orang tua.

Exit mobile version