Capture the Magic: 10 Instagrammable Place in Jogja City Center

Instagrammable place in Jogja itu cukup banyak. Namun belum lengkap jika belum memiliki foto-foto yang berlokasi di pusat kota Jogja yang berkonsep sumbu filosofi. Dikutip dari laman Pemerintah Kota Yogyakarta, sumbu filosofi adalah konsep tata ruang sebagai perwujudan daur hidup manusia, yang direpresentasikan dengan bangunan-bangungan ikonik.

Daur hidup manusia itu terdiri dari kelahiran (Panggung Krapyak), pernikahan atau kedewasaan (Kraton Yogyakarta) dan kembali pada pencipta (Tugu Pal Putih). Namun karena letak Panggung Krapyak yang jauh di selatan, umumnya wisatawan memaksimalkan spot antara Kraton dan Tugu Pal Putih. Di antara kedua tempat itu saja sudah merupakan deretan instagrammable place in Jogja yang akan menghasikan foto-foto mengesankan.

10 Instagrammable Place in Jogja City Center

Penggemar fotografi sudah memiliki insting yang tajam dalam mencari instagrammable place in Jogja. Sedangkan wisatawan umum perlu diberi beberapa rekomendasi agar tidak pulang dengan foto seadanya.

Berikut adalah 10 instagrammable place in Jogja.

instagrammable place in jogja

1. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata utama di Jogja. Semua sudutnya menarik untuk latar belakang foto. Ada beberapa spot di dalam Kraton yang mungkin luput dari perhatian pengunjung.

Umumnya pengunjung berfoto di Sitihinggil menggunakan tangga bagian depan kraton sebagai latar belakang. Coba juga untuk memutar posisi dengan berdiri di tangga paling atas dan menghadap Sitihinggil. Usahakan berdiri tepat di tengah agar memiliki latar belakang sumbu filosofi, yaitu seakan lurus menembus Alun-alun Utara hingga Jalan Malioboro. Posisi memotret seperti ini juga bagus meski tanpa model.

Jika jalan-jalan di Kraton Yogyakarta, sebaiknya menggunakan jasa pemandu wisata agar paham semua kisah mengagumkan di sana. Pemandu wisata di Kraton mengenakan baju adat Jawa yang menarik dijadikan model foto atau diajak foto bareng.

Baca juga: Obelix Hills Yogyakarta: Destinasi Viral untuk Nikmati Sunset

2. Titik Nol

Berfoto di sekitar bulatan-bulatan atau bollard di Titik Nol memang menarik. Coba juga sudut pandang lain dengan memanfaatkan gedung BNI sebagai latar belakang. Gedung yang merupakan peninggalan zaman Belanda ini akan kelihatan menarik di foto. Dengan pengambilan gambar yang estetik, hasilnya akan tampak seperti di kota tua Eropa.

3. Teras Malioboro 1

Bangunan yang belum lama berdiri untuk menampung pedagang kakilima ini langsung viral berkat spot ikonik yang sengaja dibuat sebagai latar belakang foto bertuliskan “Jogja terbuat dari rindu, pulang dan angkringan”. Saat ini ada patung kuda di gerbang masuknya dengan tulisan “Teras Malioboro” yang bisa dijadikan spot foto. Tak lama lagi Teras Malioboro 2 yang sedang dibangun di bekas lahan gedung DPRD DIY akan menjadi ikon baru.

4. Benteng Vredeburg

Saat ini Benteng Vredeburg digunakan sebagai museum dan tempat berbagai kegiatan komunitas. Umumnya pengunjung berfoto tepat di depan pintu masuk saja. Cobalah untuk masuk ke dalam karena banyak lorong-lorong dan lengkungan-lengkungan tiang khas bangunan Belanda yang estetik untuk latar belakang foto. Pengunjung juga dapat mengambil foto di halaman dalam, di tengah-tengah deretan pepohonan.

5. Istana Negara Yogyakarta atau Gedung Agung

Museum Kepresidenan yang terletak di kompleks Istana Negara Yogyakarta ini sempat dibuka untuk umum, tetapi sekarang sedang dalam tahap renovasi. Berfoto dengan latar belakang gedung-gedung di sini akan memberikan nuansa heroik.

Jika beruntung, wisatawan dan warga tetap bisa masuk seperti ketika Presiden Joko Widodo melaksanakan salat Iduladha 2023 lalu. Di halaman depan ada gazebo dan arca gupala yang bisa menjadi latar belakang foto. Jika tidak, pengunjung bisa berfoto di depan pintu pagar dengan berbagai sudut pengambilan foto.

6. Pasar Beringharjo

Pasar Beringaharjo bisa saja menjadi instagrammable place in Jogja asal bisa merangkainya menjadi kisah menarik dari aktivitas ekonomi warga Jogja. Beberapa spot unik di Pasar Beringharjo antara lain pintu gerbang, lorong lantai bawah, los mainan, los kerajinan di lantai 3 dan los kuliner. Contohnya, berfoto sambil menunggu sate gajih dibakar. Peralatan yang sederhana dan asap yang mengepul akan menghasilkan foto yang unik.

7. Jalan Malioboro

Jangan lupa untuk berfoto di sepanjang Jalan Malioboro. Sebenarnya wisatawan tidak perlu mengantre di plang yang bertuliskan “Jl. Malioboro” yang ada di seberang Hotel Inna Garuda. Pasalnya, di sepanjang tersebut ada beberapa plang yang sama, yaitu di depan Plaza Malioboro, depan Gapura Pajeksan, dan ujung utara Jalan Malioboro.

Wisawatan juga bisa mendapatkan foto yang instagrammable sekaligus romantis dengan duduk di bangku-bangku yang disediakan di sepanjang jalan tersebut. Yang akhir-akhir ini disukai wisatawan adalah berfoto mengenakan baju adat Jawa di plengkung yang ada di depan Kantor Gubernur DIY. Sebenarnya sebagian bangunan di Jalan Malioboro adalah bangunan lama yang menarik untuk dijadikan latar balakang.

8. Parkiran Abu Bakar Ali

Untuk memotret di sini, baik dengan model maupun tidak, perlu usaha lebih karena hasil foto paling instagrammable bisa didapatkan di lantai paling atas ketika sore hari. Beberapa wisatawan bisa mendapatkan foto yang bagus di malam hari namun menggunakan perangkat yang lebih memadai. Jika ingin berfoto di sini, pastikan kondisi aman.

9. Stasiun Tugu

Spot yang paling disukai wisatawan adalah di depan tulisan “Stasiun Yogyakarta”. Namun sebenarnya banyak spot menarik di sekitar Stasiun Tugu. Di pintu timur atau keberangkatan, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang pintu stasiun yang ikonik. Namun pintu timur hanya tempat drop off, kendaraan tidak boleh parkir di sini.

Sedangkan di pintu selatan atau kedatangan, ada gerbong kereta api lama yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto.  Antara pintu timur dan selatan, tepatnya di Jalan Pasar Kembang, terdapat area Slasar Malioboro yang berisi toko-toko dengan arsitektur unik dan berhiaskan lampu-lampu artistik. Kawasan ini wajib dikunjungi oleh pemburu foto yang instagrammable.

10. Tugu Yogyakarta atau Pal Putih atau Golong Gilig

Monumen ini merupakan pusat keramaian sekaligus ikon utama Yogyakarta. Sayang, saat ini Tugu dikelilingi pagar besi yang tidak menunjang estetika. Pemkot masih memikirkan pengganti pagar tersebut agar wisatawan tidak membahayakan diri karena Tugu berada di tengah lalu-lintas yang ramai.

Usaha yang bisa dilakukan untuk mendapatkan foto yang bagus antara lain dengan mengambil jarak yang agak jauh dari Tugu atau memotret dari lantai atas kafe di sekitar Tugu. Wisatawan juga bisa berpose duduk di dekat diorama Tugu Golong Gilig yang ada di salah satu sudut jalan sekitar Tugu.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Jogja Kekinian yang Harus Didatangi bareng Keluarga

Itulah instagrammable place in Jogja yang wajib dikunjungi. Pilih waktu yang tepat untuk mengabadikan pusat kota Jogja ini agar tidak terlalu banyak wisatawan lain yang masuk dalam frame sehingga mengganggu keindahan foto.

Exit mobile version