Intip Profil 6 Wasit Wanita Piala Dunia 2022

profil wasit wanita Piala Dunia 2022

Ada yang berbeda dalam wasit Piala Dunia 2022 di Qatar, yakni hadirnya wasit wanita. Kehadiran wasit wanita ini pun menjadi yang pertama dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Lantas, siapa saja wasit wanita Piala Dunia 2022?

Beberapa waktu lalu FIFA resmi merilis daftar 129 wasit yang akan bertugas di ajang World Cup 2022 Qatar. Jumlah wasit tersebut terdiri dari 36 wasit utama, 69 asistem wasit, dan 24 petugas Video Assistant Referee (VAR).

Meski didominasi oleh kaum pria, enam wasit Piala Dunia 2022 di antaranya ada yang berjenis kelamin perempuan. Tiga orang menjadi wasit utama dan tiga lainnya menjadi asisten wasit.

Nah, daripada berlama-lama, simak nih enam wasit wanita Piala Dunia 2022!

1. Stephanie Frappart (Perancis/wasit utama)

Lahir pada 14 Desember 1983, Stephanie Frappart rupanya telah masuk ke dalam daftar wasit FIFA internasional sejak 2009 dan menjadi wasit pertama di Prancis, bahkan yang pertama di Eropa. Stephanie sendiri telah menjadi wasit sejak usia 13 tahun. Kiprahnya sebagai wasit telah menoreh berbagai macam prestasi dan pengalaman. Seperti misalnya menjadi wasit divisi ketiga di Prancis, sebelum akhirnya melangkah ke Ligue 2 dan Ligue 1. Stephanie sendiri pernah memimpin pertandingan Piala Dunia Wanita pada 2015 di Kanada.

2. Salima Mukansanga (Rwanda/wasit utama)

Berasal dari Rwanda, Salima Mukansanga akan bergabung bersama Stephanie sebagai wasit utama. Wanita kelahiran 25 Juli 1988 sebenarnya memiliki kecintaan yang besar terhadap bola basket dan bahkan bercita-cita untuk menjadi pemain bola basket. Namun, karena kesulitan akses dan sebagainya, Salima pun akhirnya berpaling ke sepak bola.

Awal mula kipra Salima terjadi pada akhir 2008, dimana dirinya memimpin pertandingan di liga divisi dua putra dan putri teratas. Baru pada 2018 dirinya mendapat promosi ke liga utama pria dan menjadi wasit yang memimpin laga Piala Afrika untuk pertandingan Zimbabwe vs Guinea pada Januari 2022 lalu.

3. Yoshimi Yamashita (Jepang/wasit utama)

Dari benua Asia ada Yoshimi Yamashita yang juga didapuk menjadi salah satu wasit wanit Piala Dunia 2022. Wanita kelahiran 20 Februari 1986 ini telah malang melintang di dunia perwasitan sejak lama. Bahkan dirinya pernah ditunjuk memimpin pertandingan di Piala Dunia Wanita 2019 dan Olimpiade Tokyo 2020.

Selain pernah memimpin pertandingan sepak bola wanita, Yamashita juga pernah memimpin pertandingan sepak bola pria dalam kompetisi di J-League hingga pertandingan tingkat Asia, yakni AFC Champions League.

Baca Juga: Deretan Pemain Bola Absen Piala Dunia 2022

4. Neuza Back (Brasil/asisten wasit)

Nama Neuza Back di dunia persepakbolaan mungkin sudah tidak asing lagi, terutama bagi kamu yang sering mengikuti liga Brasi. Ya, Back kerap menghiasi sejumlah pertandingan di liga Brasil. Di samping piawai dalam membawakan pertandingan, Back juga populer di kalangan pria karena memiliki paras yang cantik.

Wanita kelahiran 11 Agustus 1984 ini tercatat memiliki lebih dari 62 ribu followers di akun Instagram-nya. Di samping menjadi wasit di liga Brasil, dirinya pernah dipanggil untuk berlaga di Olimpiade 2020 Tokyo.

5. Karen Diaz Medina (Meksiko/asisten wasit)

Nasib tidak ada yang tahu. Siapa sangka jika mantan pegawai di sebuah kedai kopi ini ternyata menjadi salah satu wasit wanita Piala Dunia 2022? Wanita kelahiran 10 November 1984 ini merupakan wasit dari Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF).

Sejumlah turnamen telah ia hadapi, seperti misalnya Kejuaraan Wanita U-17 di Managua, liga Concacaf Scotiabank, hingga Kejuaraan U-20 pria di Bradenton Florida. Sementara untuk kiprah internasional, Karen pernah bertugas saat Kualifikasi Olimpiade Wanita 2020 di Houston, Texas.

6. Kathryn Nesbitt (Amerika Serikat/asisten wasit)

Profesi boleh wasit, tapi Kathryn Nesbitt sejatinya merupakan seorang ahli kimia. Selama 10 tahun dirinya melakukan penelitian di sebuah lab di Towson University, Baltimore. Hingga pada 2019, Kathryn pun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaannya sebagai asisten profesor kimia dan beralih menjadi wasit.

Kathryn sendiri lebih sering menjadi wasit dalam liga sepak bola profesional Amerika Serikat dan Kanada, yakni Major League Soccer (MLS). Dirinya telah terdaftar menjadi wasit internasional FIFA sejak 2016 dan telah memimpin sejumlah pertandingan, di antaranya Piala Dunia Wanita U17 2016, Piala Dunia Wanita U-20 2019, dan dua pertandingan Piala Dunia Wanita 2019.

Baca Juga: Daftar Negara Babak Group Piala Dunia 2022

Exit mobile version