10 Hotel dan Penginapan Nyaman di dekat Jalan Braga Bandung

JNEWS – Jalan Braga adalah sebuah ruas jalan yang ikonik di Bandung, Jawa Barat. Banyak bangunan peninggalan kolonial yang direvitalisasi menjadi tempat usaha dengan desain vintage. Di sepanjang jalan ini terdapat pedestrian yang selalu ramai dengan wisatawan. Braga merupakan lokasi foto wajib jika berkunjung ke Bandung.

Dikutip dari laman Kota Bandung, asal-usul nama Braga ada 3 pendapat, yaitu dari penulis dengan nama Theotila Braga, dari bahasa Jerman ‘Bragi’, serta dari kata Baraga yang artinya jalan di tepi sungai, dalam hal ini Sungai Cikapundung.

10 Hotel dan Penginapan Dekat Jalan Braga Bandung

Selain perbedaan pendapat tentang asal-usul nama Braga, ada pula pendapat bahwa dahulu jalan tersebut merupakan jalan pedati berlumpur bernama Karrenweg atau Pedatiweg. Jalan ini menghubungkan gudang kopi milik Andreas de Wilde (Balai Kota Bandung) dan Jalan Raya Pos / De Groote Postweg  (Jalan Asia Afrika).

Kini, Braga merupakan kawasan dengan banyak atraksi wisata. Lokasi ini juga menjadi pilihan lokasi hotel terbaik ketika berada di Bandung. Berikut adalah 10 hotel dan penginapan dekat Jalan Braga dari utara ke selatan, yang sebagian mengikuti rute Pedatiweg.

Jalan Braga Grand Dafam Braga Bandung
Sumber: Instagram @granddafam.braga

1. Grand Dafam Braga Bandung

Keistimewaan hotel bintang 4 ini adalah terletak di pusat keramaian dan menyambung dengan Mal Braga City Walk sehingga tamu hotel dapat keluar dan masuk mal dari pintu hotel. Selain itu, terdapat tipe kondotel untuk keluarga. Tipe kondotel ini terdiri atas lebih dari satu kamar dalam satu ruangan.

Untuk tipe kondotel tersedia perlengkapan memasak, menu sarapan berlimpah, dan ada kolam renang standar. Harga kamar biasa sekitar Rp750.000 hingga Rp1.000.000. Sedangkan tipe kondotel tarifnya Rp1.300.000 hingga Rp3.300.000 juta.

Baca juga: 7 Oleh-Oleh Khas Bandung Makanan Kekinian yang Viral dan Wajib Dibawa Pulang

2. favehotel Braga Bandung

Hotel bintang 3 ini berada di dalam Braga City Walk. Tamu dapat parkir di basement dan gratis. Tapi jangan lupa minta cap kartu parkir di resepsionis. Hotel ini termasuk budget hotel, semua yang dibutuhkan tersedia dan bersih. Yang lebih penting, keluar dari hotel langsung bisa mengakses Jalan Braga. Harga kamar mulai Rp419.000.

3. Gino Feruci Braga Hotel

Gino Feruci adalah hotel berbintang 4 yang memiliki view langsung ke Braga dari atas. Di lantai 5, terdapat kolam renang kecil dan besar yang bersih dan enak untuk bersantai bersama keluarga. Tamu dapat menikmati sunrise, sunset, dan pemandangan Kota Bandung dari tepi kolam renang. Harga kamar mulai dari Rp577.282. Fasilitas dalam kamar lengkap dan suasananya nyaman.

4. Gas Inn at Gasblock Braga

Gas Inn ini unik karena menempati Gedung Gas Negara dan menyatu dengan kafe di kompleks Gasblock. Bagian depan Gasblock terlihat megah lantaran merupakan peninggalan kolonial yang disangga dengan kolom-kolom besar. Situasi tempo dulu sangat terasa sehingga tempat ini merupakan spot foto yang menarik di Braga.

Bagian dalam juga masih utuh seperti zaman kolonial hanya ada penambahan dan perangkat elektronika modern, termasuk shower untuk mandi dengan air panas dan dingin. Untuk parkir kendaraan melewati pintu belakang yang terletak di Jalan Morce.

Sumber: Instagram @debragabyartotel

5. de Braga by Artotel

Hotel bintang 4 ini berdesain minimalis modern yang terlihat bersih dan fresh, baik di lobi maupun di dalam kamar. Orang muda pasti suka. Letaknya ada di belakang Sarinah, bahkan tempat sarapannya juga terkesan santai. Di lantai atas terdapat kolam anak-anak dan dewasa. Ada pula gazebo kecil untuk tempat selonjoran menikmati udara sore Bandung. Harga kamar mulai Rp660.774.

6. Kimaya Braga Bandung by HARRIS

Hotel bintang 4 ini memiliki beberapa tipe kamar, termasuk family from, KAA view, dan Braga view. Bangunannya luas dan tampak seperti bangunan lama yang telah direvitalisasi dengan banyak penambahan interior dan eksterior. Area umum hotel ini ramah difabel. Sementara area parkirnya juga luas hingga beberapa tingkat.

Fasilitas kamar lengkap dan tersedia kolam renang untuk anak-anak. Ketika malam tiba, tamu hotel dapat berjalan-jalan di sekitar hotel. Harga kamar mulai Rp805.000.

7. Hotel Savoy Homann Bandung

Hotel bintang 4  ini sangat terkenal dan bersejarah karena merupakan hotel pertama di Jalan Braga. Savoy artinya megah, dan Homann adalah nama pemilik pertama hotel ini. Charlie Chaplin pernah menginap di sini tahun 1927 sehingga fotonya dipajang di atas piano tempatnya menari. Di lobi ada Golden Book yang berisi tanda tangan para tamu KAA 1955.

Meski bangunan lama, hotel tetap tampak megah dan mewah karena sudah beberapa kali direnovasi. Posisinya tidak tepat di Jalan Braga melainkan di ujung selatan jalan ini, yang sudah masuk Jalan Asia Afrika. Harga kamarnya mulai Rp670.502.

8. Grand Hotel Preanger

Tak jauh dari Savoy Homann di Jalan Asia Afrika, terdapat Grand Preanger. Hotel ini berdiri tahun 1897 dengan nama Hotel Preanger dan menjadi Grand Hotel Preanger tahun 1920. Chaplin bersaudara juga pernah mampir ke sini tahun 1932.

Hotel Preanger ini besar, megah dan mewah. Tanda-tanda peninggalan Hindia-Belanda masih terlihat, namun fasilitas hotel sudah modern. Di sini juga memiliki kolam renang yang cukup besar. Sebagai hotel bintang 5, harga sewa kamar tidak mahal, yaitu mulai Rp774.900.

9. Crowne Plaza Bandung

Sebenarnya hotel bintang 5 ini tidak terletak pas di jalur Pedatiweg tetapi agak ke timur, yaitu di Jalan Lembong. Hotel ini memiliki rating yang tinggi. Bangunan Hotel Crowne besar dan ruangan-ruangannya serba luas dan mewah, termasuk tempat sarapan, indoor playground, dan kolam renangnya. Di sini juga tersedia jacuzi.

Untuk ke Jalan Braga, lebih dekat dengan berjalan kaki. Jika naik mobil harus berputar karena lalu-lintas satu arah. Harga sewa kamar mulai Rp1.686.164.

Sumber: Instagram @elhotelbandung

10. éL Hotel Bandung

éL Hotel berdekatan dengan Crown Plaza dan rating-nya juga tinggi. Yang tak kalah penting, untuk ke Jalan Braga, tamu tinggal menyeberang dari hotel. Hotel bintang 4 ini sangat tinggi, luas, dan megah karena menyatu dengan apartemen sehingga sering terlihat dari jauh.

Fasilitas hotel juga serba luas, termasuk lobi, musala dan kolam renangnya. Yang istimewa, kolam untuk anak diisi dengan air hangat. Jika hotel penuh, tamu harus memilih jam sarapan agar terlayani dengan baik. Harga sewa kamar mulai Rp860.660.

Baca juga: Museum Konferensi Asia Afrika: Saksi Bisu Sejarah KTT 1955 di Bandung

Banyak hotel dan penginapan bagus di dekat Jalan Braga Bandung yang bisa menjadi pilihan. Untuk tarif kamar per malam yang ditulis di atas bisa sewaktu-waktu berubah sesuai kebijakan hotel. Karena itu, ada baiknya untuk selalu mengecek tarif ini dekat-dekat hari hendak menginap.

Tips penting jika menginap di sini adalah selalu laporkan mobil ke resepsionis agar gratis karena hampir semua tempat parkir berbayar. Selain itu, minimalkan penggunaan mobil selama menginap di Braga karena jalan di sekitarnya sering macet.

Exit mobile version