Jangan Biarkan Menumpuk, Ini 5 Cara Hapus Cache di Ponsel

Cache merupakan salah komponen yang ada di dalam hardware atau pun software. Tugas dari cache adalah menyimpan data sementara. Fungsinya yaitu agar permintaan data berikutnya bisa dilayani lebih cepat oleh cache.

Namun, meski bersifat sementara, tumpukan data sering membuat space memori lebih sedikit. Karena itu, space memori jadi luas lagi, kamu harus menghapus cache secara rutin.

Baca juga: 5 Kekurangan Bisnis Fashion Yang Perlu Diketahui

Berikut caranya:

1. Membersihkan cache di setting penyimpanan

Menghapus cache melalui pengaturan penyimpanan di HP menjadi salah satu cara termudah. Di bagian ini kamu dapat melihat seberapa besara cache yang tersimpan di smartphone kamu.

Kamu pun bisa menghapus seluruh cache sekaligus atau berdasarkan aplikasi yang digunakan.

2. Lewat history web browser

Saat membuka aplikasi browser, kamu mungkin nggak peduli dengan riwayat situs yang sudah dibuka. Padahal, penyebab storage penuh adalah banyaknya riwayat browsing yang tidak pernah dihapus.

Baca juga: Kemnaker Gelar Job Fair di JCC, Ada 22 Ribu Lebih Info Loker

Oleh karena itu, kamu bisa membersihkan riwayat browsing melalui pengaturan yang ada pada aplikasi browsing.

3. Hapus chat yang menumpuk

Riwayat chat yang menumpuk di jejaring sosial, seperti WhatsApp atau aplikasi lain menjadi penyebab lain cache banyak. cara lain untuk menghapus cache di HP adalah menghapus riwayat chat tersebut.

Tak perlu menghapus semua chat, Cukup hapus riwayat chat yang menurutmu tidak penting dan tidak akan dibaca kembali.

4. Bersihkan cache di aplikasi yang terinstal

Cara membersihkan cache di aplikasi yang terinstal adalah sebagai berikut, buka menu Pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi. Kemudian akan muncul pilihan aplikasi yang telah kamu install.

Pilih aplikasi yang ingin kamu bersihkan, kemudian pilih Bersihkan Cache di bagian bawah Menu. Cache di HP-mu pun akan terhapus!

Baca juga: JNE Sukabumi Incar Potensi Sektor Industri untuk Tumbuh

5. Pakai aplikasi pihak ketiga

Kamu bisa menghapus cache di ponsel dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghapus cache dari setiap aplikasi satu persatu ataupun menghapus seluruh cache-nya hanya dengan satu klik.

Selain menghapus cache, CCleaner juga punya banyak fitur menarik yang dapat mengoptimalkan HP kamu. Aplikasi ini dapat membersihkan download folder, browser history, isi clipboard, dan lain sebagainya.

Exit mobile version