Jangan Gaptek Soal NFC dan Apa Kegunaannya

NFC

NFC/ dok.narmadi.com

 

Belakang ini banyak pengguna smartphone yang mencari ponsel dengan fitur NFC, apalagi dengan maraknya metode pembayaran nirkontak atau nirsentuh.

Namun apakah sudah banyak yang paham apa itu teknologi NFC, dan apa saja kegunaannya. Jangan-jangan hanya sekadar ikut-ikutan saja ingin memiliki ponsel yang pakai fitur tersebut tanpa tahu fungi-fungsinya.

Sekadar informasi saja, NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication. Untuk menggunakan fitur ini, membutuhkan setidaknya dua perangkat yang sama-sama memiliki fitur itu, satu sebagi penyebar sinyal alias transmitter, satu lagi yang menangkap sinyal tersebut.

BACA JUGA : Kisah UMKM Pisang Goreng Beromzet Rp 5 Juta Per Hari

NFC / dok.https://www.nextpit.com

Sama saperti remote tv dan sebagainya, namun yang pasti, ada dua jenis perangkat yang bisa atau harus kompatibel dengan NFC, yakni perangkat pasif dan aktif. Melansir dari beragam sumber, yang dimaksud dengan perangkat pasif seperti kartu uang elektronik, layakanya e-money yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran tol.

Perangkat pasif ini berbeda dengan aktif, karena hanya bisa mengirimkan dan menerima informasi saja, alias diam saja. Sementara untuk perangkat aktif, merupakan NFC yang memiliki dua fungsi, baik itu menerima dan mengirim data, dan perangkat ini lah yang biasanya tersedia di ponsel-ponsel pintar saat ini.

Namun demikian, cakupan fitur tersebut tak hanya sekadar pada ponsel saja lho, tapi juga beragam perangkat elektronik lain.

Contoh seperti pada mesin pembayaran gerbang tol, mesin pembayaran di transportasi, sampai ketersedian pada head unit di mobil-mobil premium, yang biasanya digunakan untuk melihat sisa saldi kartu uang elektronik tadi.

BACA JUGA : Samsung Rilis Galaxy A12 dengan Harga Rp2 Jutaan

Bagaimana cara kerjanya ?

Cara kerjanya sendiri sebenarnya mudah, bayangannya seperti wifi atau perangkat sejenis lainnya. Perangkat tersebut bekerja menggunakan Radio Frequency Identification alias RFID.

OPPO NFC/support.oppo.com

Walau sama dengan Bluetooth, tapi NFC punya keunggulan yang sangat signifikan, yaitu lebih cepat dari segi koneksi. Cuma butuh kurang dari 10 detik untuk menghubungkan dua perangkat.

Exit mobile version