Jangan Gunakan Ini untuk Membersihkan Layar HP

5 Benda Berbahaya untuk Layar HP – Menjaga kebersihan smartphone menjadi hal yang wajib dilakukan oleh para pengguna. Dengan pemakaian yang rutin, tentu saja smartphone sering jadi sasaran empuk noda, debu, maupun kotoran. Kamu tentu akan sangat risih bukan kalau smartphone kesayanganmu kotor? Kamu pun harus rutin membersihkan layar HP.

Di antara berbagai sudut atau sisi smartphone, layar menjadi komponen yang paling cepat kotor. Mungkin kamu mengoperasikan HP sambil makan, sehingga noda makanan menempel di layar. Atau misalnya ketika kamu menelepon, noda minyak di wajah juga jadi ikutan menempel di layar dan sebagainya.

Di samping membuat tampilan jadi tidak sedap, kotoran-kotoran yang menempel di layar HP juga terkadang jadi bikin penggunaan tidak responsif. Makanya, kamu harus rajin membersihkan layar smartphone.

Namun, membersihkan layar HP juga ada aturannya lho. Jangan sembarangan menggunakan benda untuk membersihkan HP. Salah-salah, nanti layar kamu malah baret tuh. Nah, berikut ini ada beberapa benda yang sebaiknya jangan dipakai untuk membersihkan smartphone.

1. Kertas Tisu

benda yang dilarang untuk membersihkan layar HP

Benda yang satu ini menjadi benda yang sering dipakai untuk melap atau membersihkan sebuah permukaan, termasuk smartphone. Hal ini wajar, karena tisu mudah ditemukan di berbagai tempat. Tapi, sebenarnya tisu ini jangan dipakai untuk membersihkan layar HP. Mengapa? Karena tisu memiliki permukaan yang kasar sehingga bisa menyebabkan baret-baret halus pada layar. Daripada pakai tisu, dianjurkan pakai kain microfiber yang memiliki permukaan lebih halus.

2. Cairan Pembersih Kaca

Hayo siapa di antara kamu yang menggunakan cairan pembersih kaca untuk melap layar smartphone? Meski ditujukan untuk membersihkan kaca, cairan ini untuk melap kaca HP ya. Beda kaca lho itu.  Karena cairan pembersih kaca ini mengandung cairan kimia berbagan abrasif yang bisa merusak lapisan bodi smartphone. Belum lagi nanti kalau cairannya masuk ke dalam circuit HP, bisa rusak malah ntar.

Baca Juga: 5 Produk Gagal Apple Ini Nggak Laku di Pasaran

3. Makeup Remover

Biasanya buat cewe-cewe nih, jangan sekali-kali membersihkan layar HP pakai makeup remover. Emang ada yah yang begitu? Ada saja kok beberapa yang menggunakan cara salah ini. Sama seperti pembersih kaca, makeup remover juga memiliki kandungan kimia yang berbahaya. Malah ada seorang pakar dari universitas di MIT yang menjelaskan bahwa makeup remover akan membuat layar smartphone jadi bermasalah. So, hati-hati ya, ladies!

4. Vineger/Cuka

Nah, membersihkan layar HP pakai cuka juga jangan dilakukan. Malahan ada lho situs yang menyarankan cara sesat ini. Padahal caranya salah, karena di dalam cairan cuka terdapat kandungan yang bakal menghapus lapisan oleophobic di layar HP. Cara yang benar membersihkan layar HP menggunakan cuka adalah mencampurnya dengan air biasa dengan perbandingan 50:50. Dengan demikian, layar kamu tidak akan mengalami masalah.

5. Sabun

Sabun apapun, mau itu sabun mandi atau sabun cuci piring sebaiknya jangan. Pasalnya bisa-bisa cairan pembersih itu nanti malah bisa bikin HP rusak. Bahkan untuk smartphone yang tahan air sekalipun sebaiknya jangan sih. Mending dilap pakai tisu basah kalau mau HP kamu bersih dan wangi.

Baca Juga: Yang Ngaku Sultan, Nih 5 Smartphone Flagship 2021 Terbaik

Exit mobile version