Awas Bobol, Ini Jurus Lindungi Akun Perbankan Digital

Ilustrasi pencurian data online

Ilustrasi pencurian data online/ dok.northcountrysavings.bank

 

Tips Perbankan Digital – Kemajuan teknologi digital membuat segalanya makin mudah, termasuk dalam hal finansial atau perbankan. Saat ini banyak sekali aplikasi transaksi online yang menawarkan ragam kepraktisan, mulai dari simpan pinjam sampai layanan dompet digital.

Kehadiran aplikasi perbankan tersebut memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan iming-iming tak perlu repot harus membawa uang tunai untuk melakukan transaksi, sampai ragam promo menarik yang bisa dinikmati. Bahkan konsumen juga bisa menambung dan memiliki rekening digital sendiri.

Salah satu aplikasi perbankan digital yang saat ini sedang maju pesat adalah Jenius. Nah untuk menjamin kenyamanan dan kelancaran penggunanya dalam menggunakan transaksi, aplikasi ini pun tak segan-segan untuk selalu mengingatkan faktor penting soal keamanan ketika bertransaksi.

BACA JUGA : Mudahkan Bisnis UMKM, Instagram Rilis Fitur Shopping

Karena seperti diketahui, makin maju teknologi makin canggih juga oknum pelaku kejahatan di dunia maya. Karena itu, penting untuk selalu memastiakn langkah-langkah keamanan agar terhindar dari pelaku kejahatan yang bisa saja berupaya membobol finansial anda.

3 JURUS

Ada tiga cara yang dibeberakan Jenius bagi para penggunanya untuk melakukan keamanan dalam bertransaksi. Seperti diketahui, Jenius sendiri sudah menyediakan berbagai sistem keamanan berlapis, mulai dari PIN, kode OTP, dan password.

Namun demikian, sistem tersebut akan berjalan lebih maksimal bila didukung dengan penggunanya juga. Paling tidak pengguna Jenius harus memahami tiga hal penting berikut ini agar tak kalah pintar dengan oknum-oknum yang tak bertanggung jawab.

1. Jangan Pernah Membagikan Data Pribadi

Jenius selalu menjaga kerahasiaan data konsumenya, karena itu, konsumen juga perlu menjaganya dari orang lain. Jika data pribadi telah diketahui oleh oknum yang tak bertanggung jawab, maka kamu bisa mengalami kerugian seperti tindak penipuan.

Jadi, jaga baik-baik data kartu seperti nomor kartu, CVV, expire date, dan data pribadi seperti Kode OTP, PIN, password, dan lainnya dari siapa pun, temasik teman, keluarga, atau pihak yang mengaku sebagai Jenius atau Bank BTPN.

Cukup kasih sayang yang kamu bagi, jangan data pribadi ya..!

2. Waspada Terhadap Pihak yang Mengaku Sebagai Jenius

Jika kamu menerima telepon dari pihak yang mengaku sebagai Jenius, kamu harus waspada dan jangan cepat gegabah. Lagi-lagi diingatkan untuk jangan berikan data pribadi kamu dan pastikan kamu mendapat informasi dari sumber yang tepat yaitu melalui website, e-mail, atau akun resmi Jenius.

Selain lewat telepon, sosial media juga bisa dipakai sebagai modus penipuan. Biasanya oknum yang gak bertanggung jawab akan menggunakan akun palsu dan mengaku-ngaku sebagai pihak Jenius.

Kenali akun resmi Jenius biar kamu gak ketipu. Catat baik-baik akun resmi Jenius berikut ini:

1. Instagram: @JeniusConnect
2. Facebook: Jenius Connect
3. Twitter: @jeniusconnect dan @jeniushelp.

Semua akun resmi Jenius sudah terverifikasi, sudah ada centang biru, gak tipu-tipu!

BACA JUGA : Cihuy, Pakai ShopeePay Servis Motor di Planet Ban Cuma Rp 39 Ribu !!

3. Waspada Penipuan Berkedok Online Shop

Nah ini juga tak kalah penting, belanja online pas lagi di rumah aja emang seru. Tapi, tetap harus waspada terhadap online shop yang menjual barang dengan harga jauh di bawah pasaran, atau gak menampilkan testimoni dari pembeli.

Bisa jadi itu adalah modus penipuan. Supaya transaksi tetap terjaga ketika jual-beli online, jangan menggunakan Wi-Fi publik ketika bertransaksi atau biasakan log out dari akun e-commerce setelah berbelanja. Untuk lebih jelas, kamu bisa cek di sini. Ingat ya, jangan mudah tergiur oleh janji manis kalau gak mau berakhir tragis.

Exit mobile version