Mengenal Jenis-Jenis Heels dan Cara Memilih yang Tepat untuk Penampilan Terbaik

JNEWS – Jenis-jenis heels ada cukup banyak, lebih dari 20 macam. Namun sebenarnya beberapa jenis heels tersebut memiliki hak yang hampir sama, hanya saja dengan desain keseluruhan sepatu yang berbeda.

Heels diciptakan agar pemakainya terlihat lebih menawan. Namun pemilihan heels tersebut harus sesuai dengan kebutuhan acara dan kenyamanan kaki.

Jenis-Jenis Heels

Mengenal Jenis-Jenis Heel: flat shoes

1. Flat Shoes

Flat shoes adalah sepatu tanpa heels. Jenis sepatu ini nyaman dipakai untuk semua situasi. Namun sepatu ini tidak memiliki efek kelengkungan pada kaki sehingga perlu tetap waspada meski bisa bebas bergerak agar sepatu tidak tiba-tiba lepas melayang.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Sepatu Boot yang Tepat: Gaya, Ukuran, dan Fungsinya

2. Pump Heels

Pump heels umumnya digunakan untuk suasana formal dengan bagian depan tertutup. Pemakai tidak disarankan menggunakan hak terlalu tinggi agar memberi kesan cekatan. Hak sepatu ini lebar dan datar sehingga membuat posisi tubuh lebih tegak.

3. Mule Heels

Mule heels adalah sepatu yang cocok dikenakan untuk suasana santai tetapi penampilan tetap feminin. Cara menggunakan sepatu ini sangat praktis karena terbuka, yang disebut slip-on. Umumnya sepatu ini memiliki ketinggian sedang.

4. Chunky Heels

Chunky heels disebut sebagai sepatu antipegal. Ini karena hak sepatu yang lebar dan kokoh seperti pilar rumah. Kadang Chunky heels dipadukan dalam platform shoes sehingga bagian hak dan sol sama tebal seperti sepatu pemuda tahun 1970-an.

5. Platform Heels

Platform shoes adalah sepatu dengan sol depan yang tebal. Ketinggian platform heels mengikuti ketebalan solnya. Biasanya bentuk hak sepatu ini ramping. Sepatu ini cocok untuk wanita yang berani tampil menonjol.

6. Stiletto Heels

Dari jenis-jenis heels ada, stiletto paling banyak dijadikan pilihan oleh para wanita yang ingin menjadi pusat perhatian. Sepatu stiletto memiliki hak yang tinggi, ramping, dan lancip. Tinggi hak sepatu stiletto bisa mancapai 25 cm. Sepatu ini memberi efek tubuh lebih tinggi dan sexy. Sepatu dengan stiletto heels sering dijadikan simbol wanita yang mandiri dan percaya diri.

7. Wedges

Wedges adalah sepatu yang memiliki sol tebal dan bersambung dari depan ke belakang sehingga tidak ada hak yang terpisah. Sepatu jenis ini memberi efek tubuh lebih tinggi tapi dapat menopang berat tubuh dengan lebih merata sehingga mengurangi rasa pegal.

8. Kitten Heels

Kitten heels dapat memenuhi keinginan para wanita yang ingin tampil manis tetapi tetap bisa sering bergerak dengan nyaman. Tinggi kitten heels sedikit di atas flat shoes, yaitu tak lebih dari 5 cm, tetapi dengan bentuk hak yang mirip sepatu stiletto.

9. Cone Heels

Cone heels adalah sepatu dengan hak kerucut, dengan bagian yang runcing berada di bawah. Umumnya sepatu ini memiliki tinggi sedang. Sepatu ini menyangga tubuh lebih baik daripada jenis-jenis heels yang berbentuk ramping.

10. Comma Heels

Comma heels memberikan pilihan sepatu dengan bentuk hak yang tak bisa, yaitu melengkung seperti tanda koma. Banyak yang masih ragu menggunakan model ini karena takut haknya mudah patah. Karena itu, pilih merek sepatu yang berkualitas tinggi.

11. Fantasy Heels

Fantasy heels merupakan pilihan tepat untuk pribadi yang suka tampil eksentrik. Bentuk hak sepatu ini bermacam-macam tetapi umumnya merupakan merek sepatu tersebut. Jadi sepatu ini dapat digunakan untuk memamerkan merek-merek sepatu terkenal.

12. Loafer Heels

Loafer heels cocok digunakan untuk bekerja sehari-hari di kantor atau keperluan formal lainnya. Desainnya minimalis dan tertutup. Sepatu dengan loafer heels juga memiliki hak dengan maksimal ketinggian yang sedang agar memudahkan pergerakan.

13. Ankle Strap Heels

Angkle strap heels adalah modifikasi yang dilakukan pada jenis-jenis sepatu yang berhak tinggi dan ramping. Pada sepatu ini ditambahkan tali polos di bagian atas hak untuk memberi kesan berani dan tangguh atau tali pita untuk memberi kesan berani tetapi feminin.

14. High Heeled Boots

High heeled boots adalah kombinasi antara sepatu boots dan sepatu hak tinggi. Umumnya boots memiliki hak yang datar untuk memberi kesan maskulin. Namun para penggemar fashion berpendapat bahwa perpaduan ini merupakan inovasi yang akan mengubah penampilan seseorang menjadi lebih garang tapi tetap cantik.

15. Espadrilles Heels

Sepatu ini memiliki hak yang terbuat dari anyaman serat alam sehingga memberi kesan natural. Sepatu ini ringan dengan tinggi hak sedang. Umumnya hak sepatu dan sol depan menyatu.

Cara Memilih Jenis Heels yang Tepat

Dikutip dari laman Hello Sehat, pemilihan heels harus memperhatikan gaya dan kenyamanan seperti di bawah ini.

Ketinggian Jenis-Jenis Heels

Umumnya, ketinggian sepatu yang digunakan adalah kurang dari 3 cm untuk flat shoes, 4-5 cm untuk sepatu dengan ketinggian sedang, 5-10 cm untuk high heels dan di atas 10 cm untuk sepatu yang sangat tinggi.

Memilih tinggi hak sepatu adalah hak asasi pribadi. Namun, perlu diketahui bahwa tinggi hak sepatu di atas 10 cm memberikan tekanan pada kaki sebesar tujuh kali berat badan pemakai sepatu tersebut. Karena itu, pertimbangkan dengan baik, karena jika salah memilih, akan terasa lebih pegal nantinya.

Kondisi Badan ketika Menggunakan Heels

Pada sepatu berhak tinggi, tubuh hanya bertumpu pada mata kaki dan jari kaki. Tak heran jika banyak yang mati rasa pada bagian tersebut setelah beberapa saat. Tubuh akan terdorong ke depan sehingga gaya berjalan berubah.

Bagi model atau peragawati sepatu berhak tinggi justru mendukung gaya berjalan yang menarik. Namun pada ketinggian tertentu, hak tersebut akan menjadi bencana sehingga menyebabkan mereka jatuh dan cedera. Karena itu, sebelum membeli, cobalah dulu apakah kaki mampu menjaga kondisi tubuh seperti yang diinginkan.

Baca juga: Cara Membeli Sepatu Online agar Tak Salah Ukuran dan Tak Kecewa

Perawatan Kenyamanan Kaki

Sebenarnya, yang terbaik adalah menggunakan jenis-jenis heels yang ketinggiannya tidak lebih dari 3 cm. Namun jika tetap ingin tampil bak model, ada beberapa perawatan yang mungkin bisa mengurangi risikonya.

Pertama, jangan memilih sepatu yang terlalu pas atau terlalu longgar. Beri ruang yang cukup agar kaki bebas bergerak. Lepas sepatu dan lakukan peregangan kapan saja ada kesempatan. Setibanya di rumah, rendam kaki menggunakan air hangat dicampur garam.

Demikianlah jenis-jenis heels sepatu di antara banyaknya jenis heels yang ada di dunia fashion. Sepatu terbaik adalah sepatu yang memberikan kepercayaan diri pada pemakainya.

Exit mobile version