Gaya Hidup Sehat ala Jennifer Bachdim: Tip Kesehatan dan Kebugaran

Jennifer Bachdim adalah sosok yang luar biasa dan memiliki banyak penggemar. Meski awalnya dikenal sebagai istri pemain sepakbola Indonesia berprestasi, yaitu Irfan Bachdim, tetapi ia mampu mengembangkan figurnya sendiri sebagai pelaku hidup sehat.

Belakangan keluarga Bachdim disorot karena kontrak Irfan tidak diperpanjang dan masih berusaha mencari klub sepakbola yang cocok. Dalam sebuah acara podcast, Jennifer sempat curhat bahwa ia bertukar peran dengan suami sebagai pencari nafkah utama keluarga.

Untuk operasionalnya, Jennifer bekerja sama dengan suami mengelola rumah tangga, sehingga ia bisa memiliki lebih banyak waktu untuk membuat konten. Konten-konten Mama Jen inilah yang menopang hidup mereka sejauh ini sementara Irfan belum menemukan klub baru. Umumnya, konten Jennifer berisi tentang tips kesehatan dan kebugaran, yang sangat applicable bagi siapa saja, termasuk para ibu muda.

Tentang Jennifer Bachdim

Gaya Hidup Sehat ala Jennifer Bachdim
Sumber: IG @jenniferbachdim

Jennifer Bachdim memiliki nama gadis Jennifer Jasmin Kurniawan. Wanita yang juga kerap disapa Mama Jen ini lahir di Muehlacker, Jerman, pada tanggal 6 April 1987. Ia adalah kakak dari pemain sepakbola Kim Kurniawan. Mengawali karier sebagai model, Jennifer pindah ke Indonesia untuk meneruskan kariernya.

Namun rencana itu berubah ketika bertemu dengan Irfan Bachdim. Mereka lalu menikah pada tanggal 8 Juli 2011. Kini Keluarga Bachdim memiliki 4 anak, yaitu Kiyomi, Kenji, Kiyoji, dan Kiro. Kelahiran Kiro pada tanggal 12 Februari 2023 menarik banyak perhatian. Pasalnya, hanya beberapa bulan setelah melahirkan anak keempat, Jennifer sudah tampak tampil cantik dengan perut yang rata seperti gadis.

Lantas, belakangan media sosial tampak ramai dengan status Irfan yang tidak bekerja. Irfan memutuskan tidak menerima perpanjangan kontrak dengan Persis Solo, karena keluarganya kesulitan beradaptasi dan mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan. Misalnya, mereka kesulitan menemukan sekolah yang cocok untuk anak-anak. Apalagi konon Jennifer sudah bersabar melahirkan tanpa ditemani Irfan sehingga saat ini Irfan memutuskan untuk fokus dengan keluarga lebih dahulu.

Setelah 5 bulan tanpa klub, Irfan kembali merumput bersama Persik Kediri. Sementara Mama Jen dan anak-anak menetap di Bali.

Rutinitas Kebugaran Jennifer Bachdim

Dikutip dari website Kementrian Kesehatan, ada 4 pilar utama gizi seimbang, yaitu konsumsi beragam makanan, pola hidup aktif dan olahraga, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menjaga berat badan ideal. Itu semua sudah dilakukan oleh Jennifer Bachdim dalam rutinitas kesehariannya.

Melalui akun media sosialnya, Jennifer tampak rajin  berbagi rutinitas keluarga. Yang paling dikagumi oleh netizen darinya adalah kepiawaiannya menjaga tubuh dan kesehatan, sementara ia sendiri selalu disibukkan oleh urusan anak-anak.

Tak heran makanya, Jennifer telah menjadi role model bagi para ibu muda yang ingin sesehat dan sebugar ia. Adapun rutinitasnya sehari-hari di rumah kurang lebih adalah sebagai berikut.

  1. Bangun jam 5.30 – 06.00 langsung mengurus si bayi, yang masih minum ASI sehingga Jennifer harus memprioritaskannya.
  2. Menyiapkan sarapan dan bekal, untuk anak-anak agar mereka tak jajan sembarang. Sementara untuk bersiap, anak-anak sudah mampu mandiri.
  3. Beres-beres tempat tidur, yang merupakan aktivitas fisik yang bagus. Beres-beres rumah tidak dilakukan oleh keluarga Jennifer di pagi hari karena sudah dibereskan sebelum tidur.
  4. Jennifer Bachdim rajin berolahraga di mana saja, baik di rumah, saat liburan ke luar negeri, bahkan sambil momong anak-anak yang kecil. Yang paling sering dilakukan adalah ketika anak-anak sekolah. Jelas terlihat tubuhnya yang atletis, lentur, dan bugar.
  5. Mengantar anak-anak tidur. Adegan yang sering terlihat dalam film-film Hollywood ini baik diterapkan pada anak-anak untuk membangun hubungan dan kepercayaan dengan orang tua. Ini merupakan salah satu cara menjaga kesehatan mental anak-anak dan orang tua sekaligus.
  6. Cuci piring di malam hari dan beres-beres rumah sebelum tidur, untuk mengurangi kehebohan di keesokan paginya. Pagi yang menyenangkan akan terhindar dari stres sehingga kesehatan fisik dan mental terjaga.
  7. Setrika dilakukan oleh Jennifer sambil berdiri, sesekali ia bahkan melakukannya sembari menonton film.

Tip Nutrisi dari Jennifer Bachdim

Sumber: IG @jenniferbachdim

Jennifer Bachdim melakukan perawatan yang menyeluruh, dari luar dan dalam tubuh. Dari dalam tubuh, ia sangat berhati-hati memilih asupan makanan bagi diri dan keluarganya. Apalagi sang suami adalah seorang atlet nasional yang wajib menjaga kondisi tubuh agar selalu prima.

Berikut adalah tip nutrisi bagi yang ingin memiliki tubuh seperti Jennifer Bachdim.

Minum Air Putih

Jennifer rajin minum air putih. Air putih sudah dikenal sangat bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, menghindari penumpukan lemak, melancarkan pencernaan, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan otot, dan sebagainya.

Tidak Menyajikan Makanan yang Tidak Sehat di Rumah

Anak adalah peniru yang baik. Jika orang tua sering menyediakan gorengan di rumah, maka anak-anak juga akan belajar menyukainya.

Jennifer sendiri tidak anti terhadap makanan apa pun, tetapi mengurangi atau menghindari makanan kurang bergizi. Menu-menu kesukaan keluarga ini antara lain pancake dari oatmeal dan pisang, kentang panggang, kembang kol steam, ubi panggang, sate teflon, sereal, dan sebagainya.

Mengajak Anak Ikut Menyiapkan Makanan

Anak-anak akan bangga dengan makanan yang mereka buat sendiri. Jennifer selalu mengajak anak-anak menyiapkan makanan bersama di rumah dengan memilihkan menu-menu sehat. Bahkan ia juga rajin memasak sendiri agar nutrisi untuk keluarga bisa terpantau.

Sarapan sebagai Fondasi Tubuh Sehat

Kegiatan makan yang memenuhi akun media sosial Jennifer bukan ketika sedang makan di restoran, melainkan ketika sarapan di rumah. Menu yang disiapkan semua adalah menu sehat. Anak-anak diwajibkan untuk sarapan, karena sarapan merupakan bekal untuk bisa melakukan seluruh kegiatan dalam sehari dengan tetap bertenaga.

Makan Bersama

Makan bersama juga dianggap penting oleh keluarga ini. Bahkan, katanya, makan bersama membuat nafsu makan anak-anak lebih baik. Makanan yang tadinya tidak terlalu disukai sering kali berubah karena melihat kenikmatan orang lain yang sedang makan. Sewaktu makan inilah, kesempatan untuk menunjukkan nikmatnya menu-menu sehat.

Demikianlah gaya hidup sehat yang dijalani oleh Jennifer Bachdim, termasuk rutinitas kebugaran dan tip nutrisi yang bisa ditiru. Untuk memiliki tubuh yang sehat dan jiwa yang bahagia seperti Mama Jen harus dimulai diri sendiri karena merupakan perjalanan rutin dan panjang tiada henti.

Exit mobile version