JNE Roket: Revolusi Layanan Pengiriman Cepat di Indonesia

JNE Roket merupakan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan pengiriman paket/dokumen yang sampai dalam hitungan 1 jam (instant courier) namun bertarif ekonomis di dalam kota. Untuk kurir dalam kota sebetulnya sudah ada beberapa pilihan. Namun Roket menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki oleh kurir lain. Keunggulan tersebut sangat dibutuhkan oleh pemilik usaha online, pemilik usaha lain, staf administrasi perkantoran, hingga masyarakat umum.

JNE telah dikenal sebagai salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia dengan area distribusi mencapai lebih dari 83.000 kota. JNE termasuk perusahaan ekspedisi yang rajin berinovasi untuk memenuhi perkembangan kebutuhan pelanggan. Di zaman ketika masyarakat lebih memilih memaksimalkan layanan online ini, JNE telah menyediakan Roket.

Tentang JNE Roket

JNE Roket: Revolusi Layanan Pengiriman Cepat di Indonesia

JNE Roket adalah layanan terbaru JNE berbasis aplikasi android yang memudahkan pelanggan mengirimkan paket tanpa perlu datang ke kantor agen, gerai, atau counter JNE. JNE menawarkan layanan yang praktis dan instan sehingga paket bisa sampai alamat tujuan kurang dari satu jam.

Layanan Roket dilengkapi dengan asuransi dan live tracking sehingg pelanggan bisa memantau pergerakan kurir yang membawa paket kirimannya. Untuk sementara, Roket hadir di 51 kota dan terus berkembang.

Berbeda dengan layanan JNE Express untuk penghantaran paket luar kota, biaya layanan Roket atau ongkos kirim dihitung berdasarkan radius atau jarak per kilometer, bukan berat per kilogram. Komposisi ongkir sudah termasuk voucher dan asuransi sehingga pemilik toko online lebih mudah menginformasikan ongkir ke pelanggan. Munculnya biaya asuransi di luar komposisi ongkir sering membuat pelanggan toko online protes ke pemilik usaha atau memberikan ulasan yang buruk.

Penghitungan ongkir menggunakan radius, bukan berat, sangat menghemat waktu para pemilik usaha jika harus mengirimkan banyak barang. Mereka tidak perlu menghitung dua kali, yaitu berat dan jarak, melainkan cukup menghitung jarak saja. Kebutuhan pengiriman banyak barang ini juga difasilitasi Roket dengan layanan multidrop atau multiaddres. Selain itu, ada pula layanan instant dan sameday.

Baca juga: Panduan Lengkap: Cara Kirim STNK Melalui JNE dengan Aman dan Mudah

Pemanfaatan JNE Roket

Saat ini kota yang paling banyak menggunakan fasilitas JNE Roket adalah Jakarta. Tak heran, karena Jakarta adalah pusat perputaran bisnis online. Toko-toko online besar dengan pengiriman hingga ribuan paket berada di Jakarta. Otomatis persaingan juga tinggi sehingga barang-barang yang sudah dibayar pembeli harus dikirimkan secepat mungkin.

Umumnya toko-toko tersebut memberlakukan cut off time, dengan memberlakukan prosedur pengumpulan pesanan hingga jam tertentu. Setelah itu, mereka akan mengatur pengiriman untuk pembelian sampai jam tersebut. Pembelian yang dilakukan setelah jam tersebut akan dikirimkan pada tahap selanjutnya.

Untuk pengiriman dalam kota, jelas repot sekali jika harus memesan kurir untuk tiap paket satu per satu. Karena itu mereka menggunakan fasilitas multidrop dari JNE Roket. Penerimaan barang di hari yang sama sangat berpengaruh pada persaingan toko online di Jakarta.

Bagi yang akan menikah, layanan multidrop sangat bermanfaat untuk menyebarkan undangan cetak. Pasalnya, hingga kini, sebagian orang juga masih menyukai undangan cetak. Layanan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan hampers buka puasa, Lebaran, atau hari raya lain.

Cara pengiriman seperti di atas juga membantu pekerjaan para staf administrasi perkantoran. Kadang mereka harus segera mengirimkan surat-surat penting yang tidak bisa dikirimkan melalui email karena harus menyertakan dokumen asli. JNE menjamin keamanan surat-surat penting, tetapi dengan syarat harus disebutkan dengan jelas pada saat pemesanan agar mendapatkan perhatian khusus.

Aplikasi JNE Roket

JNE Roket dapat diakses melalui aplikasi Roket Indonesia, yang terpisah dari MyJNE. Aplikasi tersebut dapat diinstal melalui Playstore dan Appstore. Calon pengguna harus membuat akun dahulu di aplikasi ini dengan cara yang cukup mudah, yaitu mendaftarkan username dan password.

Pengirim wajib mengisi data lengkap, meliputi nama, nomor telepon dan alamat penjemputan barang. Demikian pula dengan penerima, wajib dicantumkan nama, nomor telepon dan alamat pengantaran. Pengirim juga harus menyebutkan isi paket agar kurir dapat memperlakukan paket dengan benar. Isi paket tidak boleh melanggar hukum. Untuk dapat memantau live tracking, pelanggan harus menghidupkan penanda lokasi online.

Pembayaran layanan ini sangat mudah karena menerima hampir semua cara pembayaran. Pelanggan dapat membayar secara tunai, menggunakan gift voucher dan QRIS. Untuk pembayaran dengan sistem top up, pelanggan bisa melakukan top up dengan virtual account melalui bank BCA, BNI, Permata, CIMB dan ATM Bersama.

Baca juga: Cek Paket JNE sebelum Pengiriman: Ceklis agar Kiriman Aman

Demikianlah layanan JNE Roket bertransformasi dalam industri pengiriman untuk menjadi bagian dari solusi yang dibutuhkan pelanggan masakini. Agar sama-sama merasakan manfaatnya, hendaknya pelanggan memperhatikan jenis barang yang aman untuk dikirimkan.

Exit mobile version