Jual Karya Lebih Luas, Ini Cara buat NFT Mudah dan Cepat

3d concept

Non-Fungible Tokens atau NFT merupakan teknologi dengan koleksi unik dan menarik yang disimpan dalam blockchain atau sebuah buku besar digital. NFT ini memberikan manfaat dengan memungkinkan kreator untuk bisa memperdagangkan karya secara luas.

Awal mula beredarnya NFT adalah melalui salah satu akun “Charlie Bit My Finger” di mana ia berhasil mendapat keuntungan sekitar 10,8 miliar dari hasil penjualan NFT. Selain itu, di Indonesia sendiri adanya remaja bernama Ghozali yang menjual foto dirinya di NFT.

Cara buat NFT di ponsel maupun di desktop sangatlah mudah. Beberapa langkah di bawah ini memberikan penjelasan cara buat NFT dan menjualnya secara gamblang.

Baca juga: e-Commerce Lokal Siapkan SDM untuk Majukan Ekonomi Digital Indonesia

1. Buat Karya

Langkah pertama sebelum melakukan pendaftaran adalah melakukan pemilihan karya yang ingin diunggah ke NFT. Karya ini bisa berupa video, foto, musik, teks, ataupun lukisan digital. Pastikan memilih item yang paling unik dan menarik agar karya lebih banyak mendapat perhatian.

2. Daftar di NFT Marketplace

Di Indonesia sendiri ada NFT marketplace bernama TokoMall, ia dapat membantu anda dalam menjual NFT ke kolektor-kolektor yang tertarik menjual NFT.

3. Unggah NFT

Langkah awal setelah selesai masuk ke dalam TokoMall adalah mengunggah NFT dengan klik “NFT”. Setelah mengunggah NFT, isi judul dan deskripsi NFT, lalu klik “Submit”.

4. Minting NFT

Setelah proses mengunggah selesai, NFT-mu akan tersedia di halaman profil. Klik “Buat NFT” kemudian klik “Upload ke Blockchain” untuk membuat NFT-mu. Pastikan kamu memiliki token untuk gas fee.

5. Selesaikan Proses Transaksi

Akan ada data transaksi yang harus anda selesaikan sebagai tahap penjualan NFT. Setelah transaksi selesai, akan muncul pemberitahuan konfirmasi jika NFT telah siap dijual.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Logistik, Menhub Minta Pelaku Bisnis Buka Rute Internasional

Lakukan promosi di berbagai sosial media untuk mendapatkan investor terbaik. Selain itu unggah juga file-file NFT lainnya untuk membuat pembeli yakin dengan karya anda. Setiap file, berikan deskripsi semenarik mungkin agar memiliki nilai sejarah yang bernilai.

Lalu Apa Saja Jenis NFT Termahal

Setiap karya memiliki keunikan masing-masing, dan setiap keunikan memiliki harga yang berbeda. Dibawah ini 3 jenis NFT dengan harga paling tinggi.

1. The Merge

Pada Desember 2021 lalu, NFT the merge berhasil terjual kepada hampir 30.000 kolektor dengan total perolehan hampir 100 juta USD. Dari penjualan ini, total aset dari NFT yang didapatkan berkisar Rp1,3 triliun lebih. Karya the merge adalah ciptaan seorang ahli digital yang ikonik.

2. Everydays: the First 5000 Days

Aset NFT ini berupa kolase gambar dari buku dengan jumlah berkisar 5000. Karya seni Beeple ini telah dimulai cukup lama yakni tahun 2007 dan berhasil terjual pada Maret 2021 dengan harga berkisar Rp 991 miliar.

3. Human One

Human One adalah karya NFT tentang penggambaran manusia pertama yang ada di metaverse. Karya ini terjual pada November 2021 seharga Rp 426 miliar.

Baca juga: Vivo Y21 Resmi Diluncurkan, Punya Fitur Extended RAM

Mahalnya harga NFT memang dapat dilihat dari seberapa unik suatu karya. NFT yang dijual dengan harga fantastis sebanding dengan proses yang telah dilalui oleh creator. Apakah anda juga sudah menemukan karya digital apa yang ingin dijual di NFT? Mulai sekarang membuat NFT di TokoMall.

Exit mobile version