Jumat Berbagi bersama JNE Sukabumi

Oleh: Neng Sarah Salsabilla, JNE Sukabumi

Bagi umat Islam, hari Jumat adalah hari yang istimewa dimana semua orang berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Tak lepas dari itu, JNE Sukabumi rutin melakukan kegiatan infak beras untuk pesantren di Sukabumi.

Sedekah adalah suatu perbuatan yang membuat kita mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api. (HR. At-Tirmidzi).

Berangkat dari hati yang ingin menebar kebaikan dan membantu sesama, JNE Sukabumi membuat gagasan baru di lingkungan kerja dengan mengadakan kegiatan infak beras. Ide ini digagas dari kegiatan berbagi yang selalu diadakan oleh JNE, baik berbagi kepada anak yatim piatu, kaum dhuafa maupun kepada korban bencana alam. Pendistribusian infak beras ini dilakukan setiap hari Jumat dan ditujukan kepada pesantren-pesantren di Sukabumi dan langsung didistribusikan oleh perwakilan dari karyawan JNE Sukabumi. Infak beras yang terkumpul ini di dapatkan dari infak atau sedekah karyawan seikhlasnya setiap minggunya.

Kegiatan infak beras ini juga dilatarbelakangi dari ide karyawan yang ingin mengadakan berbagai kegiatan positif di lingkungan kerja yang diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan solidaritas antar karyawan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana untuk melatih dan semakin menumbuhkan rasa empati, tolong menolong, dan semangat untuk menebar kebaikan kepada sesama.

Keutamaan bersedekah sangatlah besar, bahkan selama sedekah yang telah kita keluarkan bermanfaat bagi orang tersebut, maka selama itu pula pahala kita akan terus mengalir. Seperti halnya kita bersedekah untuk para pencari ilmu di pesantren-pesantren, untuk membangun masjid, untuk membangun pesantren, sedekah kepada orang alim dan orang saleh, maka selama apa yang kita sedekah akan terus digunakan dan bermanfaat bagi orang lain maka pahala yang kita peroleh akan terus mengalir. Sedekah juga mampu memberikan dampak positif bagi penerima ataupun pelakunya. Penerima tentu merasa sangat terbantu atas pemberian yang telah diterima dan pemberi sedekah pun mendapatkan manfaat kepekaan terhadap lingkungan sosial, juga mendapatkan energi yang positif. Semoga kita semua selalu diberikan rezeki yang lapang agar dapat terus membantu dan berbagi kepada sesama.

 

 

 

Exit mobile version