Jurus Bikin WhatasApp Tak Makan Ruang Memori Ponsel

 

Kasal rasanya bila memiliki ponsel namun dengan kapasitas penyimpanan yang tanggung, atau tak sesuai dengan kebutuhan aktivitas kita. Terlebih ragam informasi banyak dibutukan, terutama melalui pesan singa WhatsApp (WA).

Seperti diketahui, WhatsApp menjadi aplikasi chatting atau pesan singkat yang semaki berkembang. Tak sekadar teks saja, mulai dari gambar, voice note, sampai video saat ini sudah bisa dikirimkan dari WA.

Namun sayanya memang ada harga yang harus dibayar pengguna WA, yakni kapasitas memori ponsel yang termakan. Imbasnya, bila tak rajin memilah mana yang penting dan semua disimpan, akan menguras ruang penyimpanan yang ada.

BACA JUGA : Wajib Punya, Begini Cara Terapkan Aplikasi PeduliLindungi di Ponsel

alternatif WhatsApp

Karenanya, pengguna ponsel juga harus bijak memilah mana informasi video, gambar, atau suara yang disimpang dari WhatsApp, bila tidak nantinya justru memori ponsel akan membeludak tan bisa menampung penyimpanan lagi.

Bagi pengguna ponsel yang memiliki daya memori tipis, ada cara untuk memaksimalkan pesan WhatsApp bisa tertampung dengan baik, berikut caranya :

– Hapus pesan besar

Pesan yang diterima pengguna WhatsApp, biasanya memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari jenis pesan yang kirim. Untuk forto dan video, sudah pasti akan sangat besar dan bisa memakan memori ponsl, karenya itu jangan biarkan terlalu pesan tersebut ada di chat. Bila memang sudah tak pening baiknya segera dihapus.

– Manfaatkan Fitur

Dalam penerapannya, WhatsApp juga dilengkapi dengan fitur auto-download. Hal ini harus dinon-aktivkan sesegera mungkin agar saat menerima informasi pesan atau video, pengguna WA bisa menyaring lebih dulu, tidak langsung otomatis terdownload. Karena bila tidak penting, tentu akan membuat penuh ruang penyimpanan pada ponsel saja.

BACA JUGA : Tips Keluar Group WhatsApp Tanpa Diketahui

– Backup di Google Drive atau iCloud

Cara lain yang bisa dilakukan pengguna WhatsApp untuk mengemat ruang penyimpanan, tinggal menggunakan memory luar atau eksternal.

Semua pesan penting dari WA bisa disimpan pengguna melalui media luar layaknya Google Drive atau iCloud. Dengan demikian, memori internal ponsel bisa bernafas lega.

Exit mobile version