Jurus Facebook Sebarkan Digitalisasi Sampai Pedesaan

Ilustrasi logo Facebook/ dok.www.developingtelecoms.com

Memperluas jaringan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) hingga ke pedesaan, Facebbok Connectivity bersama dengan para mitra lokal berupaya untuk melepas sekat kesenjangan akses internet yang cepat dan terpercaya guna menghubungkan lebih banyak orang.

Sesuai peranan Facebook untuk menyediakan ekosistem, bekerja dengan penyedia jaringan, penyedia infrastruktur, manufaktur peralatan, dan mitra ekosistem lainnya. Inisiatif konektivitas Facebook melengkapi agenda pemerintah untuk Ekonomi Digital Indonesia.

Pengalokasian serat optik adalah proyek yang membutuhkan sumber daya besar di negara kepulauan seperti Indonesia. Proyek Palapa Ring menghadirkan konektivitas dari serat optik ke setiap provinsi.

tower BTS

Ada kebutuhan untuk memperluas jaringan serat ini ke kota kecil dan daerah pedesaan. Program Jaringan Transportasi Terbuka membantu menghadirkan jaringan tersebut ke area yang belum terjangkau, memampukan penyedia layanan dan ISP untuk menyediakan konektivitas broadband.

BACA JUGA : Trik Caption Menarik Pikat Pelanggan Via Instagram

Bersama dengan mitranya, yakni Alita, Facebook Connectivity berinvestasi pada kabel serat optik sepanjang 3.000 km di Bali, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Ketika proyek ini selesai, inisiatif ini akan melengkapi Palapa Ring untuk menghadirkan layanan internet berkecepatan lebih tinggi kepada lebih dari 10 juta orang, sekaligus mempromosikan inklusi digital.

Studi tentang dampak ekonomi oleh Analysys Mason menghitung bahwa investasi serat di Indonesia dapat memiliki dampak PDB lebih dari 6 miliar dolar AS selama kurun waktu 2020-2024.

Express WIFI

Menurut Facebook, Wi-Fi adalah teknologi penting yang menyediakan akses internet dengan cepat, terjangkau, dan dapat diandalkan kepada masyarakat. Di Indonesia, Facebook mengklaim memiliki beberapa mitra Wi-Fi, seperti BaliTower di Jakarta, D-Net di Gunung Bromo, dan Primacom di daerah-daerah pedesaan.

Platform Express Wi-Fi dari Facebook tersebut digunakkan untuk membantu para mitra untuk membangun, mengoperasikan, dan mengembangkan jaringan Wi-Fi mereka secara berkelanjutan.

Terragraph

Kota-kota padat penduduk dengan infrastruktur yang rumit menyulitkan untuk menyediakan akses serat ke setiap jalan. Terragraph adalah teknologi nirkabel gigabit yang dirancang memberikan pilihan yang cepat, terjangkau, dan mudah digunakan untuk kabel serat optik, dan dapat mendukung penggunaan akses nirkabel tetap, WiFi publik, dan menyediakan konektivitas yang mendasari layanan Smart City.

BACA JUGA : Shopee Dorong Ratusan UMKM Ekspor ke Luar Negeri

Pada tahun 2018, Facebook dan XL melakukan uji coba Terragraph di Kota Tua untuk menyediakan akses WiFi publik kepada ribuan pengguna selama perhelatan Asian Games. Terragraph menggunakan pita 60GHz yang tidak berlisensi di sejumlah negara di seluruh dunia, dan pada bulan April, KOMINFO mengeluarkan rancangan peraturan 60GHz untuk konsultasi publik dan kami berharap bahwa regulasi final akan segera diterbitkan.

Internet 1O1

Internet 1O1 adalah kolaborasi antara Facebook dan GSMA untuk mengembangkan konten guna membantu pengguna internet pertama kali mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman online mereka. Di Indonesia, kami meluncurkan program ini bekerja sama dengan Indosat Ooredoo pada Oktober 2019. Program ini bekerjasama dengan para pengecer lokal dan pada Mei 2020, kami telah memfasilitasi pelatihan untuk 1,4 juta pengguna di 4.578 desa.

 

Exit mobile version