JX Indonesia dan JD.ID Gelar Pelatihan Pemasaran Digital untuk UMKM Kota Serang

Perusahaan penyedia logistik, JX Indonesia bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang melaksanakan program edukasi pemasaran digital bagi UMKM.

Program yang bertajuk “Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha Menjadi Usaha Kecil” ini memberikan edukasi dan pelatihan mengenai pengenalan dan pemanfaatan platform online & digital dalam kegiatan jual beli oleh pelaku UMKM.

Kegiatan edukasi ini dilaksankan Selasa (28/9) lalu di Hotel Puri Kayana, Kota Serang. Sebanyak 50 pelaku UMKM di Kota Serang mengikuti kegiatan yang resmi dibuka oleh Kepala Dinas Perdagangan Industri Koperasi UMKM Kota Serang Wasis Dewanto.

Baca juga : Menkop dan UKM Teten Masduki Kunjungi JNE UKM Fulfillment Center

Secara sistematis para pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan sejumlah materi, seperti hal-nya pengenalan dan pemanfaatan platform e-commerce dalam kegiatan jual beli, pengenalan metode transaksi COD sebagai upaya membangun dan membina kepercayaan pelanggan, pengenalan JD.ID sebagai salah satu platform e-commerce dengan jaringan marketplace yang luas, cara bergabung menjadi mitra seller JD.ID, serta penjelasan mengenai program social commerce JD Fans, program afiliasi marketing resmi milik JD.ID.

Dalam kesempatan tersebut Wasis menyampaikan latar belakang dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberi kesempatan para pelaku UMKM Kota Serang terdigitalisasi.

“Kita dapat melihat bahwa pada saat ini persaingan usaha tidak lagi dilakukan secara konvensional, melainkan online dan digital. Oleh karena itu, kami berharap para rekan-rekan seller dapat menerapkan pengetahuan & informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini pada keseharian-nya, dan dapat juga membagikan ilmu tersebut kepada para pelaku UMKM lain-nya. Sehingga UMKM, terlebih yang berada di Kota Serang, semakin terliterasi, berdaya, dan bermanfaat.” jelas Wasis.

Head of Marketing JX Indonesia Adhika Yosmik turut menjelaskan JX Indonesia hadir sebagai penyedia jasa logistik hulu ke hilir bagi rekan usaha.

Baca juga : Menhub Sentil Operator Tol Laut Agar Melayani dan Berikan Subsidi ke UMKM

“Melalui edukasi dan pelatihan mengenai pemasaran digital ini, kami hendak berbagi ilmu dan kiat sukses agar para seller dapat dengan mudah beradaptasi dan memanfaatkan digitalisasi kegiatan jual beli dengan sebaik mungkin.” kata Adhika.

Lebih lanjut, Head of Sales JX Indonesia Charlie, yang memberikan edukasi dan pelatihan perihal metode pembayaran cash on delivery (COD) juga menambahkan bahwa COD adalah salah satu cara jitu yang dilakukan oleh para seller untuk membangun kepercayaan para pelanggan.

Hal ini didukung dengan temuan data statistik yang menyatakan bahwa lebih dari 70% konsumen Indonesia masih memilih metode COD sebagai metode transaksi belanja dan pengiriman barang.

“Terlebih di situasi pandemi dimana kegiatan jual beli mayoritas dilakukan secara digital dan online, kami melihat metode COD sebagai jalan tengah, yang memungkinkan kedua belah pihak, seller dan pelanggan, merasakan kepuasan dan manfaat dari belanja online.” tegas Charlie.

JD.ID yang ikut mengambil peran dalam kegiatan ini menjelaskan berbagai upaya selalu dilakukan e-commerce ini untuk membentuk lingkungan dagang yang sehat dengan fasilitas yang lengkap.

“Melalui kegiatan ini kami ingin mengajak para pelaku UMKM di Indonesia khusus-nya Kota Serang, untuk bergabung dengan JD.ID, bersama-sama dengan kami “naik level”. Di JD.ID barang-nya #DijaminOri, seller-nya #DijaminBetah.” kata Marketplace Training and Development Specialist JD.ID Rurri Ramadhan.

Baca juga : Intip Kesuksesan Nuritek, Pemerintah Minta UMKM Ciptakan Produk Berbasis Inovasi

Dikarenakan tingkat antusiasme dan keikutsertaan yang tinggi dari para seller peserta di Kota Serang, JX dan JD.ID bermaksud untuk melanjutkan program edukasi dan pelatihan ini secara berkelanjutan di berbagai lokasi di Indonesia.

Melalui rangkaian kegiatan ini, JX dan JD.ID berkeinginan untuk dapat berbagi ilmu dan informasi terbaru mengenai industri e-commerce kepada para pelaku UMKM, menggandeng para seller dari berbagai daerah, serta memberikan program pelatihan dengan materi yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan para #TemanOnlineSeller.

Exit mobile version