Kaget Tagihan Air Membengkak? Ada Solusinya Nih!

Kamu pernah nggak sih ngalamin yang namanya tagihan air membludak? Pas lagi baca tagihan air, muka jadi pucat, syok, sampai bikin kamu termenung sejenak dan berpikir kok bisa yaa.

Eits, tenang duluuu! Sekarang ada solusinya kok dari Telkomsel, yakni teknologi Smart Water Meter. Dijamin kalau pake Smart Water Meter, kamu nggak bakal terkejut baca tagihan listrik bulan depan. Apa itu Smart Water Meter? Cari tahu sendiri lewat artikel di bawah ini ya!

Baca Juga: Rekomendasi Webcam Murah Terbaik Agustus 2021

Apa Itu Smart Water Meter?

Smart Water Meter adalah teknologi yang dikembangkan berkat hasil kolaborasi antara unit bisnis Telkomsel, yakni Telkomsel IoT, dengan PT Barindo Anggun Industri yang merupakan produsen meter air dan aksesoris sambungan rumah. Pengembangan Smart Water Meter ini sendiri dilakukan dengan menggunakan basis teknologi Internet of Things (IoT) atau lebih tepatnya memanfaatkan teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT).

NB-IoT adalah teknologi telekomunikasi Low Power Wide Area Network (LPWAN) bagian dari roadmap teknologi 5G yang dirancang secara khusus agar komunikasi antar mesin semakin masif. Selain memiliki cakupan jaringan yang semakin luas, bahkan sampai dua kali dari teknologi GSM, NB-IoT juga mampu menghasilkan ketahanan baterai dari perangkat hingga 10 tahun dan bisa bikin hemat dengan biaya modul yang rendah.

Teknologi NB-IoT di Smart Water Meter ini ada karena berkat pengembangan dari platform IoT Smart Connectivity Telkomsel yang sudah ada dari zaman 2G sampai 4G LTE sekarang ini.

Nah, pengembangan Smart Water Meter ini memang menjadi cita-cita dan bentuk komitmen dari Telkomsel yang ingin mengakselerasikan transformasi digital di sektor industri dengan menghadirkan pemanfaatan teknologi IoT. Dengan demikian, diharapkan para korporasi di sektor industri ini nih bisa meningkatkan produktivitas, menciptakan efesiensi dan efektifitas kerja, serta keputusan bisnis berbasis data.

Keunggulan Smart Meter Water

Kalau tadi kita sudah baca mengenai apa itu Smart Water Meter, kali ini kami akan ajak kamu untuk mengetahui keunggulannya. Smart Water Meter ini hadir dengan beberapa komponen, di antaranya:

Dengan mengandalkan ketiga komponen tadi, Telkomsel IoT dan Barindo berharap teknologi Smart Water Meter ini dapat mendorong efisiensi dan produktivitas penggunanya, di mana yang paling utama adalah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Melalui pemanfaatan Smart Water Meter, PDAM dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan karena dapat mengontrol status dan mengumpulkan informasi langsung dari water meter dengan data terkini.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa keunggulan dan keuntungan yang bakal diperoleh oleh PDAM ketika memanfaatkan Smart Water Meter, di antaranya:

  1. Dapat mengetahui Non Revenue Water (NRW) apabila terjadi kebocoran pada instalasi pipa.
  2. Membaca jumlah penggunaan air oleh pelanggan di water meter secara real-time, sehingga dapat mencegah penggunaan air berlebih.
  3. Mengurangi potensi kesalahan di water meter pelanggan.
  4. Memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat.
  5. Dapat diintegrasikan dengan sistem prabayar.

Semua keunggulan tadi tentu saja tidak hanya memberikan kemudahan kepada PDAM, tapi juga pelanggan PDAM itu sendiri. Dengan demikian, PDAM pun dapat menghadirkan pelayanan yang lebih optimal terhadap pelanggannya.

Baca Juga: MG Manfaatkan IoT Jawab Kebutuhan Pecinta Otomotif

Akan Tersedia di Kota Besar Lainnya

Sebagai permulaan, kolaborasi antara Telkomsel IoT dan Barindo melalui Smart Water Meter ini baru tersedia untuk wilayah Surabaya dan Makassar. Namun, ke depan ketersediaan teknologi canggih tersebut akan merambah ke 12 kota besar lainnya di Indonesia.

Secara bertahap dan terukur, Telkomsel IoT dan Barindo juga akan memperluas ketersediaan alat ukur pemakaian tagihan air tersebut lebih luas lagi seiring dengan dengan semakin tingginya kebutuhan sektor industri dan korporasi terhadap solusi yang dihadirkan melalui teknologi IoT Telkomsel.

Selain itu, implementasi teknologi NB-IoT ini nggak hanya diterapkan di sistem Smart Water Meter, tapi juga di beberapa use case, seperti misalnya pada smart metering PLN, smart lighting pada lampu jalan, konsep bike sharing di Universitas Indonesia, dan smart sensing untuk pemberikan pakan ikan otomatis yang terjalin berkat kolaborasi dengan startup agriculture lokal, yakni e-Fishery.

Hadirnya teknologi IoT ini tentu saja dilakukan untuk membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan teknologi terdepan secara tepat guna. Informasi lebih lanjut mengenai NB-IoT dan layanan Telkomsel IoT lainnya dapat diakses melalui link website di www.telkomseliot.com.

Baca Juga: UMKM Masuk! Ada Platform Bikin Aplikasi Tanpa Coding Nih!

Exit mobile version