Kamera Dashboard Mobil: Mengapa Diperlukan berikut Panduan Pembelian untuk Pemula

Keamanan berkendara sangat diperlukan, mengingat ada banyak risiko yang bisa terjadi di jalanan seperti perampokan atau kecelakaan lalu lintas. Perangkat seperti kamera dashboard mobil sangat berperan penting untuk meningkatkan keamanan kendaraan.

Dashboard cam (dashcam) atau kamera dashboard mobil merupakan kamera berukuran kecil yang dipasang di dashboard atau kaca depan mobil. Fungsi utamanya untuk merekam video saat tengah berkendara.

Kamera kecil ini terhubung ke sistem listrik mobil atau ada juga yang menggunakan baterai internal. Perangkat ini bisa merekam video dalam format loop secara terus-menerus. Umumnya dashcam dilengkapi dengan lensa sudut lebar yang mencakup pemandangan depan jalan, mampu merekam suara juga informasi lain seperti kecepatan dari kendaraan tersebut.

Selain fungsi utamanya untuk keamanan, biasanya dashcam ini digunakan sebagai alat bukti kecelakaan lalu lintas yang terjadi atau pencurian. Bagi para content creator, dashcam ini digunakan untuk merekam perjalanan liburan atau road trip.

Alasan Mengapa Kamera Dashboard Mobil Diperlukan

Kamera Dashboard Mobil: Mengapa Diperlukan

Sering jadi pertanyaan apakah kamera dashboard mobil ini sudah ada di tiap mobil yang dibeli? Jawabannya tidak semua.

Untuk dashcam bawaan, hanya di tipe tertinggi saja. Contohnya, Suzuki XL 7, dashcam hanya ada di tipe tertinggi yaitu alpha. Di produsen mobil Toyota misalnya, untuk Toyota Yaris, dashcam bawaan ada di Yaris Cross tipe S.

Namun, kadang kala kualitas video dashcam bawaan tidak terlalu bagus di kondisi cuaca tertentu, lalu masa pakainya juga singkat hingga spesifikasi terbatas. Inilah mengapa banyak pemilik mobil mau mengganti dashcam dengan kualitas bagus.

Baca juga: 7 Cara Mengemudikan Mobil Hemat BBM

Bagi pemilik mobil yang tidak memiliki dashcam atau ingin menggantinya, berikut ini beberapa alasan mengapa kamera dashboard mobil itu diperlukan.

1. Cara Kerja Mirip CCTV

Terlepas dari ukurannya yang kecil, tetapi kinerja jenis kamera ini cukup kompleks. Kamera ini mampu merekam apa pun yang terjadi selama mobil berjalan. Cara kerjanya ya mirip dengan CCTV, mau dipantau atau tidak, kamera tersebut tetap merekam.

2. Sebagai Alat Bukti

Kita tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi ketika berada di jalan raya. Misalnya, ketika sudah melaju dengan kecepatan normal, tiba-tiba dari arah belakang ada yang tiba-tiba nyalip dan menyerempet mobil. Yang jadi masalah, pengendara tersebut malah lebih sewot dan mengancam akan dibawa ke jalur hukum.

Rekaman video dari dashcam bisa dijadikan alat bukti, apabila orang yang nabrak berkelit atau menuntut akan membawa perkara ke jalur hukum. Video tersebut akan menjadi bukti kuat bahwa kamu tidak bersalah.

3. Jaminan Polis Asuransi

Apabila mobil didaftarkan ke asuransi kendaraan, ketika terjadi kecelakaan, rekaman dari dashcam bisa digunakan untuk membantu proses klaim asuransi. Rekaman tersebut sangat membantu memperkuat klaim dan memfasilitasi proses dari klaim tersebut.

4. Memiliki Fitur GPS

Biasanya kamera dashboard mobil bawaan hanya bisa digunakan untuk merekam saja. Namun, sekarang ada banyak dashcam yang lebih canggih, di mana dilengkapi dengan fitur GPS dan terhubung dengan internet.

Fitur ini tentu saja memudahkan pemilik mobil ketika melakukan perjalanan karena bisa mengarahkan jalan. Selain itu, fitur GPS mampu mendeteksi potensi adanya kecelakaan di jalan raya, bisa merekam kecepatan mobil hingga akselerasi. Ketika misalnya mobil kamu mengalami kecelakaan, fitur ini bisa menangkap momen beberapa detik sebelum kejadian.

Panduan Memilih Kamera Dashboard Mobil untuk Pemula

1. Sesuaikan dengan Jenis Mobil

Ketika ingin membeli dascham pertama kali, yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan dengan jenis mobil. Perlu diketahui bahwa tidak semua dashcam cocok digunakan untuk segala jenis mobil.

Bagi pemula, sebaiknya pilih kamera dengan cara pemasangan yang tidak rumit. Pastikan produk tersebut memiliki distributor resmi agar ada garansi dan memiliki layanan purna jual. Beberapa penjual dashcam juga menyediakan jasa pemasangan, sehingga bisa menjadi tambahan pertimbangan saat hendak membeli kamera ini.

2. Resolusi Gambar

Pilih kamera dengan resolusi gambar terbaik. Semakin tinggi resolusi gambar tersebut, maka akan semakin detail dan bagus rekaman videonya. Dengan demikian, ketika terjadi masalah akan mudah untuk memperhatikan detailnya. Disarankan membeli dashcam dengan kemampuan perekaman minimal full HD 1080 pixel.

3. Adanya Fitur Night Mode

Pencahayaan di malam hari biasanya kurang maksimal. Karena pencahayaannya yang rendah, maka seringnya hasil rekaman atau gambar mengalami noise. Oleh karena itu, pastikan membeli dashcam yang memiliki fitur night mode agar kualitas rekamannya bagus.

4. Sudut Lensa

Membeli dashcam bagi pemula, patut mempertimbangkan sudut lensa. Dashcam dengan sudut lensa yang luas atau biasa disebut wide lense memiliki jangkauan gambar yang tertangkap oleh kamera lebih banyak. Maka, pilihlah dashcam yang memiliki sudut lensa ini.

5. Daya Tahan Kamera

Pemula yang akan membeli dashcam, perlu memperhatikan daya tahan kamera. Pilihlah dashcam dengan durabilitas baik karena akan ada guncangan mobil ketika bergerak di jalan dan lokasi dari pemasangan di kaca cukup panas di siang hari. Selain itu pilih kamera yang menggunakan back up baterai super kapasitor, supaya lebih tahan lama dan mempunyai baterai cadangan.

6. Memori Penyimpanan Data

Merekam setiap hari dan memiliki file video cukup besar, tentunya memerlukan memori penyimpanan yang memadai. Apabila ruang penyimpanan data terbatas, maka video-video sebelumnya bisa terhapus.

7. Fitur Perekam Audio

Tidak semua kamera dashboard mobil bisa merekam suara. Disarankan pilihlah dashcam yang memiliki fitur perekam audio. Ini sangat berguna ketika terjadi pertengkaran dengan pengendara lain saat di jalan, sehingga bisa dijadikan barang bukti.

Baca juga: Tip untuk Membuat Video yang Menarik dengan Lagu TikTok Viral

Kecanggihan teknologi mobil sekarang ini patut diacungi jempol. Kamera dashboard mobil merupakan bentuk inovasi teknologi yang mampu membuat pengendara lebih aman dan nyaman saat berkendara.

Exit mobile version