8 Aplikasi Kamera Malam di Smartphone untuk Bikin Foto Gelap Jadi Jernih

Memotret di malam hari membutuhkan effort yang lebih karena hasil foto tidak sejernih memotret di pagi atau siang hari. Umumnya foto yang dihasilkan saat motret malam berpotensi noise, gelap dan buram. Menggunakan aplikasi kamera malam bisa jadi solusi praktis dan murah.

Sudah jadi rahasia umum sekarang ini banyak aplikasi edit ataupun kamera muncul di Google Play Store dan App Store untuk memfasilitasi kebutuhan para pengguna. Apalagi di zaman digital di mana media sosial menjadi tempat untuk berbagi konten visual, kamera menjadi perangkat penting dan wajib dimiliki.

Aplikasi kamera malam hadir sebagai bentuk solusi atas masalah yang dialami pengguna smartphone di mana menginginkan hasil foto tajam ketika motret di malam hari. Di aplikasi ini ada beragam fitur seperti flash, mode malam atau pengaturan manual ala kamera DSLR yang lengkap sehingga pengguna bisa mengambil foto yang lebih baik di kondisi minim cahaya.

Menggunakan kamera malam, kebutuhan konten visual yang menarik dan estetik pun bisa terpenuhi. Berikut ini rekomendasi beragam aplikasi kamera malam yang bisa diunduh demi foto atau video dengan kualitas baik.

8 Aplikasi Kamera Malam di Smartphone

1. Manual Camera DSLR

Rekomendasi pertama untuk kamera malam adalah Manual Camera DSLR. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur layaknya kamera DSLR, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman memotret ala kamera profesional melalui smartphone. Tak hanya itu saja, Manual Camera dilengkapi dengan fitur kustomisasi inbuilt untuk bisa memperbaiki foto dengan memberikan sedikit editing.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah pengambilan foto yang detail di malam hari. Di sini juga, pengguna bisa belajar mengoperasikan kamera secara manual dengan mengatur ISO, aperture dan lain-lain. Sangat cocok untuk pengguna yang mau belajar fotografi.

Baca juga: Starter Kit untuk Hobi Fotografi ala Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

2. Google Camera (Gcam) APK

Aplikasi berikutnya adalah Google Camera (GCam) yang merupakan aplikasi resmi dari Google. Adapun GCam ini dikembangkan untuk smartphone Pixel tetapi bisa digunakan oleh pengguna Android.

GCam APK menjadi aplikasi kamera malam terbaik yang hadir dengan fitur-fitur canggih seperti, panorama, astrophotography, HDR+ enhanced yang memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan kualitas tajam dan detail.

Adalah Marc Levoy yang mengembangkan aplikasi ini. Berkat tangannya yang lihai, kualitas foto dari GCam APK ini konon bisa menyaingi iPhone. Tampilan user interface-nya yang sederhana membuat pengguna tidak bingung saat mengoperasikannya.

3. ProCam X

ProCam X memiliki kelebihan di fitur seperti kamera DSLR. Pengguna memiliki kontrol penuh dalam mengatur fokus, ISO, eksposur dan lain-lain. Ini tentunya sangat menguntungkan karena akan menghasilkan foto yang tidak buram.

Selain bisa menangkap gambar dan juga video dengan resolusi tinggi, ProCam X bisa mengambil foto dengan jumlah banyak dalam mode burst seperti yang dimiliki kamera iPhone. Tentu saja ini berguna saat pengambilan video time lapse atau stop motion.

Beberapa fitur lain yang menjadi keunggulan dari ProCam X antara lain:

4. Color Night Vision wit AR

Teknologi yang ada di aplikasi ini memungkinkan pengguna bisa memotret atau merekam video di kondisi cahaya yang minim. Selain itu ada fitur koreksi histogram adaptif yang bisa mengoreksi foto menjadi lebih tajam dan cerah.

Color Night Vision with AR tersedia untuk kamera depan dan belakang. Sehingga pengguna bisa mengambil swafoto maupun foto lainnya seperti panorama. Kelebihan lain dari aplikasi kamera malam ini adalah tersedia serangkaian alat untuk pengeditan foto.

5. Camera FV-5

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengatur aperture, ISO, fokus dan fitur lainnya untuk bisa menghasilkan jepretan dengan warna tajam dan detail. Adapun mode malam yang ada di aplikasi ini bisa menangkap gambar secara detail di tempat minim cahaya.

Kelebihan lainnya, pengguna bisa menyimpan foto dalam berbagai format seperti PNG, JPG, DNG RAW 16-bit. Untuk memfasilitasi pengguna, aplikasi ini menawarkan versi pro yang berbayar.

6. Night Camera

Night Camera bisa mengambil foto dan video berkualitas tinggi di tempat yang cahayanya redup. Hasilnya pun cukup tajam dan minim noise. Beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari Night Camera antara lain:

7. Night Eyes

Kamera malam berikutnya adalah Night Eyes. Di aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang tak kalah menarik dari aplikasi lainnya seperti 10x Digital Live Zoom di mana pengguna bisa menggunakannya untuk memperbesar ukuran objek yang ukurannya kecil.

Tak hanya itu saja, ada dua mode foto yaitu potrait dan landscape yang didukung dengan pengaturan cahaya otomatis. Ingin tampilan estetik untuk swafoto ala Pinterest? Ada beragam filter warna yang bisa digunakan.

Baca juga: 5 Ponsel Untuk Pecinta Fotografi

8. NightCap Camera

Bagi pengguna iOS, aplikasi NightCap Camera merupakan salah satu aplikasi kamera malam terbaik. Aplikasi ini bisa mengakses kamera belakang dan depan sehingga pengguna bisa swafoto dengan hasil yang jernih walau di malam hari. Ada fitur menarik lainnya antara lain:

Beragam aplikasi kamera malam di atas bisa dijadikan pilihan dengan menyesuaikan kebutuhan dan tipe smartphone. Jika ingin mendapatkan fitur lebih, opsi berbayar bisa dipertimbangkan.

Exit mobile version