6 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia yang Wajib Dicoba

JNEWS – Kapal ferry sering dianggap hanya sebagai sarana transportasi dari satu titik menuju ke titik lain. Namun, beberapa rute ferry di dunia menawarkan lebih dari sekadar perpindahan lokasi.

Kapal ferry dengan rute tertentu menghadirkan perjalanan melintasi pemandangan yang spektakuler, yang tak ada bandingannya. Jadi bayangkan saja, “hanya” dengan naik kapal ferry, penumpang berkesempatan menjelajahi beragam titik-titik terindah di bumi!

Hal ini pastinya tidak hanya akan memperkaya pengalaman berwisata tetapi juga memberikan kesempatan unik untuk menikmati keindahan alam dari dek kapal.

Di artikel ini, kita akan membahas enam rute kapal ferry yang terkenal dengan keindahan alamnya dan mengapa rute-rute tersebut layak untuk dicoba.

Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia

6 Rute Kapal Ferry Terindah di Dunia yang Wajib Dicoba

1. Kepulauan Virgin Britania

Banyak orang mengira, bahwa keindahan Kepulauan Virgin Britania hanya bisa dinikmati dengan menggunakan superyacht atau helikopter. Padahal sebenarnya, ada cara yang lebih sederhana dan menarik untuk menikmati keindahan kepulauan ini, yaitu dengan menggunakan kapal ferry.

Salah satu rute ferry favorit adalah yang menghubungkan Virgin Gorda, pulau terbesar ketiga, dengan Beef Island. Dari Beef Island, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Tortola, pulau terbesar, melalui jembatan yang menghubungkan kedua pulau tersebut.

Ferry di kepulauan ini bukan hanya alat transportasi yang efisien, tetapi juga tempat yang baik untuk mengamati kehidupan sehari-hari penduduk lokal. Kapal yang digunakan umumnya ramah untuk hewan, sehingga sering sekali digunakan sebagai alat pengangkut segala macam hal oleh penduduk lokal, termasuk hewan ternak.

Baca juga: Panduan Cara Beli Tiket Ferry Online dan Via Loket

2. Daintree Ferry, Australia

Kapal ferry Daintree di Australia menghubungkan Hutan Hujan Daintree dan Cape Tribulation dengan wilayah lain di Far North Queensland melalui Sungai Daintree. Perjalanan feri yang spektakuler ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit, tetapi memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dengan pemandangan hutan hujan tertua di dunia dan panorama Cape Tribulation.

Menurut situs Daintree Ferry, dalam rutenya, kapal ini akan melewati dua situs warisan dunia UNESCO, yaitu Hutan Hujan Daintree dan Great Barrier Reef. Uniknya, kapal ini beroperasi dengan cara yang tidak biasa; ditarik oleh kabel baja yang terletak di bawah air. Sebuah winch hidrolik bertugas menarik kapal dari satu tepi sungai ke tepi yang lain.

3. Fair Ferry, Belanda

Jika berencana ke Rotterdam, cobalah pengalaman yang lebih santai dengan naik kapal ferry dari London yang memakan waktu 36 jam. Armada Fair Ferry menawarkan beberapa pilihan kapal, termasuk kapal penangkap ikan, kapal kargo, sampai kapal penangkap paus.

Kapal favorit dalam armada ini adalah Jantje, sebuah kapal layar yang dibangun pada tahun 1930. Baru-baru ini, kapal ini dan enam kabin gandanya telah dirombak. Untuk menikmati pemandangan terbaik selama perjalanan, dianjurkan untuk duduk di salah satu beanbag ukuran jumbo yang tersedia di dek atas. Jika duduk di dek atas masih kurang memacu adrenalin, awak kapal siap membantu menunjukkan cara memanjat tiang kapal.

4. Herjolfur, Islandia

Sebenarnya, hanya butuh waktu 20 menit untuk terbang dari Reykjavik ke Pulau Heimaey di Islandia. Namun, jika tak terburu-buru, memilih naik kapal ferry akan menawarkan pengalaman yang berbeda.

Dengan begitu, penumpang lebih bisa menikmati pemandangan garis Pantai Heimaey yang indah dan berbukit, yang terbentuk dari aktivitas vulkanik selama jutaan tahun. Tidak hanya itu, ada juga sajian pemandangan indah Elliðaey, sebuah pulau batu yang menjulang dari laut. Uniknya, di tengah pulau batu tersebut, ada sebuah pondok putih kecil yang berdiri sendirian, tanpa tetangga. Sungguh sebuah surga bagi para introver.

Pun ada gua-gua laut di sepanjang Pantai Heimaey yang bisa lebih puas diamati dari atas kapal, dan pelabuhan yang nyaris lenyap pada tahun 1973 ketika gunung berapi Eldfell meletus.

5. Suruga Bay, Jepang

Teluk Suruga di Jepang menawarkan salah satu pemandangan paling ikonik dengan latar belakang Gunung Fuji. Saat naik kapal ferry yang menghubungkan Pelabuhan Shimizu di Kota Shizuoka dengan Pelabuhan Toi di Kota Izu, pemandangannya sungguh tak ada duanya.

Tak hanya Gunung Fuji, dari ferry ini juga akan tampak pemandangan tak terhalang dari area Miho no Matsubara, yang terkenal dengan garis pantainya yang dikelilingi pohon pinus sepanjang tujuh kilometer.

6. BC Ferries

BC Ferries di Kanada adalah armada kapal yang efisien dan ramah lingkungan, menghubungkan komunitas pesisir di British Columbia. Armada ini termasuk lima kapal hibrida, dengan yang terbaru diluncurkan pada tahun 2022.

Kapal-kapal ferry ini ini berlayar melintasi beberapa lanskap paling spektakuler di Kanada. Salah satu rute yang menonjol adalah Inside Passage, yang menghubungkan Port Hardy di Pulau Vancouver dengan Prince Rupert di bagian utara British Columbia.

Rute lain yang tak kalah mengesankan adalah dari Port Hardy ke Bella Coola, yang memungkinkan penumpang melintasi fjord glasial dan hutan hujan kuno dengan menggunakan kapal Northern Sea Wolf milik BC Ferries. Kapal ini dinamai menurut makhluk yang dipercaya sebagai manifestasi dari orca, simbol keluarga dan kesetiaan bagi Suku First Nations.

Baca juga: 7 Pulau Terindah di Dunia yang Harus Dikunjungi Sekali Seumur Hidup

Ternyata naik kapal ferry tidak hanya soal berangkat dari satu dermaga untuk turun di dermaga lain. Kapal ferry ternyata dapat membuka pintu ke pengalaman baru, membawa penumpang melintasi area perairan—laut, sungai, danau—yang indah dengan pemandangan tak terlupakan. Dalam artikel ini, setiap rute bukan hanya sekadar perjalanan, tetapi sebuah undangan untuk menyaksikan keajaiban alam dari sudut yang berbeda.

Exit mobile version