8 Kapal Ferry Terbaik di Indonesia: Rute, Fasilitas, dan Daya Tarik

JNEWS – Kapal ferry merupakan alat transportasi yang penting di Indonesia untuk bergerak dari pulau ke pulau. Indonesia memiliki berbagai ukuran ferry dari yang kecil untuk penumpang saja sampai yang sangat besar sehingga  dapat memuat bus dan truk. Seiring waktu, tuntutan penumpang meningkat, yaitu tidak hanya sekadar menyeberang tetapi juga ingin menikmati kenyamanan bahkan kemewahan selama perjalanan.

Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, yaitu 99.083 km dengan jumlah pulau 16.711. Kapal ferry merupakan urat nadi transportasi laut yang terus berbenah. Ferry di Indonesia dioperasikan oleh PELNI, ASDP dan swasta. Operator kapal ferry mendapat pengawasan dari Ditjen Perhubungan Laut. Salah satu contoh perubahan yang menonjol adalah pembelian tiket yang sudah tertib melalui laman dan aplikasi Ferizy dari ASDP.

8 Kapal Ferry Terbaik di Indonesia

Kapal ferry melayani rute-rute jarak pendek dengan jarak tempuh hingga dua hari sehingga dahulu hanya memperhatikan keperluan standar penumpang. Namun dengan makin baiknya kondisi ekonomi penumpang dan ada pula yang menggunakannya untuk berwisata, maka penumpang menginginkan peningkatan fasilitas sehingga ada kelas-kelas eksekutif atau VIP.

Berikut adalah 8 kapal ferry terbaik di Indonesia sebagai referensi.

8 Kapal Ferry Terbaik di Indonesia: Rute, Fasilitas, dan Daya Tarik

1. Dharma Kencana VII

Ini merupakan kapal ferry paling populer di kalangan kreator konten karena merupakan yang terbesar di Indonesia. Kemewahannya mungkin sedikit di bawah kapal-kapal Dharma Lautan Utama lainnya. Namun karena ukurannya yang besar, maka lebih banyak fasilitas yang tersedia. Di sini tersedia musala yang besar, restoran hingga playground.

Dari pintu lambung, penumpang naik ke bagian kamar menggunakan eskalator untuk mencapai lobi. Kapal ini memiliki interior yang berbau Jepang karena karoseri yang mengerjakannya berasal dari Jepang. Kapal ini sudah berlayar cukup lama.

KMP Dharma Kencana VII ini melayari rute Surabaya – Makassar dengan harga tiket Rp650.000 untuk kelas VIP dan Rp335.000 untuk kelas ekonomi. Anak-anak tetap membayar. Contohnya untuk kelas VIP, tiket anak-anak Rp495.000 dan bayi Rp100.000.

Baca juga: Pantai Losari Makassar: Destinasi Pantai Eksotis di Indonesia Timur

2. KMP Dharma Rucitra VIII

Dharma Rucitra VIII memiliki panjang 145 meter dan lebar 25 meter. Kapal milik DLU ini bukan yang paling besar tetapi merupakan salah satu yang paling mewah. Dari lambung kapal, penumpang akan naik lift kaca hingga ruang lobi yang mirip lobi hotel berbintang.

Kamar yang luas dan sudah menggunakan kunci sensor dilengkapi dengan fasilitas seperti kamar hotel berbintang, seperti minibar, meja, kursi, dan sebagainya. Di luar kamar, ada view deck yang nyaman, restoran, dan panggung hiburan.

Dharma Rucitra VIII menghubungkan Surabaya, Lombok, Labuan Bajo, dan Ende. Rute ini ramai karena banyak wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Harga tiket untuk kelas VIP Suites Class Rp1.500.000 per kamar. Sedangkan harga tiket untuk kursi executive sea view Rp420.000 sudah termasuk makan.

3. KMP Batu Mandi

Ini merupakan ferry penyeberangan Merak – Bakauheni. Sebenarnya jarak Merak hingga Bakauheni hanya 36 km. Namun bagi sebagian orang, jarak sedekat itu harus tetap ditempuh dengan kenyamanan. Apalagi ini merupakan rute penyeberangan paling ramai di Indonesia sehingga preferensi orang-orang yang menyeberang juga paling beragam.

Batu Mandi memiliki VIP Lounge yang dilengkapi sofa besar yang sangat empuk. Ada pula area lesehan yang dilengkapi bean bag. Di ruangan ini penumpang akan mendapat snack dan bebas mengambil minuman. Ruangan ini berada di depan sehingga penumpang mendapatkan pemandangan laut lepas. Harga tiket KMP Batu Mandi cukup terjangkau, yaitu Rp60.000.

3. KMP Sebuku

Ferry ini saudaranya KMP Batu Mandi yang dikelola ASDP dan juga menyeberangi rute Merak – Bakauheni. Kelebihan KMP Sebuku langsung terlihat ketika memasuki ruang penumpang, yaitu lukisan-lukisan di dinding  atau mural yang membuat suasana lebih hangat. Kursi-kursi penumpang diatur menyerupai kafe-kafe di darat dan ada playground. Bahkan di bagian anjungan terdapat pot-pot tanaman untuk menyegarkan suasana.

4. KMP Port Link III

Ini merupakan ferry terbesar milik ASDP yang menyeberangi Merak – Bakauheni. Port Link III memiliki VIP lounge dengan kursi yang empuk. Namun di hari libur, kabin ini cepat penuh karena jumlahnya terbatas. Fasilitas di dalam kapal sangat lengkap, yaitu ruang penumpang, tempat bermain anak-anak, restoran, ruang lesehan hingga masjid atau musala. Musala di Port Link III cukup luas dibandingkan ferry sejenis sehingga di papan petunjuk tertulis masjid.

5. KMP Dharma Kencana V

Kapal ini masih baru dan segera menjadi favorit banyak orang karena fasilitasnya yang mewah. Fasilitas yang tersedia di kapal ferry ini tidak tanggung-tanggung. Selain lobi dan kamar yang lebih moderen daripada ferry milik DLU lainnya, penumpang juga bisa memanfaatkan gym dan bercukur.

KMP Dharma Kencana V melayari rute Subaraya – Balikpapan. Harga tiket Dharma Kencana V kelas VIP Rp1.000.000.

6. KMP Nawasena

Nawasena termasuk masih baru dan merupakan milik Jemla Ferry. Ferry ini tidak dilengkapi dengan kamar-kamar, tetapi memiliki kursi VIP nyaman. Fasilitasnya cukup lengkap untuk jarak pendek, antara lain ada musala, smoking room, deck, dan restoran.

KMP Nawasena melayari rute Bali – Lombok hanya dalam waktu 3 jam jika tidak ada masalah. Ini jauh lebih cepat dari kapal-kapal lain.

7. Majestic Fast Ferry

Majectic merupakan ferry penyeberangan antarnegara, yaitu Batam di Indonesia dan Singapura. Ferry yang ada di perairan ini merupakan ferry cepat karena jaraknya yang sangat dekat. Fasilitas di dalam kapal adalah tempat duduk yang nyaman dan bersih, penanganan bagasi, serta restorasi.

Di wilayah ini juga ada lebih dari satu pelabuhan sehingga calon penumpang harus menentukan dahulu di mana akan naik dan turun. Majestic melayani rute Batam Center Point – Harbourfront Center yang dapat ditempuh dalam waktu 45 menit. Harga tiket Majectic Fast Ferry Rp400.000 – Rp465.000.

8. KM Dharma Kartika II

Lagi-lagi DLU meluncurkan kapal ferry mewah. Ferry terbaru DLU ini tampak seperti hotel berbintang di semua sudutnya, dari lobi, lorong, kamar, bahkan musalanya. Untuk kamar, ukurang jendela lebih besar sehingga dapat melihat pemandangan laut lebih luas.

KM Dharma Kartika II melayari rute Surabaya – Banjarmasin. Harga tiket KM Dharma Kartika II Rp550.000 per bed untuk kelas VIP. Tiap kamar terdiri dari 2 bed.

Baca juga: Pesona Alam Kepulauan Selayar: Jejak Wisata Alam Tersembunyi di Indonesia Timur

Ferry makin dibutuhkan di tengah makin ramainya lalu lintas manusia dan barang antar pulau. Delapan kapal ferry di atas menunjukkan bahwa penumpang tak lagi berprinsip asal murah dan asal sampai. Penumpang makin kritis meminta pelayanan terbaik. Operator harus bersaing untuk mendapatkan penumpang setia.

Exit mobile version