Menjelajahi 8 Kebun Strawberry Terbaik di Indonesia untuk Liburan yang Berbeda

JNEWS – Kebun strawberry merupakan destinasi wisata favorit keluarga-keluarga di Indonesia. Pemandangan kebun yang didominasi warna hijau dan merah menyala mengundang perhatian siapa pun yang melihatnya. Umumnya kebun ini berada di pegunungan sehingga suasana sejuk mendukung kenyamanan wisatawan untuk menjelajahi kebun tersebut.

Indonesia memiliki banyak daerah dengan iklim yang sesuai untuk menanam stroberi. Kebun strawberry tidak hanya ada di Jawa, tetapi juga banyak di luar Jawa. Umumnya kebun ini dipadukan dengan wisata sehingga menjadi agrowisata.

8 Kebun Strawberry Terbaik di Indonesia

Dari Databoks diketahui bahwa Jawa Barat mendominasi produksi stroberi tahun 2022 sebesar 25.413 ton. Di urutan kedua adalah Jawa Tengah sebesar 1.303 ton. Meski kesenjangan produksi stroberi antara Jawa Barat dan daerah lain sangat besar, tetapi bukan berarti agrowisata stroberi daerah lain tidak mampu bersaing.

Berikut adalah 8 kebun strawberry terbaik di Indonesia untuk dijadikan pilihan destinasi liburan.

Menjelajahi 8 Kebun Strawberry Terbaik di Indonesia untuk Liburan yang Berbeda

1. Dusun Strawberry Walini, Ciwidey, Jawa Barat

Kebun strawberry di Walini tertata rapi sehingga memudahkan anak-anak menjelajah dan memetik stroberi sendiri. HTM (Harga Tanda Masuk) sebesar Rp15.000 per orang dan bisa ditukar dengan segelas jus stroberi yang segar. Stroberi di kebun ini terkenal segar dan manis. Hasil petikan pengunjung akan ditimbang dan dihargai Rp80.000 per kilogram.

Kebun ini dilengkapi dengan banyak spot foto menarik, playground, dan penginapan dengan nuansa pedesaan. Meski nuansanya pedesaan tetapi fasilitasnya lengkap dengan tempat berendam air hangat dan tempat untuk barbeque.

Baca juga: 10 Wisata Mangrove di Indonesia dan Daya Tariknya

2. Hidden Strawberry Garden, Bedugul, Bali

Kebun ini berjarak 1 – 1,5 jam dari Denpasar, tepatnya di Desa Pancasari, Kabupaten Buleleng. Jalan masuk yang disarankan melalui Jl Gatutkaca karena jalan lainnya kecil. Kawasan ini merupakan sentra kelompok tani stroberi. Bagian depan ditata rapi dengan taman yang rajin dirawat sehingga menyenangkan untuk berfoto.

Jenis stroberi di sini bermacam-macam. Stroberi berukuran kecil lebih manis, sedangkan yang besar lebih segar. HTM Rp 10.000, sedangkan hasil petikannya dihargai Rp50.000 – Rp70.000 per kilogram.

3. Bukit Strawberry, Lembang, Jawa Barat

Ini bukan sekadar kebun, tetapi juga ada banyak wahana sehingga bisa menjadi destinasi wisata yang seru. Letaknya di pinggir jalan raya sehingga mudah ditemukan. Tempat ini dilengkapi dengan stan-stan kuliner serba stroberi. Salah satunya sambal bakar stroberi. Di sini ada pula saung lesehan dengan pemandangan yang indah.

HTM disediakan dalam bentuk paket, antara Rp35.000 – Rp65.000 per orang. Paket termurah berupa petik stroberi dan gratis jus. Sedangkan paket lain dipadukan dengan wahana permainan. Agrowisata ini sangat luas, maka pastikan mengenakan baju dan sepatu yang nyaman agar bisa menjelajah sampai puas.

4. Dusun Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur

Dusun ini terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah, di lereng Gunung Lawu. Letak Cemoro Sewu strategis karena dekat dengan pos pendakian Gunung Lawu, Tawangmangu, dan Sarangan.

Kebun strawberry ini dikelola secara tradisional oleh petani setempat. Pengunjung dapat bertransaksi langsung dengan penjaga yang rata-rata juga pemilik kebun tersebut. Tidak ada fasilitas apa pun karena ini benar-benar merupakan kebun masyarakat yang luas, berdampingan dengan kebun sayur-sayuran. Pengunjung juga tidak dikenakan HTM.

Jika memutuskan membeli di tepi jalan, tidak di kebun langsung, harus bertanya keasliannya dulu ke penjual karena ada beberapa jenis stroberi yang didatangkan dari Bandung.

5. Cafe Lumintu, Pujon, Malang

Pujon merupakan daerah yang terkenal dengan kebun strawberry. Cafe Lumintu adalah salah atau tempat yang menyediakan fasilitas petik stroberi.

Pengunjung dapat masuk ke kebun langsung dengan HTM Rp5.000 atau pesan makanan dulu di Cafe Lumintu lalu menunggu makanan siap dengan jalan-jalan di kebun. Harga stroberi Rp10.000 per ons.

Yang unik dari kebun strawberry di sini adalah adanya Jembatan Strawberry yang menghubungkan kafe dengan kebun. Jembatan untuk pejalan kaki ini berada di tengah kebun dengan pemandangan yang lepas termasuk pemandangan gunung sehingga cantik untuk latar belakang foto.

Di Lumintu juga ada wahana permainan yang menyediakan permainan anak-anak hingga penyewaan motor trail dan ATV.

6. Alahan Panjang, Solok, Sumatra Barat

Solok merupakan daerah pertanian yang subur di Sumatra Barat. Pemandangannya indah. DI antara produk pertanian yang dihasilkan, ada juga produk stroberi yang antara lain dapat ditemui di Kebun Strawberry Dzjikho.

HTM di Dzjikho Rp15.000 per orang. Anak-anak usia di bawah 3 tahun dikenakan HTM Rp10.000. Stroberinya besar-besar dan segar. Buah yang sudah dipetik tidak boleh langsung dimakan, tapi ditimbang dulu dengan harga Rp150.000 per kilogram.

Kebun ini sangat luas, bersih, dan tertata rapi. Ada restoran yang sederhana tetapi besar dan lengkap dengan menu stroberi. Fasilitas menarik lainnya adalah peternakan kelinci dan tempat bermain outdoor yang pasti disukai anak-anak.

7. Strawberry Kerinci, Jambi

Perkebunan ini terletak di lereng Gunung Kerinci dengan pemandangan Danau Kerinci. Yang menonjol dari kebun di ketinggian ini adalah pemandangannya yang fantastis.

HTM dikenakan harga Rp5.000 dengan harga petik Rp10.000 per ons dan makan sepuasnya Rp50.000. Tampat ini juga menjual bibit seharga Rp25.000 dan menyewakan vila seharga Rp400.000 – Rp600.000.

Pengunjung juga dapat berkemah di sini dengan HTM Rp15.000. Jika tidak punya tenda, tinggal menyewa tenda saja seisinya—yang terdiri atas matras, kompor, lampu—dengan harga Rp250.000 dengan kapasitas 4 orang. Selain itu, juga ada pilihan menyewa camper van seharga Rp75.000.

8. La Fresa, Lembang, Jawa Barat

Buat para pencinta hal-hal estetik, agrowisata ini dapat menjadi pilihan, dimulai dari keranjang petik yang berwarna-warni girly. La Fresa menanam jenis stroberi Jepang yang besar-besar dan berwarna bagus. Kebun ditata berjajar rapi untuk menjaga estetika.

La Fresa dilengkapi dengan stan suvenir, selai, dan camilan yang lucu-lucu khas stroberi. HTM dipatok dengan harga Rp35.000 per orang gratis cold pressed juice dan harga stroberi Rp25.000 per ons.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Musim Semi Terbaik di Dunia

Liburan unik dengan menjelajahi 8 kebun strawberry terbaik di Indonesia dan merasakan kesegaran stroberi langsung dari pohonnya akan merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Agrowisata stroberi cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Exit mobile version