KECERIAAN SAAT BRIEFING PAGI

Oleh Adam Febri Wahyudi, JNE Cikarang

Briefing pagi di JNE Cikarang

Briefing pagi di JNE Cikarang

Ini adalah sekilas ceritaku saat briefing pagi yang rutin dilakukan sebelum memulai pekerjaan. Nama saya Adam, dan saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan ekspedisi yang baru saja meluncurkan pesawat JNE untuk mempercepat proses pengiriman paket. Bagi JNE, peningkatan jumlah pengiriman yang signifikan membutuhkan armada yang memadai. Saat ini JNE memiliki total sekitar 8500 armada pengantar paket di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari berbagai macam jenis kendaraan, seperti mobil, truk berukuran kecil sampai dengan besar, dan yang lainnya.

7 tahun sudah saya bergabung dengan JNE Cabang Cikarang dan saat ini saya bekerja sebagai agent e-care, yang tugasnya memonitor sekaligus membuatkan laporan pelanggan yang masuk melalui email resmi JNE Cikarang. Saya memiliki time respond atau kecepatan dalam menjawab email pelanggan yaitu maksimal 15 menit setelah email masuk ke menu inbox. Dengan rasa kecintaan terhadap pekerjaan yang saya tekuni, saya membaca satu per satu email yang masuk. Tidak jarang ada pelanggan yang meminta permintaan pick-up sampai dengan permintaan informasi terkait agen JNE yang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dari rumah ke kantor yang jaraknya sekitar 15 km, setiap hari saya harus menembus kemacetan di jam-jam sibuk. Sebisa mungkin saya tiba satu jam sebelum jam kerja, karena di area kerja kami diwajibkan briefing 10 menit sebelum memulai pekerjaan, guna membahas pekerjaan di hari sebelumnya dan memberikan solusi perbaikannya. Ada yang unik dari kebiasaan briefing ini. Biasanya, karyawan yang telat datang briefing akan dihukum dengan cara disuruh bermain atau berjoget Tiktok. Kami sangat terhibur dengan gaya hukuman seperti ini, karena sebagian besar dari kami tergolong usia millennial. Namun apabila terlambat sebanyak 3 kali dalam seminggu, karyawan tersebut akan diberikan surat peringatan.

Dalam bekerja kita harus mampu memberikan semangat yang positif, sehingga kita mampu menghadapi berbagai macam tantangan dalam pekerjaan kita. Meskipun waktunya yang singkat, namun briefing sebelum bekerja bila dilakukan secara rutin dan konsisten, mampu memberikan dampak yang positif bagi diri pribadi karyawan ataupun bagi perusahaan.

Baca juga: Jumat Berbagi bersama JNE Sukabumi

Exit mobile version