Kepengurusan BPKB dan Surat Kendaraan Bakal Serba Digital

 

Direktur Regident Korps Lalu Lintas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, bakal melakukan terobosan dengan mendorong pelayanan di bidang registrasi kendaraan, dan BPKB berbasis digital.

Adapun upaya tersebut dilakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan BPKB melalui teknologi terbaru yang kekinian. Harapannya, masyarakat bisa mendapat kecepatan dalam hal kepengurusan.

“Seiring dengan perkembangan teknologi yang mengutamakan kecepatan, kemudahan, dan keakuratan dalam menyampaikan dan mengakses data serta informasi, maka pelayanan di bidang BPKB pun harus bisa adaptif dalam mengikuti perubahan,” kata Yusri yang merupakan mantan Kabib Humas Polda Metro Jaya.

BACA JUGA : Siap-siap, Tahun Depan Pelat Nomor Kendaraan Punya Warna Baru

Perubahan kepengurusan dan pelayanan BPKB dengan menggunakan basis digiral bakal dimulai dari tahap awal, yakni cek fisik hingga penyerahan dokumen kepada masyarakat.

Menurut Yusri, upaya pengembangan teknologi dan pelakyana BPKB perlu dilakukan dalam proses pelaksanaan, cek fisik pendaftaran, verifikasi data, pembayaran PNBP pajak, penyerahan dokumen kepada masyarakat, sampai dengan penetapan arsip kendaraan bermotor yang terintegrasi secara digital.

“Dengan demikian, sehingga pelayanan BPKB yang handal dan sesuai kebutuhan masyarakat di era digital,” katanya.

BACA JUGA : Mulai Besok Ganjil Genap di Jakarta Bertambah Jadi 13 Lokasi, Ini Titiknya

Upaya lain yang akan dikejar sebagai inovasi layanan dijelaskan oleh Kasubdit BPKB Korlantas Polri Kombes Indra. Menurutnya, Polri ke depan akan bereinovasi bahwa tidak tergantung buku lagi, BPKB berupa fisik tetap ada namun selain disimpan di dalam buku, di simpan di chip.

“Rekan-rekan sekalian kita ini sedang berkompetisi siapa yang lebih cepat bisa melayani dan siapa yang bisa lebih tahu tentang masyarakat itulah pemenangnya. Harapan kami data itu tadi sudah harus cepat di sharing atau di berikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing,” katanya.

Exit mobile version