10 Jenis Kerja Online yang Bisa Dilakukan di Rumah Nyaris Tanpa Modal

Di era digitalisasi ini, tak sedikit peluang membuka usaha lewat jejaring online dan menghasilkan cuan tanpa modal. Kesempatan kerja online kini terbuka lebar untuk siapa pun dan di mana pun dengan hanya memanfaatkan internet saja. Siapa yang tidak tertarik?

Keragaman teknologi memicu terbukanya pekerjaan online yang semakin beragam dengan penghasilan yang menggiurkan. Tak hanya penghasilan dan minim modal, kerja online menjadi cara baru untuk kamu bertahan di lingkungan kerja yang kompetitif.

Ada banyak bisnis online yang bisa dimulai tanpa dana investasi sama sekali karena begitu banyak layanan gratis yang memfasilitasi kemungkinan tersebut. Contohnya, kamu dapat membuat situs web atau blog gratis menggunakan WordPress.

Namun, kerja online tak berarti tanpa kemampuan atau skill dasar apa pun. Meski tanpa modal uang, kamu perlu menginvestasikan waktu untuk belajar teknologi kekinian dan kemauan untuk terus mencoba meskipun pasti akan terjadi trial and error.

Tak perlu khawatir, artikel ini akan membantu kamu menemukan pekerjaan online tanpa modal dan mudah untuk dipelajari. Penasaran? Simak 10 kerja online yang dapat dilakukan di rumah dan di mana pun ini.

Daftar 10 Kerja Online Tanpa Modal

1. Guru/Tutor Pribadi

Jika memiliki keterampilan berkomunikasi, kerja online menjadi tutor pribadi bisa menjadi peluang untuk menghasilkan pendapatan sambil membantu siswa mempersiapkan ujian dan mendapatkan nilai yang baik.

Sebagian besar orang tua murid di generasi sekarang akan memilih les privat, sehingga kebutuhan pengajar untuk anak secara privat akan semakin dibutuhkan.

Namun, agar memiliki nilai lebih dan dipilih oleh para orang tua murid, pastikan untuk memiliki gelar pendidikan dan kompetensi sebagai pengajar yang mumpuni.

Setelah mempersiapkan diri, buat iklan untuk kelas internet yang akan ditawarkan melalui grup ataupun platform media sosial, pemasaran dari mulut ke mulut, hoarding, dan cara lain untuk menarik perhatian kelompok siswa yang lebih luas.

2. Affiliate

Sebagai affiliate, kamu memasarkan suatu produk dari brand tertentu lewat saluran media sosial kamu seperti TikTok, Instagram, ataupun blog pribadi. Lewat link pembelian yang disisipkan dalam konten produk yang diposting, kamu akan mendapatkan komisi dari perusahaan pemilik brand.

Semakin banyak orang yang melakukan pembelian lewat link tersebut, maka semakin besar pendapatan komisi yang didapatkan. Jika lalu lintas akun medsos atau blog kamu tinggi, kesempatan menjaring banyak konsumen pun semakin tinggi.

Tantangan ketika menjadi affiliate adalah bagaimana kamu memikirkan untuk pembuatan konten tanpa modal tetapi memiliki nilai jual yang tinggi. Di sinilah kreativitas dan citra positif dari akun yang harus dikembangkan.

3. Blogger

Kerja online ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi menulis dan berbagi pandangan. Ada banyak ceruk keuntungan yang dapat diraih lewat optimasi blog. Blog adalah situs dengan sebagian besar konten tertulis, di mana penulis menulis tentang topik tertentu dari sudut pandangnya sendiri.

Blogging adalah hobi dan merupakan cara yang baik untuk berbagi pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki kepada dunia. Minat pembaca dan komentar positif hanyalah bonus, tetapi bisa mendatangkan banyak pendapatan. Semakin populer dan jumlah pelanggan meningkat, kamu dapat menambahkan produk atau layanan di blog untuk dijual.

Pendekatan yang lebih mudah adalah menjual ruang blog untuk iklan. Tidak perlu mencari pengiklan, karena blog akan populer dan mereka sudah mulai memburu. Untuk itu, blog perlu bergabung dengan Google Adsense atau jaringan periklanan kontekstual lainnya di awal.

Baca juga: Mengulik Google Adsense untuk Mendapatkan Penghasilan

4. Desainer Grafis

Punya keahlian teknologi dan gemar mendesain? Maka desainer grafis adalah kerja online yang cocok untuk ditekuni. Apalagi, desain grafis adalah aspek penting dari upaya periklanan dan pemasaran untuk perusahaan. Sebagai desainer grafis, kamu akan membuat dan menjual desain atau konsep yang menarik secara visual yang dipadukan pesan dan membangkitkan emosi dari konsumen.

Sebagian mungkin akan mencari desainer yang memiliki gelar pendidikan, tetapi jika kamu memiliki keterampilan dan sertifikasi kompetensi dasar sebagai desainer grafis, maka bukan mustahil pekerjaan ini dapat menghasilkan cuan.

Adapun, pemahaman mendalam tentang beberapa alat desain grafis penting untuk membantu membuat desain yang menakjubkan. Selain itu, kepemilikan sertifikat dalam HTML, CSS, atau Photoshop akan menjadi keuntungan tambahan.

5. Freelance Writer

Salah satu opsi paling populer dan mudah untuk menghasilkan uang nyaris tanpa modal dari kerja online yaitu freelance writer atau penulis lepas. Ada beberapa aturan dasar ketika menjadi penulis konten yakni mengenal audiens secara komprehensif dan mampu menulis kalimat yang singkat dan efektif dengan pesan yang tersampaikan.

Untuk unggul dalam hal ini, kamu perlu membangun identitas dan karakter tulisan untuk menunjukkan kepada pencari konten bahwa tulisan yang kamu ciptakan adalah yang terbaik dan bernilai tinggi.

Beberapa situs yang dapat meningkatkan untuk seorang pemula freelance writer misalnya termasuk WriterAccess, BloggingPro, dan banyak lainnya. Kamu juga perlu menciptakan kredibilitas di LinkedIn, Fiverr, UpWork, People Per Hour, dan lainnya untuk mendapatkan kesempatan memulai karier menulis.

6. App Developer

Kemampuan menciptakan dan mengembangkan aplikasi sangat dicari belakangan ini. Bagaimana tidak, saat ini aplikasi digital menjadi bagian hidup dari setiap orang. Di dunia usaha, aplikasi sangat diperlukan untuk mempermudah mereka mengoperasikan dan memperluas bisnis.

Itu sebabnya perusahaan menunjukkan kecenderungan mereka untuk membayar banyak uang kepada pengembang aplikasi yang bermutu. Menjadi salah satu pengembang aplikasi memungkinkan kamu untuk menghasilkan uang secara online tanpa modal.

Peran penting pengembang aplikasi adalah menerjemahkan persyaratan perangkat lunak ke dalam kode pemrograman untuk digunakan sesuai kebutuhan bisnis dan klien.

7. Video Editor

Memang, tidak semua orang dapat menjadi video editor, perlu ketajaman visual dan kreativitas untuk menggeluti bidang ini. Seorang editor video harus mampu dan menguasai keterampilan seperti pencahayaan, penyutradaraan, dan peningkatan efek video dengan menggunakan filter artistik yang memberi penonton gambaran tentang apa yang diperlukan untuk menyatukan film.

Jika tertarik dan memiliki hobi menyunting sejumlah gambar bergerak, maka kamu dapat memulai dengan bermodalkan kecanggihan laptop, graphics card, beberapa gigabytes memori, dan perangkat lunak atau alat pengeditan video yang layak.

8. Content Creator

Banyak pembuat digital dan konten menghasilkan banyak uang lewat media sosial seperti YouTube hingga TikTok dengan memposting konten video yang menarik. Orang-orang ini umumnya dikenal sebagai influencer.

Video yang dibuat oleh YouTuber atau TikToker dengan konten yang menyenangkan dapat mengangkat suasana hati penonton dan berfungsi sebagai sumber hiburan, pengetahuan, dan koneksi yang hebat.

Adapun, niche atau topik konten dan kualitas konten adalah parameter yang paling diprioritaskan untuk pembuatan video. Thumbnail dan headline adalah rangkaian lain yang harus diperhatikan.

Diperlukan upaya ekstensif untuk menyiapkan saluran, mengunggah konten berkualitas yang menarik lebih penonton. Dengan mendapatkan perhatian audiens akan membantu menghasilkan banyak uang. Proses ini memang akan memakan waktu.

Jadi, jangan berharap akan dapat langsung menuai keuntungan setelah membuat saluran YouTube atau TikTok. Kamu harus bersabar dan mengejar strategi pemasaran yang baik untuk memasarkan konten melalui platform yang tepat ke audiens yang tepat.

9. Virtual Assistant

Pekerjaan online ini sangat banyak diminati saat ini. Sebagai seorang virtual assistant, kamu memerlukan keterampilan perencanaan dan pengorganisasian yang baik. Sebab, semakin banyak bisnis dan pengusaha yang menyadari bahwa mereka membutuhkan asisten online.

Pada dasarnya, asisten virtual adalah wiraswasta profesional yang melakukan tugas administratif, teknis, pemasaran, penjualan, dan tugas lainnya untuk bisnis melalui alat online. Beberapa tugasnya mencakup memperkenalkan merek produk dan meningkatkan basis pelanggan.

Selain itu, memberikan dukungan atau bantuan kepada klien melalui telepon dan email, menjadwalkan rapat klien, panggilan telepon, manajemen media sosial, hingga pembuatan konten.

Pekerjaan ini sangat menawarkan jam kerja yang fleksibel. Beberapa bisnis tidak memerlukan banyak pengalaman dan bahkan akan mempekerjakan asisten pemula jika mereka sangat membutuhkan bantuan.

10. Layanan Riset Online

Pemahaman algoritma pada sebuah web atau aplikasi untuk mendapatkan informasi dengan mahir bisa menjadi sumber cuan lainnya. Banyak perusahaan mempekerjakan peneliti online ketika mereka perlu menemukan sumber terpercaya, memeriksa fakta, dan membuat keputusan.

Untuk melakukan riset online, dalam banyak kasus, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan koneksi Internet. Kerja online ini sangat fleksibel dengan tingkat gaji yang relatif tinggi, banyak pilihan platform untuk melakukan riset, dan banyak lagi.

Secara singkat, melakukan penelitian adalah salah satu cara termudah untuk mulai menghasilkan uang secara online. Potensi penghasilan tidak terbatas ketika melakukan riset online. Bergantung pada tugasnya, kamu mungkin akan dibayar per jam, per artikel, per proyek, dan lainnya.

Baca juga: 5 Tips Membagi Waktu antara Kerja Utama dan Sampingan Supaya Efektif

Jadi, mana kerja online yang paling cocok dengan kemampuan dan keterampilan kamu? Jangan berhenti mencoba dan terus buka peluang dengan belajar lebih banyak!

 

Exit mobile version